x

Bedah Formasi Mematikan Barcelona Jika Sukses Bajak 5 Bintang Manchester City

Kamis, 10 Juni 2021 19:44 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga

INDOSPORT.COM – Sukses boyong Sergio Aguero dan Eric Garcia, Barcelona bidik 3 bintang Manchester City lagi termasuk Raheem Sterling. Seperti apa formasi Blaugrana musim depan?

Seiring berakhirnya musim kompetisi 2020/2021 dan dibukanya bursa transfer musim panas, Barcelona menjadi tim yang serius berbenah. Seperti diketahui, Blaugrana memang tampil tak memuaskan di musim 2020/2021 lalu dengan finis di posisi 3 LaLiga Spanyol dan kandas di 16 besar Liga Champions.

Akibatnya, Barcelona pun bergerak cepat di bursa transfer musim panas. Tidak tanggung-tanggung, mereka sudah meresmikan dua pemain anyar yang uniknya sama-sama diboyong secara gratis dari Manchester City yakni Sergio Aguero dan Eric Garcia.

Baca Juga
Baca Juga

Menariknya, usai memboyong Aguero dan Garcia, Barcelona kini ingin mendatangkan 3 pemain Manchester City lagi sehingga secara total mereka bisa saja membajak 5 bintang The Citizens sekaligus.

Dilansir Manchester Evening News, tiga nama yang awalnya masuk dalam bidikan Blaugrana adalah Aymeric Laporte, Ilkay Gundogan, dan Gabriel Jesus.

Namun, kabar terbaru kini menyebut tim asuhan Ronald Koeman itu mengalihkan bidikan kepada Raheem Sterling demi mengatasi kemungkinan hengkangnya Ousmane Dembele yang dibidik Paris Saint-Germain.

Lantas, akan seperti apa formasi Barcelona jika sukses memboyong 5 bintang Manchester City sekaligus di bursa transfer musim panas ini? Berikut ulasannya:

Kiper

Di sektor kiper, jika tak ada kejutan besar dengan Marc-Andre ter Stegen masih akan tetap menjadi andalan. Musim lalu bintang Jerman itu mencatatkan 14 cleansheet dan kebobolan 50 kali dari 42 pertandingan. Dengan performanya selama ini, ia masih layak menjadi kiper utama Blaugrana.

Baca Juga
Baca Juga

Belakang

Kehadiran Aymeric Laporte dan Eric Garcia memudahkan Ronald Koeman memainkan pola 3 bek yang menjadi andalannya. Berkaki kidal dan beberapa kali dimainkan sebagai bek kiri di City, Laporte bisa menjadi bek tengah paling kiri, sedangkan Garcia sebagai bek tengah paling kanan.

Sementara itu, 1 posisi di tengah ditempati Gerard Pique dengan Clement Lenglet dan Ronald Araujo menjadi pelapis.

Aymeric Laporte sendiri musim lalu tergusur dari tempat utama di lini belakang Manchester City karena kalah bersaing dengan John Stones dan Ruben Dias sehingga bisa saja tergoda untuk hengkang ke Barcelona.


1. Lini Tengah dan Depan

Ilkay Gundogan dan Raheem Sterling berpotensi reuni dengan Sergio Aguero di Manchester City.

Tengah

Di lini tengah, dua posisi di sayap akan tetap menjadi milik Sergino Dest dan Jordi Alba yang musim lalu menjadi andalan. Keduanya tampil cukup baik dengan Dest mencetak 2 gol dan 1 assist sedangkan Alba menyumbangkan 3 gol dan 7 assist di LaLiga Spanyol.

Sementara itu, jika berhasil diboyong dari Manchester City, Ilkay Gundogan bisa berduet dengan salah satu dari Pedri atau Frenkie de Jong di lini tengah. Barcelona sendiri disebut tertarik pada Gundogan setelah gagal memboyog Georginio Wijnaldum yang merapat ke PSG.

Gaya permainan Ilkay Gundogan yang kerap mendadak muncul di kotak penalti lawan dan memiliki penyelesaian akhir mumpuni, ditambah kemampuan passing Pedri dan de Jong akan membuat lini tengah Barcelona kaya dengan opsi penyerangan.

Depan

Di lini depan, Sergio Aguero dengan ketajaman yang menjadinnya top skor sepanjang masa Manchester City dengan 260 gol dari 390 laga jelas akan menjadi pilihan utama di sektor penyerang tengah. Ia akan diapit Raheem Sterling di kiri dan Lionel Messi di kanan.

Trio ini akan sangat memanjakan Sergio Aguero karena baik Raheem Sterling maupun Lionel Messi pernah bekerja sama dengannya di Manchester City dan timnas Argentina. Dengan demikian, Sterling dan Messi sudah mengetahui keinginan dan cara bermain Aguero, begitu pula sebaiknya.

Di sisi lain, keberadaan Messi dan Sterling membuat ancaman dari lini depan Barcelona tak hanya datang dari tengah lewat Aguero, tapi juga dari kedua sisi lapangan melalui mereka berdua yang gemar menusuk ke kotak penalti.

Barcelona XI: ter Stegen; Garcia, Pique, Laporte; Dest, de Jong, Gundogan, Alba; Messi, Aguero, Sterling.

Bursa TransferRaheem SterlingManchester CityBarcelonaSergio AgueroIlkay GundoganAymeric LaporteBerita Liga InggrisBerita Liga SpanyolBerita Bursa TransferEric Garcia

Berita Terkini