x

Format Kompetisi Baru: Liga 1 Berjalan 6 Series, Liga 2 Dibagi 4 Grup

Senin, 31 Mei 2021 17:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Prosesi pemukan gol penanda dibukanya acara Kongres PSSI yang dilakukan Menpora Zainudin Amali didampingi Ketum PSSI Mochamad Iriawan di Hotel Raffles, Jakarta, Sabtu (25/5/21).

INDOSPORT.COM - PSSI berencana menggelar Liga 2 2021 dengan sistem yang tidak jauh berbeda dengan Liga 1m yakni sentralisasi (kota tuan rumah). Sebanyak 24 klub kasta kedua akan dibagi dalam empat grup dan menjalani total 148 pertandingan. 

Wakil ketua umum PSSI, Iwan Budianto, menjelaskan, format Liga 2 tahun ini sedikit berubah dari musim lalu (hanya memakai dua grup). Kali ini, 24 tim akan menjalani drawing pembagian grup dan berkompetisi selama enam bulan.

"Liga 2 kurang lebih sama dengan Liga 1. Jika tahun lalu dibagi dua grup, kini menjadi empat grup dengan masing-masing grup ada enam tim. Sistemnya sama kurang lebih kayak Liga 1 (sistem series)," tutur Iwan Budianto.

Baca Juga
Baca Juga

"Untuk detailnya, mungkin PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator yang akan menjelaskan," imbuhnya.

Di luar penentuan empat grup, Liga 2 tetap menggunakan sistem home-away untuk fase grup dan babak 8 besar, sedangkan semifinal hingga final cuma sekali pertandingan atau single match.


1. 4 Kota

Suasana acara Kongres PSSI 2021 di Hotel Raffles, Jakarta, Sabtu (29/5/21).

Untuk empat kota tuan rumah, PSSI mengatakan sudah ada yang mencalonkan diri yakni Palembang, Tangerang Selatan, dan Riau. Liga 2 2021 akan kick-off sekitar 24 Juli atau dua minggu setelah bergulirnya Liga 1. 

Baca Juga
Baca Juga

Format ini dinilai paling baik untuk diterapkan di masa pandemi dengan pertandingan terpusat di empat daerah. Terlebih, infrastruktur stadion Liga 2 yang belum merata juga menjadi kendala bagi PT LIB selaku operator liga.

PSSIIwan BudiantoLiga IndonesiaLiga 1Liga 2PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Bola IndonesiaBerita Liga 2

Berita Terkini