x

Profil Klub Liga 1 2021: Persita Tangerang, Wajah Baru nan Sangar Pendekar Cisadane

Kamis, 19 Agustus 2021 16:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Profil Persita Tangerang untuk Liga 1 2021-2022.

INDOSPORT.COM - Persita Tangerang datang dengan wajah baru di BRI Liga 1 2021-2022. Manajemen dan tim pelatih melakukan evaluasi besar-besaran setelah hasil minor di tiga laga musim lalu, plus pengamatan di Piala Menpora 2021.

Pelatih Persita, Widodo C. Putro, memutuskan untuk melepas 13 pemain sepanjang 2021 (belum terhitung tiga pemain asing yang mengundurkan diri pada 2020).

Mereka adalah Rio Ramandika, Redi Rusmawan, Egi Melgiansyah, Henry Rivaldi, Hamka Hamzah, Samsul Arif, Yevhen Budnik, Zikri Akbar, Ari Wibowo, Ricky Kayame, Elisa Basna, Yogi Triana dan Miftah Anwar Sani.

Sebagai gantinya, Persita sejauh ini sudah mendatangkan 11 pemain berpengalaman baik lokal maupun asing. Notabene pemain yang datang dalam usia produktif dan jadi andalan di klub sebelumnya.

Sebanyak 11 pemain baru Persita tersebut adalah Adam Mitter, Kevin Gomes, Billy Keraf, Irsyad Maulana, Agung Prasetyo, Herwin Saputra, Rahmanuddin, Ahmad Nur Hardianto, Alex Goncalves, Dhika Bayangkara dan Bae Sin Yeong.

Widodo C. Putro dan manajemen Persita Tangerang menginginkan ada perubahan pada permainan Persita musim ini. Hal itu tak lepas dari hasil minor di Piala Menpora 2021 dan tiga laga Liga 1 musim lalu.

Baca Juga
Baca Juga

"13 orang yang tak masuk skuat musim ini sudah kita bicarakan sama manajemen dan mereka setuju dengan visi misinya. Bahwa sepak bola sekarang tak hanya soal senior, tapi power, fighting spirit, kuat dalam bertahan dan menyerang," tutur Widodo terkait revolusi besar-besaran di Persita.

"Tim lawan, kita lihat Barito Putera, PSIS Semarang, Persebaya Surabaya, bagaimana mereka membangun tim dengan pemain bagus. Makanya dengan hasil evaluasi bersama, inilah saatnya mainkan pemain potensial dan usia muda," imbuhnya.

Selain pemain senior, tim pelatih Persita juga mempromosikan pemain muda dari tim U-20. Widodo menilai ada empat nama yang layak diberikan kesempatan musim ini, yakni Rifki Dwi Septiawan, M. Duta Atapelwa, M. Bagoes Salam Aryatama, dan Flavio Cameron Sigati

Dengan perubahan besar yang dilakukan musim ini, Persita Tangerang diharapkan berbicara banyak di Liga 1. Paling tidak, Pendekar Cisadane bertahan di kasta teratas sesuai target manajemen.


1. Kedalaman Skuat

Suasana latihan perdana Persita Tangerang, Rabu (03/03/21).

Melihat susunan pemain yang ada, Widodo nampaknya lebih semringah musim ini dibanding musim lalu. Dia diberi kesempatan merekrut pemain sesuai kebutuhan, setelah mencoret puluhan pemain.

Kehilangan Hamka Hamzah di lini belakang ditambal dengan kedatangan bek tangguh asal Inggris, Adam Mitter. Pemain berusia 28 tahun itu sudah mencicipi Liga 1 musim lalu dan tampil spartan atau tanpa kebobolan bersama Persiraja Banda Aceh di tiga laga.

Pada posisi kiper, Persita Tangerang berhasil meminjam Dhika Bayangkara dari Persib Bandung. Dia dinilai mampu menutupi kekurangan di bawah mistar gawang, yang dianggap lemah selama Piala Menpora 2021.

Baca Juga
Baca Juga

Beranjak ke lini tengah, Widodo mendapatkan pengganti yang sepadan setelah kehilangan sayap lincah Ricky Kayame hingga Egi Melgiansyah. Pemain anyar, Billy Keraf, Bae Sin Yeong dan Irsyad Maulana bakal menjadi motor serangan.

Pada posisi striker, Persita berhasil menggaet mesin gol asal Brasil, Alex Goncalves usai ditinggal Samsul Arif dan Yevhen Budnik. Alex adalah top skor Persela Lamongan pada Liga 1 2019 dengan torehan 17 gol dari 29 laga.

Jika dibandingkan dengan skuat musim lalu, susunan pemain Persita saat ini jauh lebih baik. Tidak ada lagi nama-nama tua dengan kualitas 'Liga 2' yang membuat suporter khawatir.

Persita Tangerang juga masih punya kesempatan untuk mendatangkan satu lagi pemain asing dan pemain lokal. Posisi pemain asing yang kosong itu kemungkinan besar ditempati gelandang serang.


2. Skuat Sementara Persita Tangerang

Penyerang baru Persita Tangerang asal Brasil, Alex Goncalves.

Kiper: Annas Fitrianto, Dhika Bayangkara, Try Hamdani Goentara, Rahmanuddin

Bek: Muhammad Toha, Dallen Doke,  Syaeful Anwar, Adam Mitter (Inggris), Kevin Gomes, Agung Prasetyo, Herwin Saputra, Edo Febriansyah, Duta Atapelwa

Gelandang: Taufiq Febriyanto, Ade Jantra, Billy Keraf, Irsyad Maulana, Raphael Maitimo, Bae Sin-yeong (Korea Selatan), Rifki Dwi Septiawan, Flavio Cameron Sigati, Additya Gigis, Harrison Cardoso (Brasil)

Penyerang: Aldi Al Achya, Sirvi Arvani, Chandra Waskito, Ahmad Nur Hardianto, Alex Goncalves (Brasil), Bagoes Salam Aryatama

Pelatih: Widodo C. Putro

Meski memakai jasa pelatih lokal, Persita Tangerang nampaknya patut diperhitungkan. Kapasitas Widodo Cahyono Putro sudah teruji di kompetisi nasional, bahkan pernah dipercaya menangani Timnas Indonesia

Widodo punya lisensi AFC Pro dan hampir menjuarai Liga 1 2017 bersama Bali United. Ia juga dibantu asisten sarat pengalaman dan punya nama besar seperti Ilham Jaya Kusuma, Francis Wewengkang, Mukti Ali Raja (pelatih kiper), dan Muchtar Hasibuan (pelatih fisik).

Liga 1 2021-2022 menjadi tahun ketiga Widodo menangani Persita Tangerang. Dia seharusnya sudah hafal dengan kondisi dan kinerja para pemain, tinggal memaksimalkannya.

Bintang: Alex Goncalves

Pemain asal Brasil itu paling menyita perhatian saat diumumkan kedatangannya dan paling ditunggu aksinya oleh penggemar. Catatan apiknya bersama Persela di Liga 1 2019 diharapkan berlanjut musim ini.

Alex Goncalves adalah predator mematikan di kotak penalti. Kinerjanya akan semakin maksimal apabila dimanjakan oleh Irsyad Maulana yang dikenal punya umpan mematikan.

Persita TangerangWidodo C. PutroPiala MenporaLiga 1Bola IndonesiaAlex dos Santos GoncalvesBerita Liga 1BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini