x

Starting XI Mengerikan Gabungan Belgia dan Italia di Euro 2020: Duet Tajam Serie A

Jumat, 2 Juli 2021 15:10 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Belgia akan bertemu Italia di perempat final Euro 2020, Sabtu (03/07/21). Seperti apa starting XI mengerikan yang terbentuk jika kedua tim digabungkan?

INDOSPORT.COM – Belgia akan bertemu Italia di perempat final Euro 2020, Sabtu (03/07/21). Seperti apa starting XI mengerikan yang terbentuk jika kedua tim digabungkan?

Kompetisi Euro 2020 alias Piala Eropa kini memasuki babak perempat final. Salah satu duel seru yang akan tersaji mempertemukan antara 2 tim besar Eropa, yakni Belgia vs Italia, Sabtu (03/07/21) dini hari WIB.

Setan Merah ke perempat final usai menjuarai Grup B dan menyingkirkan juara bertahan Portugal di 16 besar. Sementara itu, Gli Azzurri adalah juara Grup A yang melewati adangan Austria di perdelapan final.

Baca Juga
Baca Juga

Kedua tim sama-sama menyuguhkan performa yang cukup baik di Euro 2020 ini dengan selalu menyapu bersih 4 laga yang mereka jalani dengan kemenangan, yakni 3 di fase grup dan 1 di 16 besar.

Dengan performa kedua tim yang sama-sama sedang apik sehingga difavoritkan menjadi juara, tawaran tiket ke semifinal, dan keberadaan sejumlah bintang di kedua kubu, laga dini hari nanti pun menjanjikan keseruan besar.

Di sisi lain, laga Belgia vs Italia ini juga akan menjadi ukuran kepantasan bagi kedua tim untuk menjadi kampiun Euro 2020.

Lantas, akan semengerikan apa jika pemain dari kedua tim kandidat juara Euro ini digabungkan dalam sebuah starting XI? Berikut ini INDOSPORT coba menyusunnya menggunakan formasi 3-5-2.

Kiper

Di Euro 2020 ini, Thibaut Courtois dan Gianluigi Donnarumma sama-sama tampil tangguh dengan baru kebobolan 1 gol dari 4 laga.

Meski demikian, untuk tim ini INDOSPORT lebih memilih Thibaut Courtois sebagai penjaga gawang berkat kinerja apiknya sepanjang musim lalu di Real Madrid dengan kebobolan 44 gol dari 51 laga, dibandingan Gianluigi Donnarumma yang kemasukan 54 gol dari 48 di AC Milan.

Baca Juga
Baca Juga

Belakang

Di trio bek tengah, Italia sedikit lebih dominan dengan mengirimkan 2 nama yakni Francesco Acerbi dan Giorgio Chiellini.

Chiellini merupakan pilihan utama Italia sebelum absen melawan Wales dan Austria karena cedera. Namun, ia sudah pulih dan siap tampil menghadapi Belgia.  Meski baru tampil di 2 laga, ia menyuguhkan performa apik dengan rataan 2,0 intersep dan 0,5 blok per laga.

Sementara itu, meski baru 1 kali jadi starter dan 2 kali jadi pengganti, Acerbi justru menjadi bek terbaik Italia sejauh ini dengan nilai 7,07 dari Whoscored. Ia juga memuncaki rataan clearance Italia (2,7 per laga).

Satu nama lagi adakan diisi wakil tunggal Belgia, Jan Vertonghen. Eks Tottenham ini tampil tangguh dengan 4,3 clearance per laga, dari 3 pertandingan yang sudah dijalaninya.


1. Duet Maut Penyerang Tajam Serie A Italia

Striker Belgia, Romelu Lukaku

Tengah

Di lini tengah, wing back kiri akan menjadi milik Leonardo Spinazzola. Bek AS Roma ini jadi starter di 3 laga dan menyumbangkan 1 assist, serta 2 kali terpilih sebagai man of the match.

Keberadaaan Spinazzola di kiri membuat Thorgan Hazard akan menempati sektor wing back kanan. Adik Eden Hazard ini tampil tak kalah apik dengan 2 gol dari 3 laga, termasuk gol kemenangan di 16 besar.

Di tengah, bintang Belgia yakni Kevin de Bruyne akan diapit dua andalan Italia, Manuel Locatelli dan Marco Verratti.

Tampil di 3 laga dengan 1 di antaranya sebagai pengganti, de Bruyne sukses mencetak 1 gol dan 2 assist serta mencatatkan 3,3 key pass per laga. Sementara itu, Manuel Locatelli tak kalah memukau dengan catatan 2 gol dari 3 penampilan.

Keduanya akan didampingi oleh jenderal lapangan tengah Italia, Marco Verratti. Meski baru bermain di 2 laga dan belum mencetak gol atau assist, Verratti sukses mencatatkan 4,5 key pass per laga dan akurasi umpan 94,4%.

Depan

Ciro Immobile, penyerang Timnas Italia.

Di lini depan, akan berduet 2 penyerang tajam yang sama-sama berkarier di Serie A Italia yakni Romelu Lukaku dan Ciro Immobile.

Lukaku dan Immobile sama-sama berhasil meneruskan ketajaman mereka di Serie A Italia ke Euro, di mana Lukaku kini sudah mencetak 3 gol sedangkan Immobile mencatatkan 2 gol dan 1 assist.

Dengan penyelesaian akhir mumpuni dan lini tengah superkreatif di belakang mereka, duet Romelu Lukaku dan Ciro Immobile ini akan sangat mematikan.

ItaliaBelgiaCiro ImmobileMarco VerrattiGiorgio ChielliniThibaut CourtoisRomelu LukakuPiala EropaEuro 2020Piala Eropa 2020Kevin De BruyneJan VertonghenThorgan HazardEuroManuel LocatelliEuforia Eropa

Berita Terkini