x

Pelatih Persib Berharap Regulasi Pemain Liga 1 2021 Tidak Berubah Mendadak

Jumat, 4 Juni 2021 07:15 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengaku masih menunggu kepastian mengenai teknis pelaksanaan kompetisi Liga 1 2021, mulai dari regulasi pemain hingga jadwal dan format yang akan diterapkan.

Khusus mengenai regulasi pemain, pelatih asal Belanda ini berharap, PT Liga Indonesia Baru Baru (LIB) dan PSSI tidak melakukan perubahan aturan secara mendadak. Karena, hal tersebut pasti akan membuat persiapan klub sedikit terganggu.

"Itu juga jadi hal yang setiap tahun regulasinya mengalami perubahan, dan pemberitahuannya sesaat sebelum liga dimulai. Harapan saya dengan kepemimpinan baru di otoritas sepak bola Indonesia, perubahan dilakukan tidak mendadak," kata Robert Alberts.

Baca Juga
Baca Juga

Menurut Robert Alberts, jika akan melakukan perubahan aturan dan regulasi pemain, idealnya diumumkan sejak jauh-jauh hari. Sehingga, klub bisa mempersiapkan diri dan tidak terburu-buru dalam menentukan komposisi pemain.

"Jika ingin menerapkan aturan baru seperti pengurangan pemain asing, soal kategori pemain muda di dalam tim, apakah Liga 2 bisa memakai pemain asing, ini semua harus dipersiapkan dan jangan diumumkan hanya sesaat sebelum musim dimulai," ungkapnya.

"Itu pengalaman saya di sepak bola Indonesia sejauh ini. Itu harus direncanakan, jadi kamu bisa katakan 'oke, musim depan kami mulai menerapkan ini' jadi tim, klub, pemain dan staf bisa mempersiapkan itu," jelasnya menambahkan.

Baca Juga
Baca Juga

Sebelumnya, muncul wacana penggunaan pemain asing di kompetisi Liga 2 2021. Menurut Robert Alberts, pihaknya tidak mempermasalahkan aturan tersebut maupun perubahan regulasi pemain di Liga 1. 


1. Disosialisasikan Jauh Hari

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, saat ditemui di salah satu hotel di Bandung, Senin (26/04/21).

Hanya saja, informasi mengenai perubahan atau aturan baru terkait pemain bagi klub Liga 1 dan Liga 2, bisa disampaikan jauh-jauh hari oleh PT LIB maupun PSSI sebelum regulasi tersebut diberlakukan.

"Sejauh ini muncul saran ada dua pemain asing untuk Liga 2 dan melihat sepak bola Indonesia, pemain asing bisa menginspirasi pemain lokal. Jika klub Liga 2 bisa mendatangkan pemain asing yang tepat, mereka bisa berkontribusi dengan bagus untuk sepakbola kami dan membantu pemain muda menjadi lebih baik," ujarnya.

"Jadi ini merupakan pemikiran logis jika Liga 2 menggunakan dua pemain asing dan empat pemain asing di Liga 1. Jika ada rencana untuk mengurangi itu, maka 'oke musim depan baru dilakukan' sehingga semua bisa melakukan persiapan. Itu pemikiran profesional," jelasnya.

Sementara itu, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2021, Persib masih berpegang pada regulasi pemain terutama asing yang diterapkan di musim sebelumnya, yakni 3+1. Sejauh ini, skuat Maung Bandung sudah memiliki tiga pemain asing, Wander Luiz (Brasil), Nick Kuipers (Belanda) dan Geoffrey Castillion (Belanda), serta masih mengincar gelandang asing Asia.
 

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini