x

Ben Brereton, Debutan Copa America yang Pernah Campakkan Timnas Inggris

Sabtu, 3 Juli 2021 15:38 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ben Brereton saat merayakan gol kemenangan Chile atas Bolivia di Copa America.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat sosok Ben Brereton, salah satu bintang muda milik Timnas Chile yang mulai dilirik sejak tampil di Copa America 2021.

Langkah Chile di Copa America edisi kali ini terbilang cukup lumayan meski memang tidak istimewa. Finis di peringkat empat Grup A, mereka melaju ke fase gugur dengan penuh kepercayaan diri.

Apalagi, di tim ini ada sejumlah pemain familier yang akrab dengan klub-klub besar Eropa, seperti Arturo Vidal (Juventus, Bayern Munchen, Barcelona), Alexis Sanchez (Manchester United, Inter Milan), dan Claudio Bravo (Barcelona, Manchester City).

Mereka-mereka ini tentu sudah banyak yang kenal, ya. Akan tetapi, bagaimana dengan Ben Brereton? Siapa sih dia?

Jawabannya adalah Benjamin Anthony Brereton, lahir pada tanggal 19 April 1999 dan kini membela klub Inggris, Blackburn Rovers.

Baca Juga
Baca Juga

Lahir di negara yang terkenal dengan jam raksasa Big Ben, pemain yang satu ini pernah terdaftar sebagai bagian skuat Timnas Inggris U-19 dan U-20 sebelum memilih Chile sebagai pelabuhan karier profesionalnya.

Pemanggilan perdana Ben Brereton ke Timnas Inggris terjadi pada 2017 saat usianya 18 tahun. Penampilannya yang apik pun pada akhirnya berbuah satu tempat di skuat untuk UEFA European Under-19 Championship.

Seolah tak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang telah diberikan pelatih kepadanya, Brereton pun unjuk gigi dengan menciptakan gol untuk timnya di ajang tersebut, bahkan sempat masuk daftar top skor.

Baca Juga
Baca Juga

Sekali lagi, Brereton juga berpartisipasi di UEFA European Under-19 Championship edisi selanjutnya yakni pada 2018.

Jika dipikir-pikir, Brereton punya kans yang cukup lumayan untuk promosi ke Timnas Inggris senior, menimbang catatannya yang lumayan saat masih berstatus pemain junior. Hanya saja, hal tersebut tak pernah terwujud.

Pada akhirnya, Brereton justru debut secara profesional bersama Timnas Chile, membela negara asal sang ibu. Tahun 2021 bisa dibilang momen breakthrough-nya di level negara.


1. Campakkan Timnas Inggris

Ben Brereton lebih memilih main untuk Timnas Chile ketimbang Inggris.

Ben Brereton mengawali perjalanannya sebagai pemain senior di Timnas Chile pada Mei 2021 saat dipanggil untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2022, sembari menunggu waktu yang tepat untuk melakukan debut.

Momen yang ditunggu-tunggu itu pun tiba saat ia menjadi bagian skuat yang dikirim untuk perhelatan Copa America. Argentina adalah lawan pertama yang dihadapinya.

Keputusan Ben Brereton untuk membela Timnas Chile memang cukup di luar dugaan. Mungkin banyak yang menyangka ia akan tetap membela Timnas Inggris bersama kawan-kawannya seperti Reece James atau Mason Mount.

Selain itu, ia bahkan tidak mahir berbahasa Spanyol dan hanya pernah mengunjungi Chile sekali, itu pun saat masih bayi. Di sisi lain, Brereton juga menghabiskan sebagian besar hidupnya tinggal di Inggris.

Ia tercatat pernah membela Stoke City dan Nottingham Forest sebelum merapat ke Blackburn Rovers. Namun ternyata Timnas Inggris bukanlah takdirnya.

Beruntung, pelatih Chile yakni Martin Lasarte menemukan bakat Brereton lewat konten yang diunggah salah seorang penggemar di media sosial.

Ia pun langsung tancap gas merekrutnya begitu tahu sang pemain punya darah keturunan Chile. Kesempatan emas ini pun sangat disyukuri Brereton, terutama sang ibu yang mengaku sangat bangga dan terharu.

“Kami menangis. Ini benar-benar kesempatan yang luar biasa,” kata ibunda Brereton kepada salah satu koran di Chile, seperti diwartakan laman Planet Football.

Kehadiran Ben Brereton jelas sebuah suntikan darah segar di kubu Timnas Chile, yang sejumlah pemainnya sudah mulai menua. Usianya masih 22 tahun dan jalan kariernya ke depannya juga masih panjang.

Ia pun bisa belajar banyak dari para senior yang saat ini masih bertahan di skuat seperti Eduardo Vargas, Arturo Vidal, Claudio Bravo dan Alexis Sanchez.

Selain meraup ilmu sepak bola dari pemain-pemain hebat di Timnas Chile, Brereton masih punya PR yang harus ia selesaikan, yakni belajar bahasa Spanyol. 

Sayangnya, Chile harus tersingkir dari Brasil di Copa America, Sabtu (03/07/21) pagi WIB. Namun meski begitu, masih banyak kesempatan untuk melihat penampilan Ben Brereton selanjutnya di skuat Martin Lasarte, begitu pula di Blackburn Rovers.

ChileInggrisCopa AmericaTimnas InggrisBola InternasionalCopa America 2021

Berita Terkini