x

3 Pemain yang Tersingkir Jika Manchester United Datangkan Ilaix Moriba dari Barcelona

Sabtu, 5 Juni 2021 19:17 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Barcelona siap menjual wonderkidnya, Ilaix Moriba, dengan Manchester United jadi peminat. Berikut 3 pemain MU yang akan tersingkir jika transfer itu terwujud.

INDOSPORT.COM – Barcelona siap menjual wonderkidnya, Ilaix Moriba, dengan Manchester United jadi peminat. Berikut 3 pemain MU yang akan tersingkir jika transfer itu terwujud.

Bergabung dengan Barcelona sejak usia 7 tahun, Ilaix Moriba akhirnya diberi debut di tim utama pada Januari lalu oleh pelatih Ronald Koeman, hanya 2 hari setelah berulang tahun ke-18.

Sejak itu ia sudah tampil 14 kali di LaLiga dengan sumbangan 1 gol dan 3 assist, serta dinilai menjadi salah satu bakat muda terbaik Blaugrana saat ini. Berposisi sebagai gelandang tengah, ia kerap disebut sebagai Paul Pogba Baru berkat kemiripan gaya permainan.

Baca Juga
Baca Juga

Keberadaan Moriba bahkan membuat Barcelona mulai memikirkan ulang rencana merekrut Georginio Wijnaldum, demi memberi sang wonderkid kesempatan bermain lebih banyak.

Namun, kini kabar mengejutkan datang dari Barcelona setelah tim asal Catalan itu siap menjualnya di bursa tranfer musim panas ini.

Pihak klub keberatan dengan permintaan gaji yang diajukan oleh sang pemain dalam negosiasi kontrak baru, sehingga lebih memilih menjualnya alih-alih kehilangan dirinya secara gratis mengingat kontrak Ilaix Moriba akan habis Juni 2022 nanti.

Situasi ini pun siap dimanfaatkan oleh Manchester United yang memang membutuhkan gelandang tengah baru. Dilansir Daily Mail, MU bahkan telah mendahului sejumlah peminat lain seperti Manchester City, dengan telah mengajukan penawaran kepada Barcelona.

Baca Juga
Baca Juga

Meski memiliki klausul tebus 86 juta pounds, Barcelona disebut siap melepasnya dengan harga lebih murah daripada kehilangan dirinya secara gratis tahun depan.

Di sisi lain, dengan bakat besar dan usianya yang baru 18 tahun, Moriba pun diharapkan bisa menjadi andalan lini tengah Manchester United di masa depan. Meski demikian, kehadiran sang wonderkid bisa menjadi ancaman bagi 3 bintang Setan Merah.

Lantas, siapa saja pemain yang terancam dengan kedatangan Ilaix Moriba di Old Trafford? Berikut ini ulasannya:


1. Trio Gelandang Bisa Jadi Korban

Gelandang bertahan Manchester United, Nemanja Matic

Nemanja Matic

Memasuki musim keempat di Manchester United, Nemanja Matic mulai kesulitan mendapatkan tempat utama. Musim ini, ia hanya tampil 36 kali di semua kompetisi. Dalam 10 laga terakhir MU di Liga Inggris, Matic bahkan hanya tampil 5 kali, dengan 3 di antaranya sebagai pemain pengganti

Kehadiran Ilaix Moriba yang memiliki posisi sama dengannya akan membuat Nemanja Matic makin tersingkir dalam memperebutkan posisi sebagai salah satu dari double pivot. Bukan tidak mungkin Matic akan didepak mengingat kontraknya tinggal tersisa 2 tahun lagi dan usianya sudah mencapai 32 tahun.

Belum lama ini, Matic santer disebut dibidik Jose Mourinho yang kini membesut AS Roma. Keduanya pernah bekerja sama di Chelsea dan Manchester United.

Donny van de Beek

Donny van de Beek 

Berposisi sebagai gelandang serang, Donny van de Beek di musim debutnya bersama MU kerap ditempatkan sebagai gelandang tengah akibat kesulitan menggusur Bruno Fernandes.

Namun, ia kerap tampil buruk karena tak familier bermain di posisi itu. Akibatnya, Donny van de Beek baru tampil 36 kali musim ini dengan 15 kali menjadi starter. Sumbangsihnya pun cukup minim dengan hanya 1 gol dan 2 assist.

Di sisi lain, kehadiran Ilaix Moriba pun akan membuat sang bintang Belanda makin minim mendapatkan kesempatan bermain musim depan.

Bruno Fernandes akan tetap jadi pilihan utama di gelandang serang, dan Moriba menambah padat persaingan gelandang tengah sehingga van de Beek hanya akan menjadi pilihan kesekian di sektor tersebut.

Fred

Musim ini Fred berhasil menjadi pilihan utama Ole Gunnar Solskjaer mengisi sektor double pivot seiring kerap cederanya Paul Pogba. Ketika Pogba pulih pun, bintang Prancis itu digeser ke sayap kiri sehingga peran sebagai pendamping Scott McTominay di double pivot tetap menjadi milik Fred.

Secara total, bintang Brasil itu sukses mencatatkan 48 penampilan di semua kompetisi dan bahkan sempat tampil sebagai starter di 14 laga beruntun di Liga Inggris.

Meski demikian, kehadiran Ilaix Moriba yang sama-sama berposisi sebagai gelandang tengah akan membuat lini tengah MU makin padat. Apalagi, Moriba punya kemampuan passing yang bagus sehingga lebih cocok dengan pola permainan MU.

Situasi bahkan akan memburuk bagi Fred jika Paul Pogba dikembalikan ke posisi gelandang tengah alih-alih sayap kiri, sehingga Fred bisa jadi pilihan keempat di belakang McTominay, Pogba, dan Moriba.

Bursa TransferManchester UnitedFredBarcelonaNemanja MaticLiga InggrisDonny van de BeekIlaix MoribaBerita Liga InggrisBerita Bursa Transfer

Berita Terkini