x

Ketambahan Indonesia, Ini Daftar Negara di Playoff Kualifikasi Piala Asia

Kamis, 10 Juni 2021 19:24 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
Timnas Indonesia vs Vietnam

INDOSPORT.COM - Setelah Timnas Indonesia dipastikan masuk playoff Piala Asia 2023, ada sejumlah negara yang juga mengalami nasib serupa.

Usai menelan kekalahan keenam, Timnas Indonesia menjadi juru kunci Grup G dan dipastikan akan tampil di babak playoff Piala Asia 2023.

Selain Indonesia, beberapa negara yang menjadi juru kunci juga mengalami nasib serupa. Ada tiga negara yang diketahui menyusul Indonesia ke playoff Piala Asia. Mereka adalah Guam, Taiwan, dan Kamboja.

Baca Juga
Baca Juga

Nantinya akan ada 12 tim yang masuk ke playoff Piala Asia, terdiri dari empat tim peringkat keempat terburuk dan 8 tim peringkat kelima fase grup (juru kunci Grup A-H).

Setiap tim akan dihadapkan dengan sistem dua leg. Mereka akan memperebutkan sembilan tiket ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia.

Tiga tim dengan peringkat terburuk akan ditempatkan di ronde kedua. Selanjutnya di babak ketiga akan ada 24 tim yang dibagi ke enam grup untuk memperebutkan 12 tiket ke Piala Asia. Format yang digunakan mirip seperti UEFA Nations League.

Baca Juga
Baca Juga

Tim yang kalah di ronde pertama playoff masih punya harapan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia. Namun harus menghadapi tiga tim yang sudah menunggu di ronde kedua.

Tim yang kalah di ronde kedua akan bermain di AFC Solidarity Cup, turnamen untuk negara-negara yang tersingkir di kualifikasi Piala Dunia/Piala Asia.


1. Menanti Piala Asia 2023

Timnas Indonesia vs Vietnam

Piala Asia 2023 akan dimulai pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023. China akan menjadi tuan rumah dari gelaran tersebut.

"Edisi yang akan datang dari turnamen tim nasional unggulan Asia (Piala Asia 2023) akan berlangsung di China dari 16 Juni hingga 16 Juli 2023, di sepuluh kota setelah Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan Komite Penyelenggara Lokal ( LOC) mengonfirmasi keputusan tersebut hari ini," demikian pernyataan dari AFC.

Sekretaris Jenderal AFC, Dato Windsor John, meyakini Piala Asia kali ini akan menjadi yang terbesar di sejarah sepak bola Asia.

"Piala Asia AFC terus bertumbuh dalam status dan prestise, dengan setiap edisi melampaui semua ekspektasi. Kami yakin bahwa turnamen yang akan datang di China akan menjadi yang terbesar dan terhebat dalam sejarah sepak bola Asia," ucap Dato Windsor.

Sebelum melanjutkan perjuangannya di Kualifikasi Piala Asia, Timnas Indonesia harus merampungkan perjuangannya di Kualifikasi Piala Dunia terlebih dahulu.

Timnas IndonesiaLiga IndonesiaPiala AsiaKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini