x

UEFA Gagal Hukum Juventus, Barcelona, dan Real Madrid Imbas Liga Super Eropa

Selasa, 8 Juni 2021 09:12 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Presiden Real Madrid, Florentino Perez.

INDOSPORT.COM - Liga Super Eropa yang sempat gegerkan publik dapat kecaman dari UEFA hingga FIFA terutama untuk tiga klub pendirinya yakni Juventus, Barcelona, dan Real Madrid.

Hanya saja, tindakan hukuman sepertinya mustahil untuk dilakukan.

Awalnya ada 12 klub-klub besar seantero Eropa yang bersatu padu membangung kompetisi elite dengan keuntungan besar. Sayangnya, harapan mereka buat turnamen sekelas Liga Champions panen hujatan, baik dari publik dan federasi sepak bola dunia.

Baca Juga
Baca Juga

Hal ini sampai buat sembilan klub akhirnya undur diri, kini yang tersisa hanya Juventus, Barcelona, dan Real Madrid. Ketiga presiden mereka yaitu Andrea Agnelli, Joan Laporta, dan Florentino Perez masih teguh akan pendirian pada mega turnamen ini.

Tentu saja kekehnya mereka gelar Liga Super Eropa malah membuat UEFA dan FIFA kian murka. Aleksander Ceferin selaku presiden Federasi Sepak Bola seantero Eropa misalnya, menyebut tiga tim itu tak boleh lakoni Liga Champions dan Piala Dunia lagi.

Alih-alih hukuman itu bakal jadi kenyataan, melansir laman AS, tiga klub yang tersisa dipastikan bakal aman. Hal ini tak lepas dari pengumuman penting dari Kementerian kKhakiman Swiss yang menolak adanya sanksi.

Baca Juga
Baca Juga

Swiss yang notebene akar kekuatan dua federasi sepak bola dunia itu menyatakan jika FIFA dan UEFA tak punya wewenang untuk membatasi inovasi, mencegah dibuatnya format lain, mengeliminasi kompetisi, dan batasi pilihan konsumen.

Tentu saja pesan-pesan tersebut merujuk Liga Super Eropa gagasan Florentino Perez yang sarat akan kompetisi dengan inovasi baru. Bakal helat pertandingan tim-tim raksasa, tentu saja juga bakal buat penonton kian tertarik untuk menontonnya.


1. Begini Ancaman Ceferin ke Klub Penganut Liga Super Eropa

Presiden Juventus Andrea Agnelli, saat ditemani John Elkann dan Pavel Nedved.

Ceferin sendiri awalnya sangat kritis terkait permasalahan ini hingga mengecam para pemain dari ketiga klub itu tak bisa mentas di Eropa. Bahkan, federasi di bawah naungannya menyatakan akan menolak tiga tim tersebut lakoni liga domestik kasta teratas.

Kasus ini pun sempat dilimpahkan ke Kejaksaan Spanyol yang dipimpin oleh hakim Manuel Ruiz de Lara. Namun, hal ini malah membuat pengadilan tertinggi Eropa merasa bingung jika ada monopoli besar di dua federasi sepak bola terbesar tersebut.

Lewat pengumuman penting kejaksaan Swiss ini pun bisa dipastikan jika Juventus, Barcelona, dan Real Madrid adalah pihak pemenang usai Liga Super Eropa tak terhentikan. Kecaman dari UEFA dan FIFA pun tak ayal hanya gertak sambal semata.

Real MadridFIFABarcelonaUEFAJuventusFlorentino PerezAndrea AgnelliJoan LaportaLiga Super EropaBola InternasionalAleksander CeferinSepak Bola

Berita Terkini