x

Lebih Apes dari Szczesny, Kiper Ini Cetak Gol Bunuh Diri Terkonyol di Kualifikasi Piala Dunia

Rabu, 16 Juni 2021 20:57 WIB
Editor: Subhan Wirawan

INDOSPORT.COM – Cerita lebih apes dari Wojciech Szczesny dialami penjaga gawang satu ini, lantaran cetak gol bunuh diri bersama timnas negaranya di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Jika berbicara soal gol bunuh diri yang terjadi baru-baru ini, mungkin netizen penggemar sepak bola dunia akan langsung menyebut nama kiper Timnas Polandia, Wojciech Szczesny.

Pasalnya, pemain berusia 31 tahun tersebut baru saja lakukan blunder dan cetak gol ke gawang sendiri saat pertandingan pertama babak penyisihan grup Euro 2020 kontra Slovakia, Senin (14/06/21) WIB.

Baca Juga
Baca Juga

Gol bunuh diri itu terjadi saat bola yang mengenai tiang gawang, kemudian memantul dan mengenai badan Szczesny. Alhasil, gol tersebut tercatat sebagai gol bunuh dirinya.

Di akhir laga, Polandia pun gagal raih kemenangan dan takluk dari Slovakia dengan skor tipis 1-2. Wojciech Szczesny pun dianggap sebagai salah satu penyebab kekalahan Polandia.

Namun kisah apes dan memalukan soal bunuh diri sejatinya tak hanya dirasakan Wojciech Szczesny, bahkan ada penjaga gawang yang baru-baru ini merasakan nasib lebih sial di kompetisi internasional

Kejadian memilukan dan memalukan tersebut terjadi dalam laga lanjutan Play off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Concacaf, antara Timnas Kanada vs Haiti pada Rabu pagi WIB, 16 Juni 2021.

Bertanding di Stadion Toyota Park, Timnas Haiti yang berstatus juara Grup E tampil cukup mengesankan terutama sepanjang babak pertama dengan menahan imbang Kanada tanpa kebobolan.

Namun sayang, petaka buat Haiti muncul di babak kedua, di mana mereka sudah harus tertinggal saat laga baru berjalan semenit selepas kick off paruh waktu.

Menariknya, gol Kanada tercipta bukan berkat kerja sama antar tim, melakukan kesalahan penjaga gawang Haiti, Josue Duverger yang gagal membuang bola.

Baca Juga
Baca Juga

Berawal dari back pass yang diberikan bek tengah Haiti, Kevin Lafrance ke arah Duverger. Usai menerima bola, sang kiper terlihat berusaha untuk menendangnya, tapi hal kocak terjadi lantaran kaki Duverger gagal menyentuh bola yang justru terus bergulir ke dalam gawang.

Sebenarnya, Duverger memiliki kesempatan lain untuk mengeluarkan bola. Akan tetapi, dia hanya memotongnya ke bagian belakang gawang. Saking buruknya blunder Duverger, membuat laman One Soccer mendiskripsikannya sebagai gol bunuh diri terburuk dalam sejarah.


1. Kekalahan Timnas Haiti

Suporter timnas Haiti antusias saat memberikan dukuangan kepada negaranya di Red Bull Arena (24/06/19). Adam Hunger/Getty Images

Sialnya, usai kecolongan lewat gol bunuh diri di awal babak kedua, Timnas Haiti malah tampil melempem dan harus menerima dua gol tambahan dari Kanada yang dicetak Cyle Larin menit 74’ serta Junior Hoilett (89’).

Dengan kemenangan ini, Kanada pun dipastikan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan agregat 4-0 (di leg pertama Kanada juga berhasil menang tipis 1-0).

Pada putaran Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Concacaf nanti, Kanada akan bersiap menghadapi tim kuat sekelas Meksiko, Kosta Rika, Jamaika, Honduras, Panama, El Salvador hingga Amerika Serikat.

Piala DuniaWojciech SzczesnyPiala Dunia 2022Bola InternasionalHaitiWojiech SzczesnyKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini