x

AFF 2004: Perkasanya Timnas Indonesia Tumbangkan Vietnam Tiga Gol Tanpa Balas

Senin, 7 Juni 2021 17:52 WIB
Editor: Subhan Wirawan
AFF 2004: Perkasanya Timnas Indonesia Tumbangkan Vietnam Tiga Gol Tanpa Balas

INDOSPORT.COM – Kenang kembali momen tangguhnya Timnas Indonesia saat tumbangkan Vietnam hingga tiga gol tanpa balas di ajang Piala AFF tahun 2004 silam. Akankah kembali terulang malam nanti?

Pada Senin (07/06/21) malam WIB nanti, Timnas Indonesia sendiri akan bertemu Vietnam dalam laga lanjutan babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia.

Bertanding di Stadion Al Maktoum Stadium, Dubai, pertandingan malam ini bisa jadi kesempatan buat skuat Garuda untuk balas dendam setelah kalah di pertemuan pertama.

Baca Juga
Baca Juga

Timnas Indonesia kali ini datang dengan tim yang berbeda, dibanding saat kalah 1-3 di pertemuan pertama dengan Vietnam. Pasalnya, pelatih skuad Garuda, Shin Tae-yong banyak membawa pemain muda yang punya semangat tinggi, terbukti menahan imbang Thailand dengan skor 2-2 di pertandingan tiga hari lalu.

Shin Tae-yong mengatakan, telah melakukan evaluasi dari laga lawan Thailand dan akan melakukan perubahan saat bertemu Vietnam. Ada kemungkinan pelatih asal Korea Selatan itu mengganti susunan starting XI bahkan formasi bermain.

Sementara itu, Vietnam tentu tak akan tinggal diam. Mereka juga membutuhkan kemenangan untuk bisa lolos ke babak selanjutnya dan membuka asa ke Piala Dunia 2022.

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo bahkan memantau langsung pertandingan Indonesia ketika melawan Thailand. Dia butuh informasi akurat, sebab tim Indonesia menggunakan pemain muda yang lebih enerjik.

Jika melihat dari rekor pertemuan antara Timnas Indonesia vs Vietnam, skuad Garuda memang terbilang masih kalah saing terutama sejak tahun 2012 silam.

Total pada tahun 2012 hingga sekarang, Timnas Indonesia baru sekali raih kemenangan dari delapan pertandingan, sementara Vietnam sukses dua kali permalukan skuad Merah-Putih.

Meski begitu, Timnas Indonesia tetap punya peluang untuk kembali tumbangkan Vietnam sekaligus lanjutkan tren positif di bawah arahan pelatih Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Apalagi selama 24 pertemuan antara Timnas Indonesia vs Vietnam, tim Tanah Air berhasil unggul jumlah kemenangan sebanyak 9 kali dan cuma enam kali kalah.

Baca Juga
Baca Juga

Salah satu kemenangan terbaik Timnas Indonesia atas Vietnam terjadi pada tahun 2004 silam, tepatnya di ajang Piala AFF 2004. Dalam pertandingan lanjutan babak penyisihan Grup A tersebut, Timnas Indonesia sukses menang telak atas Vietnam yang berstatus tuan rumah.


1. Rapor Timnas Indonesia di AFF 2004

Aksi penyerang Timnas Indonesia, Boaz Solossa.

Bertanding di My Dình National Stadium, Hanoi, kondisi Timnas Indonesia jelang partai ini terbilang sedang on fire lantaran berhasil menang setengah lusin gol kontra Kamboja di laga awal, serta menahan imbang tim kuat Singapura tanpa gol.

Timnas Vietnam juga tak kalah garang, pada pertandingan pertama penyisihan grup anak asuh Edson Tavares tersebut berhasil menahan imbang Singapura dengan skor 1-1.

Sementara di pertandingan kedua, The Golden Star kembali berhasil menang bahkan dengan skor telak hingga 9-1 atas Kamboja. Sang penyerang, Lê Công Vinh jadi bintang lewat hattrick yang ia buat.

Namun ketangguhan Vietnam terlihat pudar saat bertemu Timnas Indonesia pada pertandingan ketiga. Skuad Garuda yang dilatih Peter White saat itu, bermaterikan banyak pemain depan tangguh sekelas Ilham Jaya Kesuma hingga Kurniawan Dwi Yulianto.

Di lini kedua juga Timnas Indonesia banyak winger-winger gesit, seperti Boaz Solossa dan Elie Aiboy plus kehadiran Ponaryo Astaman, Firman Utina sampai Mahyadi Panggabean yang sigap mengawal lini tengah.

Dengan materi pemain tersebut, Timnas Indonesia mampu mendominasi pertandingan sejak awal laga. Puncaknya, Muhammad Mauly Lessy berhasil cetak gol pembuka saat laga baru berjalan 18 menit.

Mengandalkan situasi tendangan pojok, gelandang dari klub Persikota Tangerang tersebut sukses menyundul bola dan gagal diantisipasi kiper Vietnam.

Unggul cepat di babak pertama, Timnas Indonesia kian bersemangat untuk menggempur pertahanan Vietnam. Hasilnya, Boaz Solossa sukses perbesar keunggulan skuad Merah-Putih lewat tendangan jarak jauh pada menit 21’.

Vietnam bukannya tak punya peluang cetak gol, namun tangguhnya Hendro Kartiko dalam menjaga gawang membuat para penyerang tuan rumah frustasi.

Suporter Indonesia memberikan semangat kepada pemain Timnas Indonesia.

Bahkan jelang babak pertama berakhir, ilham Jaya Kesuma makin menjauhkan kemenangan Timnas Indonesia lewat gol dari sepakan jarak jauh di luar kotak penalti (45’).

Skor 3-0 menutup babak pertama, dan jadi hasil akhir pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2004 silam. Kemenangan ini sekaligus membuat Boaz Solossa cs lolos ke fase knock out dengan status juara grup.

Di fase gugur, Timnas Indonesia sukses melangkah ke final usai mengalahkan Malaysia dalam dua leg pertemuan (1-2 dan 4-1). Namun sayang, di partai puncak Timnas Indonesia gagal klimaks lantaran kalah dari Singapura dengan agregat 2-5 (1-3 dan 1-2).

Berbekal rapor pertemuan di tahun 2004 silam, mampukah Timnas Indonesia kembali raih hasil maksimal saat bertemu Vietnam pada partai kualifikasi Piala Dunia 2022 malam nanti? Menarik dinantikan.

Piala DuniaVietnamTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas VietnamKualifikasi Piala Dunia 2022Berita Timnas Indonesia

Berita Terkini