x

Profil Tim Euro 2020: Slovakia

Kamis, 3 Juni 2021 22:29 WIB
Editor: Juni Adi
Timnas Slovakia di Euro 2020.

INDOSPORT.COM - Turnamen sepak bola terbesar antara negara Eropa, EURO 2020 akan segera dimulai pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021 mendatang.

Sejatinya, turnamen ini diselenggarakan pada tahun lalu tapi karena pada saat itu wabah virus corona atau Covid-19 sedang meningkat, membuat UEFA memundurkan jadwalnya satu tahun ke belakang atau di tahun 2021 ini.

Berbeda dari edisi sebelumnya dimana UEFA menetapkan suatu negara untuk menjadi tuan rumah, kali ini ada beberapa negara yang menjadi tuan rumahnya dari masing-masing grup.

Baca Juga
Baca Juga

Kendati demikian, tidak membuat animo publik menurun. Apalagi saat ini dunia sedang dilanda pandemi jadi sangat jarang olahraga sepak bola menyelenggarakan suatu kompetisi turnamen, apalagi yang melibatkan tim nasional.

EURO 2020 ini akan kembali terasa spesial bagi salah satu negara peserta yakni Slovakia sebab, ajang ini akan menjadi yang kedua kalinya mereka berpartisipasi di putaran final.

Sebelumnya, Slovakia sangat sulit untuk lolos. Namun kerja keras mereka berbuah hasil ketika pada tahun 2016 mereka lolos ke EURO 2016 di Prancis.

Pencapaian itu menjadi yang pertama kalinya mereka bisa tampil di turnamen EURO dalam sepanjang sejarah sepak bola mereka. 

Untuk bisa tampil di EURO 2020, perjalanan Slovakia tidaklah mudah. Mereka bahkan nyaris tidak lolos karena harus mengikuti babak play-off.

Di babak play-off, SlovaKia ditantang oleh Irlandia Utara. Marek Hamsik dan kolega mampu meraih kemenangan tipis 2-1, sehingga mereka berhak atas satu tiket ke putaran final EURO 2020.

Baca Juga
Baca Juga

Slovakia nantinya akan berjumpa dengan Polandia terlebih dahulu, lalu Swedia dan terakhir Spanyol di Grup E Euro 2020 tersebut. 

Adapun lokasi tiga pertandingan pada babak penyisihan grup tersebut berbeda-beda. Pada laga Slovakia melawan Polandia dan Swedia, mereka akan bermain di Stadion Krestovsky atau yang dikenal juga dengan Saint-Petersburg Stadium di Rusia.

Sementara saat menghadapi Spanyol, Slovakia akan terbang ke Negeri Matador, karena laga bakal digelar di Stadion La Cartuja, Sevilla.


1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Starting XI Timnas Slovakia di Euro 2020.

Dalam beberapa pertandingan di tahun 2021 ini, pelatih Slovakia, Stefan Tarkovic kerap menerapkan formasi yang sama yaitu 4-3-2-1.

Hasilnya cukup bagus. Dari enam laga yang sudah dilakoni Slovakia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 UEFA Nations League, mereka satu kali merasakan kekalahan (Menang 4, Imbang 2, Kalah 1).

Hal tersebut membuat Tarkovic tidak banyak melakukan perubahan komposisi tim, termasuk memanggil pemain baru jelang daftar pemain diserahkan ke UEFA.

Baca Juga
Baca Juga

Ujung tombak Slovakia masih akan dipercayakan oleh penyerang kawakan, Michal Duris. Dirinya akan ditopang oleh dua winger lincah Robert Mak dan Martin Koscelnik.

Di lini tengah, Marek Hamsik, dan Jan Gregus diharapkan bisa berkoordinasi dengan baik guna memberikan umpan-umpan manis. Sedangkan di sektor belakang, Slovakia juga bisa jadi tim yang sulit dibobol karena digawangi oleh bek senior milik Inter Milan, Milan Skriniear.

Starting XI:

Slovakia (4-3-2-1): Marek Rodak, Peter Pekarik, Lubomir Satka, Milan Skriniar, Tomas Hubocan, Stanislav Lobotka, Juraj Kucka, Robert Mak, Albert Rusnak, Marek Hamsik, Michal Duris.


2. Player to Watch: Milan Skriniar

Milan Skriniar, bek Inter Milan yang diincar Manchester City

Milan Skriniar masih jadi pemain yang akan diandalkan oleh Slovakia di EURO 2020 ini. Performanya yang konsisten dan kemampuannya dalam membaca pergerakan lawan, akan sangat membantu di lini belakang timnya agar tidak mudah dibobol lawan.

Kemampuan bek berusia 26 tahun itu sudah dibuktikan saat memperkuat timnya, Inter Milan. Bersama Nerazzurri, Skriniar menjadi andalan di lini belakang.

Total ia dipercaya tampil sebanyak 39 pertandingan di semua kompetisi oleh Antonio Conte. Tidak sia-sia, ternyata Skriniar mampu memberikan gelar Scudetto untuk Inter Milan musim ini.


3. Prediksi di Euro 2020

Skuad Slovakia untuk Euro 2020.

Meski tak bisa berbuat banyak saat pertama kali mentas di putaran final EURO tahun 2016 lalu, bagaimanapun juga Slovakia tetap patut diwaspadai karena bisa menjadi kuda hitam turnamen EURO 2020 ini.

Di edisi sebelumnya, mereka gagal lolos dari babak penyisihan grup karena hanya mampu meraih satu kemenangan, satu imbang dan satu kali kalah. 

Hasil tersebut membuat Slovakia hanya bisa finis di urutan ketiga, dan harus tersingkir. Namun kondisi tim Slovakia kini sudah berbeda.

Banyak pemain bertalenta yang mengisi skuat mereka saat ini, sehingga kehadirannya wajib diwaspadai karena sering membuat kejutan. Terbaru, Slovakia sukses mengalahkan salah satu tim besar Eropa, Rusia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan skor 2-1.

Satu grup dengan Polandia, Spanyol dan Swedia di grup E, langkah Slovakia bisa diprediksi akan sangat sulit untuk bisa melangkah jauh. Finis di urutan ketiga di babak penyisihan grup, tampaknya hasil yang realistis bagi kiprah Slovakia di EURO 2020 ini.

UEFAEuro 2020SlovakiaBola InternasionalMilan SkriniarProfil Tim Euro 2020Euforia Eropa

Berita Terkini