x

5 Fakta Mengejutkan Timnas Indonesia Usai Ditahan Imbang Thailand

Jumat, 4 Juni 2021 10:12 WIB
Editor: Coro Mountana

INDOSPORT.COM – Berikut adalah 5 fakta mengejutkan Timnas Indonesia usai ditahan imbang oleh Thailand dengan skor 2-2 dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Bertanding di Al-Maktoum Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab, Timnas Indonesia di luar dugaan berhasil menahan imbang Thailand dengan skor 2-2. Padahal Timnas Indonesia sudah sempat tertinggal 2 kali.

Tapi Timnas Indonesia berhasil selalu menyamakan kedudukan. Timnas Indonesia sebenarnya langsung tertinggal di menit ke-5 setelah Narubadin Weerawatnodom, tapi I Kadek Agung Widnyana berhasil menyamakan skor.

Baca Juga
Baca Juga

Memasuki babak kedua, Adisak Krisorn membawa Thailand kembali unggul sebelum akhirnya Evan Dimas mencetak gol penyama skor lagi. Hingga pada akhirnya Timnas Indonesia mampu menahan imbang Thailand dengan skor 2-2.

Meski gagal menang, tapi pelatih Shin Tae-yong terlihat sudah membawa perubahan yang lebih baik untuk Timnas Indonesia dengan setidaknya tak kalah dari Thailand. Tak hanya itu, ada sejumlah fakta mengejutkan Timnas Indonesia usai ditahan Thailand.

Poin Pertama di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Fakta pertama, Timnas Indonesia berhasil meraih poin pertama di kualifikasi Piala Dunia 2022. Sebelumnya dalam 5 pertandingan, Timnas Indonesia tercatat selalu alami kekalahan.

Baca Juga
Baca Juga

Mulai dari lawan Malaysia sebanyak 2 kali, Thailand, Vietnam dan Uni Emirat Arab. Hasil imbang melawan Thailand dapat dikatakan sebagai kemajuan untuk Timnas Indonesia karena sebelumnya kita kalah 0-3 di pertemuan sebelumnya.


1. Timnas Indonesia Dipastikan Jadi Juru Kunci

Selebrasi Evan Dimas usai mencetak gol ke gawang Thailand.

Namun kabar buruknya meski sudah dapat poin pertama usai imbangi Thailand. Ternyata itu tak cukup menyelamatkan Timnas Indonesia dari status sebagai juru kunci grup G kualifikasi Piala Dunia 2022.

Jadi, Timnas Indonesia sudah dipastikan jadi juru kunci grup G kualifikasi Piala Dunia 2022. Perolehan 1 poin Timnas Indonesia tak lagi bisa mengejar Malaysia (9 poin) yang berada di atasnya meski masih ada 2 pertandingan lagi.

Timnas Indonesia Main Sejak Play-off Piala Asia

Dengan kepastian Timnas Indonesia jadi juru kunci, maka itu artinya kita juga harus main dari play-off Piala Asia 2023. Jadi, ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 ini juga berpengaruh terhadap Piala Asia 2023 nanti.

Dikarenakan Timnas Indonesia hanya jadi juru kunci di grup G, maka status kita di Piala Asia harus bertarung sejak kualifikasi. Tentu ini menjadi kerugian karena perjalanan Timnas Indonesia lolos Piala Asia 2023 jadi lebih panjang.

Untuk Pertama Kali Cetak 2 Gol Sejak Laga Perdana

Hasil imbang dengan Thailand juga jadi pertanda kalau ini pertama kalinya Timnas Indonesia bisa cetak lebih dari satu gol pada ajang resmi bukan uji coba. Terakhir kali Timnas Indonesia mampu cetak lebih dari 1 gol terjadi pada laga perdana kualifikasi Piala Dunia.

Saat itu, Timnas Indonesia kalah dari Malaysia dengan skor 2-3 pada 5 September 2019. Setelah itu, Timnas Indonesia paling maksimal hanya bisa cetak 1 gol saja, sebelum akhirnya malam tadi kita bisa cetak 2 gol juga akhirnya.

Timnas Indonesia Sukses Mempersulit Langkah Thailand

Sisi lainnya, keberhasilan Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia bermain imbang secara tak langsung jadi mempersulit langkah Thailand. Soalnya, Thailand jadinya gagal menembus 2 besar dalam grup G kualifikasi Piala Dunia 2022.

Thailand saat ini baru mengumpulkan 9 poin dan masih tertinggal 2 angka dari Vietnam yang berada di puncak klasemen. Secara tidak langsung, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong masih bisa jadi duri bagi tim lain yang ingin lolos dari kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

ThailandTimnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola InternasionalTRIVIAFeatureKualifikasi Piala Dunia 2022Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini