x

Hasil Pertandingan 8 Besar Euro 2020 Swiss vs Spanyol: La Furia Roja ke Semifinal

Sabtu, 3 Juli 2021 01:50 WIB
Editor: Juni Adi
Swiss vs Spanyol.

INDOSPORT.COM - Timnas Spanyol berhasil melibas perlawanan kuda hitam Swiss di babak 8 besar Euro 2020 pada Jumat (02/07/21) siang WIB, dengan skor adu penalti 3-1 di Saint Petersburg Stadium.

Kedua tim bermain imbang 1-1 hingga babak kedua waktu normal, dan tak  bisa menambah gol juga di dua kali babak perpanjangan waktu. 

Dengan hasil tersebut, Spanyol berhak lolos ke semifinal dan akan bertemu lawan pemenang laga Belgia vs Italia pada 7 Juli di Stadion Wembley.

Swiss langsung mengambil inisiatif serangan untuk mencuri gol cepat ke gawang Spanyol. Mereka mendapat tembakan jarak jauh pertama melalui Xherdan Shaqiri tapi melebar.

Spanyol berusahan untuk mengimbangi permainan Swiss dengan memainkan umpan-umpan pendek dan penguasaan bola.

Baca Juga
Baca Juga

Pada menit ke-8 Spanyol membuat kejutan, dengan berhasil mencetak gol. Jordi Alba jadi aktornya dengan tembakan jarak jauh, tapi bola mengenai pemain Swiss dan berbelok arah sehingga gagal diantisipasi. Skkor jadi 0-1.

Tersentak gol pertama, Swiss perlahan membongkar pertahana Spanyol. Tapi permainan cepat mereka kerap membentur tembok kokoh Spanyol.

Alih-alih menyamakan kedudukan, gawang Swiss malah nyaris kebobolan lagi pada menit ke-17. Koke melepaskan tendangan bebas tapi masih tipis di atas mistar gawang.

Swiss punya beberapa kesempatan menekan Spanyol lewat sepak pojok. Namun sepak pojok Shaqiri belum benar-benar bisa diteruskan oleh rekan-rekannya. Skor 0-1 tak berubah.


1. Babak II

Swiss vs Spanyol.

Memasuki babak kedua, Spanyol masih mendominasitapi lagi-lagi mereka kesulitan menciptakan peluang, meski sudah memainkan dua penyerang baru di lini depan.

Sementara, Swiss masih menyerang lewat counter attack yang membuat lini belakang Spanyol kerepotan. 

Gawang Spanyol akhirnya jebol juga pada menit ke-69. Miskomunikasi antara Laporte dan Pau Torres membuat Remo Freuler merebut bola yang kemudian dioper ke Shaqiri di depan gawang. 

Baca Juga
Baca Juga

Mudah saja bagi pemain Liverpool itu. Skor menjadi 1-1. Di saat lagi asyik mencari gol dan mempertahankan skor, Swiss malah kehilangan pemain.

Sebab pada menit ke-77 Freuler dikartumerah karena melakukan tekel dua kaki ke Gerard Moreno. 

Unggul jumlah pemain gagal dimanfaatkan oleh Spanyol. Skor 1-1 bertahan hingga babak kedua usai, dan masuk babak perpanjangan waktu. 

Di babak pertama perpanjangan waktu, mereka langsung menggebrak. Pada menit ke-91, peluang tercipta dari Alba di sisi kiri dan diakhiri dengan umpan tarik ke tiang dekat. Sayangnya sontekan Moreno masih melebar.

Baca Juga
Baca Juga

Namun karena disiplinnya pertahanan Swiss, membuat Spanyol gagal mencetak gol. Skor masih 1-1. Memasuki babak kedua extra time, Spanyol dibuat frustrasi lagi oleh Sommer yang bermain begitu cemerlang. 

Dia beberapa kali membendung peluang demi peluang Spanyol. Sementara Swiss benar-benar bermain bertaham tanpa peluang berbahaya sekalipun.

Pertandingan pun masih imbang 1-1, dan harus dilakukan adu penalti. Di babak tos-tosan, Spanyol unggul 3-1. 

SpanyolSwissEuro 2020Bola InternasionalHasil PertandinganEURO2020

Berita Terkini