x

Profil Tim Euro 2020: Austria

Minggu, 30 Mei 2021 22:57 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Joko Sedayu
Timnas Austria di Euro 2020.

INDOSPORT.COM - Menjadi salah satu di antara 24 negara yang berpartisipasi, berikut profil singkat dari Timnas Austria yang akan berlaga di kompetisi Euro 2020 pada 11 Juni - 11 Juli 2021.

Usai kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018, Timnas Austria langsung berbenah dengan menunjuk pelatih anyar Franco Foda untuk menggantikan peran dari Marcel Koller.

Baca Juga
Baca Juga

Perjudian mereka tepat, karena akhirnya bersama Foda, Timnas Austria berhasil lolos ke Euro 2020. Meskipun harus diakui bahwa materi pemaiin yang dimiliki cukup bagus, karena rata-rata bermain di kompetisi sebesar Bundesliga Jerman.

Franco Foda memang ukan pelatih sembarangan, ia pernah membawa salah satu klub Austria, SK Sturm Graz menjuarai Bundesliga Austria 2010/2011 dan Austria Cup 2009/2010.

Tidak hanya sukses di liga domestik, pelatih 55 tahun itu juga berhasil membuktikan kemampuannya saat ditunjuk menggantikan peran Marcell Koller yang dipecat Federasi Sepak Bola Austria.

Target yang dibebankan kepadanya pun berhasil dicapainya dengan meloloskan Timnas Austria ke Euro 2020, dan tampil cukup baik. Das Team mampu memperlihatkan aksi sepak bola menyerang dengan baik.

Baca Juga
Baca Juga

Timnas Austria mencetak 19 gol dari 10 pertandingan babak kualfikasi Euro 2020 yang mereka lakoni, dengan formasi favorit yang sering digunakan Foda adalah 4-2-3-1. Dengan kentalnya nuansa Jerman dalam skuadnya, Das Team pun diyakini memiliki peluang besar lolos dari fase grup.

Meskipun Timnas Austria menempati grup C bersama Belanda, Ukraina dan Makedonia Utara, mereka tetap memiliki peluang yang besar untuk lolos dari fase grup C. Terlebih jika mampu tampil solid, bukan tak mungkin mereka membuat kejutan.


1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Starting XI Timnas Austria di Euro 2020.

Pelatih Franco Foda sudah resmi mengumumkan skuad yang akan dibawanya ke Euro 2020. Adapun nama-nama seperti Julian Baumgartlinger, Marko Arnautovic da Christoph Baumgartner yang sempat diragukan bisa tampil karena masiih cedera akhirnya diputuskan tetap dibawa.

Dilansir dari situs Reuters, Baumgartlinger mengalami cedera ligamen dan baru saja kembali ke panggung internasional saat menjadi pemain penggati ketika Bayer Leverkusen berhadapan dengan Borussia Dortmund akhir pekan lalu.

Kemudian Baumgartner yang juga mengalami cedera pergelangan kaki dan terpaksa absen dalam dua pertandingan terakhir Hoffenheim pada musim 2020/21 Bundesliga Jerman.

Terakhir, Marko Arnautovic yang mengalami cedera paha tetap diikutsertakan oleh Foda di skuad Timnas Austria yang akan berlaga di Euro 2020. Adapun empat pemain yang dicoret yaitu Adrian Grbic, Heinz Lindner, Phillipp Mwene, dan Husein Balic.

Franco Foda diprediksi akan menggunakan formasi 4-2-3-1 dengan David Alaba yang akan menjadi tumpuan di lini pertahanan, dan menggunakan Sasa Kalajdzic untuk menggantikan peran sementara dari Arnautrovic yang mungkin harus menunggu konfirmasi lebih dulu soal cederanya untuk bisa dimainkan di Euro 2020.

Perkiraan Formasi dan Starting XI

Perkiraan Formasi Timnas Austria di Euro 2020

Timnas Austria (4-2-3-1): Alexander Schlager; Stefan Lainer, Gernot Trauner, Aleksandar Dragovic, Andreas Ulmer; Xaver Schlager, Stefan Ilsanker, Christoph Baumgartner, Marcel Sabitzer, David Alaba; Sasa Kalajdzic.

Skuad Timnas Austria di Euro 2020:

Kiper: Daniel Bachmann (Watford), Pavao Pervan (Wolfsburg), Alexander Schlager (LASK Linz)

Bek: David Alaba (Bayern Munich), Aleksandar Dragovic (Bayer Leverkusen), Marco Friedl (Werder Bremen), Martin Hinteregger (Eintracht Frankfurt), Stefan Lainer (Borussia M'gladbach), Philipp Lienhart (Freiburg), Stefan Posch (Hoffenheim) , Christopher Trimmel (Union Berlin), Andreas Ulmer (Salzburg)

Gelandang: Julian Baumgartlinger (Bayer Leverkusen), Christoph Baumgartner (Hoffenheim), Florian Grillitsch (Hoffenheim), Stefan Ilsanker (Eintracht Frankfurt), Konrad Laimer (RB Leipzig), Valentino Lazaro (Borussia M'gladbach), Marcel Sabitzer (RB Leipzig) , Louis Schaub (Luzern), Xaver Schlager (Wolfsburg), Alessandro Schopf (Schalke 04)

Penyerang: Marko Arnautovic (Shanghai Port), Michael Gregoritsch (Augsburg), Sasa Kalajdzic (Stuttgart), Karim Onisiwo (Mainz 05).


2. Player to Watch

Timnas Austria di Euro 2020.

Marcel Sabitzer

Tidak bisa dipungkiri jika Austria memiliki banyak pemain pembeda, seperti David Alaba, Marko Arnautovic, hingga Julian Baumgartlinger. Namun nama Marcel Sabitzer yang akan sangat layak dinantikan aksinya.

Pada musim 2019/2020, Marcel Sabitzer sukses menjadi pemain kunci RB Leipzig karena bisa bermain di banyak posisi. Musim 2019/20, pemain 27 tahun itu mencetak 16 gol untuk timnya di semua kompetisi.

Pada musim 2021/22, Marcel Sabitzer juga masih membuktikan diri kalau perannya sangat penting untuk RB Leipzig dengan menjadi pencetak gol terbanyak untuk tim di Bundesliga Jerman yaitu 8 gol.

Kemampuan Sabitzer bermain di banyak posisi, seperti sayap kanan, gelandang kanan, gelandang tengah dan gelandang serang akan membuatnya menjadi pelayanan yang bagus untuk striker-striker Timnas Austria di Euro 2020.


3. Prediksi Timnas Austria di Euro 2020

Timnas Austria di Euro 2020.

Menempati Grup C bersama Belanda, Makedonia Utara dan Ukraina di Euro 2020, Timnas Austria memang harus melewati jalan terjal untuk bisa lolos ke putaran selanjutnya.

Setidaknya, David Alaba harus menjinakkan Belanda dan Ukraina, atau salah satu di antara kedua negara tersebut jika mengincar posisi runner-up grup C di Euro 2020.

Bundesliga JermanAustriaEuro 2020Bola InternasionalBerita OlahragaBerita SportProfil Tim Euro 2020Euforia Eropa

Berita Terkini