x

3 Pemain Bintang yang Gagal Bawa Negaranya Lolos 16 Besar Euro 2020

Sabtu, 26 Juni 2021 05:56 WIB
Editor: Juni Adi
Robert Lewandowski, pemain Timnas Polandia.

INDOSPORT.COM - Turnamen sepak bola terakbar antar negara-negara Eropa, Euro 2020 yang digelar sejak 11 Juni hingga 11 Juli mendatang ini tidak terasa sudah memasuki babak 16 besar.

Negara-negara yang mempunya nama besar masih mendominasi kelolosan fase gugur ini. Sebut saja Prancis, Spanyol, Italia, Belgia, Inggris, Jerman, Belanda hingga Portugal.

Namun meski banyak tim besar yang lolos tidak semuanya meraih tiket 16 besar dengan mudah, kendati juga diperkuat pemain bintang top Eropa.

Baca Juga
Baca Juga

Jerman contohnya, harus bersusah payahu untuk bisa lolos dari Grup F yang dihuni oleh Prancis, Portugal dan Hungaria.

Mereka bahkan nyaris tersingkir, karena di pertandingan terakhir hampir kalah meski akhirnya berakhir imbang 2-2, dan sudah cukup membawa anak asuh Joachim Low ke 16 besar.

Tak hanya sampai di situ, kejutan Euro 2020 juga terjadi di grup lainnya yakni Grup B dimana Denmark tak disangka akhirnya lolos ke 16 besar.

Baca Juga
Baca Juga

Padahal, Christian Eriksen cs mengalami kekalahan dalam dua pertandingan awal. Hal tersebut membuat mereka sempat terdampar di dasar klasemen Grup B.

Namun keajaiban terjadi di pertandingan terakhir dimana mereka menang telak 4-1 atas Rusia di partai hidup mati kedua negara.

Koleksi 3 poin membuat Denmark merangsek ke urutan ke-2 dan lolos otomatis ke 16 besar. Mereka unggul selisih gol dari Finlandia (3) dan Rusia (4).

Kejutan lain yang terjadi adalah pemain-pemain bintang yang diprediksi bisa membawa negaranya menjadi kuda hitam di Euro 2020 justru malah gagal. Siapa saja pemain bintag tersebut?


1. 1. Robert Lewandowski (Polandia)

Burak Yilmaz di laga Turki vs Belanda

Polandia adalah salah satu negara yang diwaspadai kiprahnya di Euro 2020, karena mereka diperkuat oleh penyerang tertajam Eropa, Robert Lewandowski.

Di level klub, pundi-pundi gol Lewandowski mengalir deras bersama Bayern Munchen. Musim lalu, ia mencetak 48 gol dari total 40 penampilan di semua kompetisi.

Bermodal catatan gol tersebut, Polandia menatap Euro 2020 dengan optimisme. Namun seiring berjalannya turnamen, kenyataan tidak sesuai harapan.

Baca Juga
Baca Juga

Tergabung di Grup E bersama Spanyol, Swedia, dan Slovakia, Polandia tak bisa berbuat banyak. Dari 3 laga, mereka hanya bisa meraih 1 hasil imbang dan 2 kali menelan kekalahan.

Alhasil, Polandia terjerembab di dasar klasemen dengan 1 poin di bawah Slovakia (3), Spanyol (2) dan Swedia (1).

Padahal Lewandowski sendiri tampil cukup baik bersama Polandia di babak penyisihan grup. Ia menjadi salah satu striker tersubur dengan koleksi 3 gol.

Akan tetapi meski mencetak gol, Polandia sulit meraih kemenangan yang berimbas mereka gagal lolos.

2. Aleksey Miranchuk (Rusia)

Nama Aleksey Miranchuk mulai melejit ketika pindah memperkuat Atalanta sejak September 2020. Dirinya dibeli dari Lokomotiv Moskow sebesar 14 juta euro.

Bersama La Dea, Miranchuk mewujudkan mimpinya mencetak gol untuk pertama kalinya di ajang Liga Champions, ketika Atalanta vs Midtjylland pada 21 Oktober 2020.

Tak lama kemudian, ia juga sukses membuat gol pertamanya di Serie A untuk Atalanta pada 08 November 2020 ke gawang Inter Milan.

16 Juni 2021, dirinya mencetak gol pertama di turnamen besar (Euro 2020) untuk Rusia ke gawang Finlandia di babak penyisihan grup.

Sayang, penampilan apik gelandang serang berusia 25 tahun itu tak mampu membawa negaranya lolos ke babak 16 besar.

Baca Juga
Baca Juga

3. Burak Yilmaz (Turki)

Meski usianya sudah menginjak 35 tahun, namun ketajamn Burak Yilmaz sebagai seorang striker tidak luntur.

Musim lalu, ia mencetak 16 gol bersama Lille dan mengantarkan timnya juara Ligue 1 memutus dominasi Paris Saint-Germain.

Panampilan impresif itu membuat pelatih Senol Gunes memanggilnya untuk memperkuat Turki di babak Kualifikasi Euro 2020 hingga putaran final.

Namun, meski tajam di level klub, Burak Yilmaz justru melempem ketika membela Turki di Euro 2020. Bermain penuh dalam tiga laga, tak satupun gol ia ciptakan.

Euro 2020Robert LewandowskiBola InternasionalTRIVIABurak YilmazEURO2020

Berita Terkini