x

3 Tim Kuda Hitam yang Siap Menggemparkan Euro 2020

Selasa, 25 Mei 2021 11:46 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Logo Euro 2020.

INDOSPORT.COM – Euro 2020 akan segera berlangsung dan memanjakan para pecinta sepak bola di musim panas tahun 2021. Dari 24 tim yang ada, terdapat tiga kuda hitam yang siap mengguncang ajang ini.

Euro 2020 sendiri sedianya digelar tahun lalu. Namun, pandemi corona membuat ajang empat tahunan ini harus ditunda dan bakal digelar di tahun 2021 ini.

Sebanyak 24 tim akan bertarung dan dibagi dalam enam grup dengan sistem penyisihan dan dilanjutkan dengan sistem gugur sejak 11 Juni hingga 11 Juli 2021.

Baca Juga
Baca Juga

Euro 2020 kali ini akan terasa berbeda dari edisi sebelumnya, di mana di edisi kali ini ajang ini akan diselenggarakan di 11 kota.

Sembilan dari 11 kota ini sendiri merupakan partisipan di Euro 2020 seperti Inggris. Nantinya, laga puncak akan diselenggarakan di Stadion Wembley.

Seperti biasa, negara-negara unggulan seperti Portugal, Prancis, Italia, dan Inggris akan dijagokan menjuarai ajang ini.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, berkaca pada gelaran Euro tahun 1992, bisa saja di edisi kali ini muncul kuda hitam yang siap membuat pecinta sepak bola terkejut akan aksinya.

Di edisi sebelumnya ada Islandia yang membuat kejutan dengan lolos ke perempatfinal. Kejutan seperti itu pun diprediksi akan muncul di Euro 2020 ini.

Lantas, negara mana saja yang berpotensi menjadi kejutan dan kuda hitam di Euro 2020 ini? Berikut rangkumannya versi INDOSPORT.


1. Calon Kuda Hitam di Euro 2020

Logo Euro 2020

1. Ukraina

Tim Ukraina yang dilatih Andriy Shevchenko ini memang cukup mengejutkan sejak babak kualifikasi Euro 2020 grup A.

Berada dalam satu grup dengan Portugal di babak kualifikasi, Ukraina tampil sebagai juara grup dengan enam kemenangan dan dua hasil imbang dalam delapan laga.

Hebatnya, Ukraina hanya kebobolan empat gol saja dan memasukkan 17 gol. Permainan ofensif dan Compact Ukraina pun menjadikan mereka kuda hitam di Euro 2020.

Catatan terakhir Ukraina selama Euro sendiri hanya mentok sampai babak grup. Namun, berada di grup C bersama Austria, Belanda, dan Makedonia Utara, Ukraina diyakini akan melaju ke babak 16 besar.

2. Turki

Turki diprediksi akan menjadi kuda hitam menyusul apiknya penampilan anak asuh Senol Gunes di babak kualifikasi Euro 2020 grup H.

Di babak kualifikasi, Turki hampir mengimbangi Prancis selaku juara grup dengan mengoleksi tujuh kemenangan dan dua hasil imbang dalam 10 laga.

Menjadi kuda hitam pun bukan suatu hal baru bagi Turki. Di Euro 2008, mereka pernah menembus semifinal.

Namun di 2016, langkah Turki harus terhenti di babak grup. Sehingga, di edisi kali ini Turki akan mencoba meneruskan perjalanan apiknya di Euro 2020.

Di Euro 2020, Turki akan tergabung di grup A bersama Italia, Wales, dan Swiss. Gli Azzurri sendiri diyakini akan lolos sebagai juara grup. Satu slot ke 16 besar tentu akan coba diraih oleh Turki.

3. Finlandia

Finlandia menjadi tim yang tak punya sejarah panjang di Euro. Euro 2020 ini pun menjadi penampilan perdana mereka di ajang ini.

Meski tak memiliki sejarah panjang, perjalanan Finlandia ke Euro 2020 bisa terbilang apik. Pasalnya, mereka hanya kebobolan 10 gol dalam 10 laga di babak kualifikasi.

Pertahanan menjadi kunci Finlandia melangkah ke Euro. Berkaca pada pengalaman Yunani, bisa saja Finlandia meneruskan kejutan-kejutan di Euro.

Teemu Pukki diyakini akan menjadi andalan di Euro 2020 ini. Apalagi, di level tim ia baru saja membawa Norwich City kembali promosi ke Liga Inggris.

Tergabung di B bersama Belgia, Denmark, dan Swedia, Finlandia bisa saja membuat kejutan dan sejarah di Euro 2020 ini.

UkrainaEuro 2020TurkiFinlandiaBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini