x

Euro 2020: Imbang Lawan Skotlandia, Southgate Pecahkan Rekor Timnas Inggris

Sabtu, 19 Juni 2021 10:43 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
Andalkan banyak pemain muda, Gareth Souhgate pecahkan rekor Timnas Inggris meskipun skuatnya imbang lawan Skotlandia di Euro 2020.

INDOSPORT.COM - Pertandingan kurang meyakinkan dilakoni Timnas Inggris usai imbang lawan Skotlandia di Euro 2020, Sabtu (19/06/21). Kendati demikian, Gareth Southgate malah pecahkan rekor tak terduga terkait skuatnya.

Pertandingan yang sudah diantisipasi ini membawa angin segar bagi pihak The Three Lions yang telah taklukan Kroasia 1-0 pada matchday satu. Mereka pun girang ketika lawan mainnya malah kalah 0-2 kontra Republik Ceko.

Baca Juga
Baca Juga

Timnas Skotlandia kabarnya mengadopsi taktik menyerang sejak menjadi tamu di Wembley Stadium. Steve Clarke selaku pelatihnya mengandalkan penyerang Southampton, Che Adams di garis depan dengan harapan menjebol pertahanan tim tuan rumah.

Nah, disinilah perubahan besar dilakukan oleh Southgate ke barisan lini bertahan Timnas Inggris. Kabarnya, ia menurunkan bek Chelsea, Reece James (21) dan Luke Shaw (25) dari Manchester United menggantikan Kyle Walker serta Kieran Trippier.

Baik Walker selaku pemain bertahan Manchester City dan Trippier dari Atletico Madrid memiliki rentang usia sama yakni 30 tahun. Terganti oleh bek yang lebih muda membuat laporan laman Mirror menyatakan jika starting XI skuat Inggris cetak rekor anyar.

Baca Juga
Baca Juga

Ya, tim asal Negeri Elizabeth itu cukup berani andalkan pemain muda dengan rata-rata umur pemain di skuat antara 25 tahun dan 31 hari. Hal ini juga sebagai bukti Southgate berikan kesempatan berkembang bagi pemain mudanya.

Sebelum laga Euro yang malah berakhir imbang 0-0 ini, si juru taktik pun mendiskusikan penampilan James dan Shaw. Ia sempat-sempatnya berkata: "Kami pikir teknik pengendalian bola akan sangat penting pada laga kali ini."


1. Andalkan Pemain Muda, Inggris Belum Mampu Taklukan Skotlandia

Duel di laga grup D Euro 2020 Inggris vs Skotlandia.

"Kami sangat senang dengan kombinasi full back di laga terakhir, tapi kami juga memiliki kekuatan mendalam terkait area di lapangan. Kami tahu mereka akan lebih unggul dalam dominasi bola, terlihat lewat adanya Billy Gilmour, Scott McTominay, dan Kieran Tierney."

Sayangnya, meski telah mengandalkan para pemain muda, tuan rumah harus rela berbagai poin pada pertemuan kontra The Tartan Army. Dalam hal penguasaan bola bisa saja mereka mendominasi 61 persen, hanya saja tak ada gol yang tercipta.

Penggantian Harry Kane membuat Timnas Inggris cukup nekat hingga akhirnya gagal memetik kemenangan kontra Skotlandia. Gara-gara ini pula skuat arahan Gareth Southgate harus tertahan di peringkat dua klasemen grup D Euro tahun ini.

InggrisLuke ShawSkotlandiaEuro 2020Gareth SouthgateEuroBola InternasionalSepak BolaReece JamesEuforia EropaEURO2020

Berita Terkini