x

Menelusuri Rekam Jejak Pelatih Arema FC Asal Eropa di Liga 1, Eduardo Almeida Sukses?

Selasa, 25 Mei 2021 14:02 WIB
Editor: Coro Mountana
Pelatih asal Portugal, Eduardo Almeida resmi diperkenalkan Arema FC menatap kompetisi Liga 1 2021

INDOSPORT.COM - Marilah kita mencoba untuk menelusuri rekam jejak pelatih Arema FC asal Eropa sejak era Liga 1 dimulai, apakah Eduardo Almeida bakal sukses?

Arema FC akhirnya telah memastikan bahwa eks pelatih Semen Padang, Eduardo Almeida sebagai pemimpin di Liga 1 2021. Kepastian itu didapat melalui akun Instagram resminya.

Arema FC secara resmi telah menyatakan deal bersama Eduardo sebagai juru taktik yang baru. Besar tentu harapan Arema FC untuk meraih sukses bersama Eduardo Almeida yang berasal dari Portugal.

Baca Juga
Baca Juga

“Selamat datang, head coach Arema FC 2021, Eduardo Felipe Arroja Almeida,” tulis caption pada postingan tersebut.

Berlabuhnya Eduardo Almeida sebagai pelatih Arema FC tentu setelah melalui sejumlah pertimbangan. Terutama lolos terhadap kualifikasi yang ditetapkan tim Arema FC sebelumnya.

Sebagai informasi, Eduardo Almeida adalah pelatih asal Portugal yang merupakan daratan Eropa. Sejak Liga 1 2017, Arema sudah beberapa kali menggunakan pelatih asal Eropa.

Baca Juga
Baca Juga

Setidaknya sudah dua kali Arema FC menggunakan pelatih asal Eropa dan Eduardo Almeida bakal menjadi yang ketiga. Berdasarkan pengalaman Arema FC dilatih pelatih asal Eropa, bagaimana dengan Eduardo Almeida nantinya?


1. Milan Petrovic

Milan Petrovic.

Jika merunut sejak Liga 1 2017, Arema FC sudah pernah dilatih 2 pelatih asal Eropa yaitu yang pertama adalah Milan Petrovic dan kedua itu Milomir Seslija. Milan Petrovic yang berasal dari Slovenia, sebenarnya datang ke Arema FC ketika Liga 1 2018 sudah berjalan.

Tepatnya di pekan kedelapan, Milan Petrovic ditunjuk menjadi pelatih Arema FC. Sementara itu, Joko Susilo dijadikan sebagai asisten pelatih untuk Milan Petrovic di Arema FC.

Hasilnya boleh dikatakan cukup impresif, soalnya saat Milan Petrovic datang, Arema FC ternyata berada di posisi ke-18 alias juru kunci. Milan Petrovic kemudian mencoba melakukan perubahan untuk membangkitkan Arema FC.

Hasilnya di akhir musim, Milan Petrovic finish ke posisi 6 klasemen akhir Liga 1 2018 dengan hanya terpaut 3 poin saja dari Bhayangkara FC yang ada di tempat ketiga. Capaian yang cukup impresif bila mengingat Milan Petrovic datang saat Arema FC ada di dasar klasemen.

Milomir Seslija

Sayangnya Milan Petrovic tak melanjutkan kerjanya di Arema FC karena digantikan oleh Milomir Seslija sebelum Liga 1 2019 dimulai. Sayangnya, bersama Milomir Seslija, Arema FC mengalami sedikit penurunan dengan hanya berada di posisi kesembilan.

Padahal semusim sebelumnya, Arema FC sangat dekat dengan posisi ketiga klasemen. Meski begitu, Milomir Seslija berhasil mengantarkan Arema FC jadi juara Piala Presiden 2019.

Jadi meski tak mampu mengangkat posisi Arema FC di Liga 1 2019, setidaknya Milomir Seslija mampu mempersembahkan trofi Piala Presiden.

Eduardo Almeida

Lalu bagaimana dengan Eduardo Almeida? Melihat Eduardo Almeida yang berasal dari Portugal, sebenarnya bakal ada sedikit perbedaan dengan Petrovic dan Seslija. Soalnya kultur sepak bola Portugal sedikit lebih mirip ke Brasil, sedangkan Petrovic dan Seslija lebih ke Eropa Timur dan daratan.

Meski tak ada jaminan bakal bermain seperti Brasil, tapi setidaknya ada kemungkinan kalau Eduardo Almeida bakal membawa warna baru terhadap permainan Arema FC. Setidaknya bakal ada sedikit perubahan dibanding Seslija dan Petrovic.

Tapi jika bicara rekam jejak, Arema FC boleh dikatakan memiliki rekor yang tidak buruk jika dilatih oleh pelatih asal Eropa. Hal ini bisa menjadi pertanda bagus kalau karier Eduardo Almeida seharusnya berjalan dengan indah bersama Arema FC.

PelatihIn Depth SportsMilomir SeslijaArema FCLiga 1Milan PetrovicFeatureEduardo AlmeidaBerita Liga 1

Berita Terkini