x

Ibnul Mubarak: Begini Proses Seleksi Garuda Select 3 Lewat Piala Soeratin

Jumat, 25 Juni 2021 17:19 WIB
Penulis: Martini | Editor: Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM - Pemain jebolan Garuda Select 3, Ibnul Mubarak turut membeberkan proses seleksi dari jalur Piala Soeratin U-15.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select ialah program pembinaan pesepak bola muda dari Indonesia di Eropa, di bawah komando dua pelatih dunia, Dennis Wise dan Des Walker.

Memasuki program Garuda Select jilid 3, proses scouting pemain jadi lebih beragam, mulai dari Elite Pro Academy Liga 1 U-16, Liga TopSkor, serta Piala Soeratin U-15.

Ibnul Mubarak menjadi salah satu pemain yang lolos dari jalur Piala Soeratin, saat ia mewakili Kalimantan Timur. Ibnul lantas menjelaskan bagaimana alur seleksi itu.

Baca Juga
Baca Juga

Pada awalnya, Ibnul hanya bermain sebagai bek dan membela Kalimantan Timur di Piala Speratin, tidak tahu menahu dengan adanya talent scouting dari Inggris di lapangan.

"Sebenarnya saya nggak nyangka kalau terpilih ke Garuda Select, karena kan awal saya terpantau itu dari Piala Soeratin U-15 tahun 2019," curhat Ibnul Mubarak.

"Saya tahu kalau di situ ada tes scouting, cuma saya nggak terlalu tahu soal Garuda Select ini, jadi saya di situ biasa saja."


1. Seleksi Garuda Select IV

Ibnul Mubarak, pemain Indonesia di Garuda Select.

Terlebih, Ibnul Mubarak gagal membawa timnya menjadi juara Piala Soeratin U-15, sehingga ia pun pasrah jika tidak terpilih.

Tak berselang lama, pandemi Covid-19 membuat kompetisi sepak bola menjadi nihil. Meski begitu, Ibnul tetap berlatih rutin.

"Pas itu tim saya cuma sampai 16 besar saja, kalah, kalau nggak salah bulan Februari 2020, sementara program Garuda Select ini kan seleksinya Oktober," kenang Ibnul lagi.

"Kan setelah Soeratin itu (pandemi) Covid-19, kita nggak ada yang tahu kalau dipanggil lagi. Untungnya saya di SSB rutin latihan, meski ada Covid kemarin, kita rutin latihan."

Baca Juga
Baca Juga

"Pas ada seleksi itu, nggak dikabarin dari jauh hari, soalnya mau melihat pemain itu profesional atau tidak, latihan terus atau tidak. Makanya pas seleksi saya nggak kaget, kan tiap hari latihan, nggak stop."

Dari enam pemain asal Kalimantan Timur yang dipanggil seleksi langsung oleh Des Walker di Stadion Pakansari, Bogor, hanya Ibnul Mubarak yang bisa terpilih ke Inggris.

Maka dari itu, Ibnul Mubarak berharap agar pemain lainnya juga segera bersiap, tetap berlatih rutin meski tak ada kompetisi, sebab proses seleksi Garuda Select IV sudah dekat.

Jika berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, proses seleksi Garuda Select akan digelar di bulan Oktober. Kemudian, pemain terpilih akan berangkat ke Eropa di bulan Desember.

Dennis WiseBola InternasionalPiala SoeratinGaruda SelectIbnul Mubarak

Berita Terkini