x

Kepa Arrizabalaga 'Masuk' Skuat Timnas Spanyol Jelang Euro 2020

Rabu, 9 Juni 2021 01:59 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Kepa Arrizabalaga, kiper Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018.

INDOSPORT.COM – Kabar adanya kasus Covid-19 di Timnas Spanyol secara tak langsung memberi berkah kepada Kepa Arrizabalaga jelang Euro 2020.

Pandemi corona yang belum berakhir membuat 24 peserta Euro 2020 ketakutan jelang ajang empat tahunan ini. Aturan satu negara boleh membawa 26 pemain pun nampaknya tak menjadi solusi yang tepat untuk menggelar ajang ini.

Hal ini terkuak setelah virus corona menyerang beberapa penggawa penting berbagai negara. Spanyol menjadi tim yang merasakan penderitaan setelah sang kapten, Sergio Busquets, harus menepi di laga awal karena terpapar virus Covid-19.

Baca Juga
Baca Juga

Busquets yang dinyatakan positif Covid-19 pun membuat Luis Enrique selaku pelatih was-was dan mengambil langkah dengan memanggil lima pemain sebagai ‘cadangan’ jikalau kasus Covid-19 Busquets menyebar.

Dari enam pemain yang dipanggil Luis Enrique ke timnas Spanyol, muncul nama kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga. Ia bersama lima pemain lainnya masuk dalam skuat ‘cadangan’ La Furia Roja. Selain Kepa, ada nama Raul Albiol, Pablo Fornals, Rodrigo Moreno, Carlos Soler, dan Brais Mendes.

Enrique sendiri sejatinya hanya ingin membwa 24 pemain saja. Namun kasus Covid-19 memaksanya memanggil enam pemain ‘cadangan’ andai badai cedera ataupun kasus Covid-19 yang dialami Busquet menerpa anak asuhnya.

Baca Juga
Baca Juga

“Saya harus berterima kasih. Saya semula takut menghubungi Anda semua. Saya katakan ini apa adanya (kepada kalian),” tutur Enrique kepada enam pemain yang menjalani latihan terpisah tersebut.

Pemanggilan Kepa sendiri menjadi sebuah tanda tanya besar. Pasalnya, Spanyol telah memiliki tiga kiper yakni David De Gea, Unai Simon, dan Robert Sanchez.

Apalagi, Kepa Arrizabalaga tak banyak tampil di musim 2020/21 setelah menjadi pelapis Edouard Mendy bersama Chelsea.


1. Luis Enrique Bersikap Objektif

Luis Enrique resmi latih Timnas Spanyol.

Masuknya nama Kepa dalam daftar ini diyakini takkan berpengaruh banyak pada susunan skuat Spanyol di Euro 2020.

Kendati Kepa tadinya merupakan pilihan reguler La Furia Roja, namun penampilannya yang merosot serta jarangnya ia tampil membuat posisinya di Timnas Spanyol kini harus digantikan oleh kiper lainnya.

Keputusan Enrique tak memanggil Kepa pun hampir sama dengan Sergio Ramos. Nama terakhir tak masuk dalam skuat karena jarang tampil dan lebih banyak berkutat dengan cedera.

Enrique merasa dirinya harus objektif akan skuatnya dan tak hanya mengandalkan nama besar guna membawa Timnas Spanyol berjaya di Euro 2020.

Sergio RamosLuis EnriqueEuro 2020Bola InternasionalTim Nasional SpanyolKepa ArrizabalagaSepak BolaEuforia Eropa

Berita Terkini