x

3 Alasan Swiss Bisa Mengejutkan Spanyol di 8 Besar Euro 2020

Jumat, 2 Juli 2021 16:39 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pertandingan antara Swiss vs Spanyol (Euforia Eropa).

INDOSPORT.COM – Berikut 3 alasan mengapa Swiss bisa meneruskan kejutan dengan mengalahkan Spanyol di babak perempat final Euro 2020, Jumat (02/07/21).

Pertandingan perempat final Euro 2020 akan diawali dengan bentrokan antara Swiss vs Spanyol. Laga ini akan berlangsung hari Jumat (02/07/21) pukul 23.00 WIB di Krestovsky Stadium, Rusia.

Swiss merupakan tim kejutan dengan memastikan tiket ke babak perempat final usai mengandaskan juara Piala Dunia 18, Prancis, di babak sebelumnya secara dramatis.

Baca Juga
Baca Juga

Saat itu, Swiss yang harus menghadapi Prancis dengan skuat terbaiknya, mampu membalikkan keadaaan tertinggal dua gol dari 3-1 menjadi 3-3 dalam kurun waktu 15 menit saja.

Kepastian lolosnya Swiss pun ditentukan di babak adu penalti saat penendang kelima Prancis, Kylian Mbappe, gagal menuntaskan tugasnya. Pasca memastikan lolos ke perempat final Euro 2020, La Nati pun akan menantang Spanyol.

Spanyol sendiri memastikan lolos ke perempat final pasca mengalahkan Kroasia di babak 16 besar. Tak tanggung-tanggung, La Furia Roja melumat Kroasia dengan skor 5-3.

Kemenangan Spanyol pun cukup mengejutkan mengingat di fase grup, tim Matador sempat kesulitan. Namun, di sisi lain Kroasia juga berada dalam kesulitannya sendiri.

Baca Juga
Baca Juga

Di babak perempat final Euro 2020 nanti, Spanyol pun langsung diunggulkan bisa mengalahkan Swiss. Apalagi secara materi, La Furia Roja jauh unggul atas La Nati.

Meski demikian, Swiss yang berstatus Underdog di laga ini siap memberikan kejutan kepada Spanyol dengan deretan bintangnya.

Berikut 3 alasan Swiss bisa menendang Spanyol dari Euro 2020 dan meneruskan langkahnya di ajang empat tahunan tersebut.


1. Alasan Swiss Bisa Membungkam Spanyol

Penyerang Swiss, Haris Seferovic,merayakan golnya ke gawang Prancis di Euro 2020.

1. Status Underdog

Jika ada yang dipelajari di Euro 2020 sejauh ini, tentu adalah pencapaian apik dan permainan tim-tim non unggulan hingga babak perempat final.

Di perempat final Euro 2020, terdapat empat tim berstatus Underdog yakni Swiss, Denmark, Ceko, dan Ukraina.

Hebatnya, dua dari tiga tim mengalahkan tim-tim unggulan yakni kala Swiss mengalahkan Prancis dan Ceko mengalahkan Belanda.
Meningginya mental dan tekad tim-tim Underdog bisa menjadi sinyal bahaya bagi tim-tim unggulan yang dipenuhi deretan bintang.

Swiss yang akan berhadapan dengan Spanyol, tentu akan mencoba meneruskan langkahnya dan menciptakan rekor untuk pertama kali menembus semifinal Euro 2020.

2. Swiss yang Sangat Produktif

Berdasarkan fakta, Swiss untuk pertama kalinya mampu mencetak tiga gol atau lebih dalam dua laga terakhirnya.

Haris Seferovic menjadi salah satu pemain berbahaya yang bisa membuat lini pertahanan Spanyol kocar-kacir.

Apalagi, lini pertahanan Spanyol terbilang rapuh setelah terakhir kebobolan tiga gol dari Kroasia yang terkenal tumpul.

3. Rekor Pertemuan Terakhir

Swiss telah bertemu Spanyol tiga kali di ajang resmi. Dalam tiga pertemuan tersebut, La Furia Roja menang dua kali dan kalah sekali dari La Nati.

Namun, dua kemenangan Spanyol atas Swiss di turnamen besar terjadi di tahun 1996 dan 1994. Sedangkan kekalahan La Furia Roja didapat pada 2010 di ajang Piala Dunia.

Dengan modal tersebut, Swiss bakal bertekd mengulangi pencapaian di satu dekade lalu kendati tampil tanpa sang kapten, Granit Xhaka.

SwissEuro 2020Granit XhakaBola InternasionalTim Nasional SpanyolSepak BolaEuforia Eropa

Berita Terkini