x

Bedah Formasi Arsenal Jika Sukses Boyong Duo Timnas Italia di Euro 2020

Minggu, 4 Juli 2021 19:39 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Arsenal membidik dua bintang timnas Italia di Euro 2020 yakni Andrea Belotti dan Manuel Locatelli. Seperti apa formasi mereka jika transfer itu terwujud?

INDOSPORT.COM - Arsenal membidik dua bintang timnas Italia di Euro 2020 yakni Andrea Belotti dan Manuel Locatelli. Seperti apa formasi mereka jika transfer itu terwujud?

Euro 2020 yang digelar bertepatan dengan bursa transfer musim panas, merupakan momen tepat untuk memantau aksi para bintang. Hal ini pula yang dilakukan klub Liga Inggris, Arsenal.

Seperti diketahui, The Gunners memang membutuhkan pemain baru untuk meningkatkan prestasi mereka, setelah musim lalu hanya finis di posisi 8 Liga Inggris sehingga gagal lolos ke kompetisi Eropa.

Baca Juga
Baca Juga

Arsenal pun dikaitkan dengan sejumlah nama yang tampil di Euro 2020 seperti Ben White  (Inggris) dan Alexander Isak (Swedia). Namun, kabar terbaru menyebut The Gunners kini tertarik pada duo Italia, Manuel Locatelli dan Andrea Belotti.

Andrea Belotti yang berposisi sebagai penyerang tengah, diproyeksikan menggantikan Alexandre Lacazette yang santer disebut bakal hengkang di musim panas ini.

Meski tak jadi pilihan utama lini depan Italia di Euro 2020, dengan catatan 105 gol dari 228 laga bersama Torino, ketajaman Andrea Belotti tentu tak perlu diragukan lagi.

Sementara itu, Manuel Locatelli diharapkan bisa menjadi rekan duet bagi Thomas Partey di lini tengah, menggantikan Granit Xhaka yang berpotensi hengkang ke AS Roma.

Locatelli memang tampil gemilang bersama Sassuolo musim lalu, dan sukses mempertahankan performa apiknya itu di Euro 2020, dengan torehan 2 gol dari 3 penampilan.

Baca Juga
Baca Juga

Torino disebut siap melepas Andrea Belotti dengan harga 29 juta pounds, sementara itu Sassuolo mengaku sudah menerima tawaran dari Arsenal, meski Manuel Locatelli diklaim lebih tertarik hengkang ke Juventus yang juga meminatinya.

Lantas, bakal seperti apa formasi Arsenal musim depan jika sukses mendatangkan duo Italia yakni Andrea Belotti dan Manuel Locatelli di bursa transfer musim panas? Berikut ulasannya:


1. Formasi Arsenal Musim Depan

Arsenal merayakan gol ke gawang Brighton pada laga pamungkas pekan ke-38 Liga Inggris 2020-2021, Minggu (24/05/21) malam WIB.

Di sektor kiper, Bernd Leno santer disebut bakal hengkang dengan Andre Onana menjadi kandidat kuat penggantinya. Namun, jika rencana ini tak terwujud, maka Leno bisa dipastikan akan kembali jadi andalan di bawah mistar gawang.

Di lini belakang, manajer Mikel Arteta diyakini masih akan tetap mengandalkan pola 4 bek meski sudah ditinggal David Luiz dan adanya potensi kepergian Hector Bellerin.

Namun, dengan Paris Saint-Germain makin dekat mendapatkan Achraf Hakimi dan krisis keuangan yang dialami Barcelona, peluang kepergian Hector Bellerin makin mengecil sehingga ia bisa tetap jadi andalan di bek kanan.

Sementara itu, di sektor bek kiri, Kieran Tierney yang jadi andalan musim lalu akan kembali meneruskan perannya.

Keduanya akan mengapit Gabriel Magalhaes yang masih akan jadi bek tengah pilihan utama. Dengan kepergian David Luiz, jika Arsenal gagal memboyong Ben White maka posisi rekan duet Magalhaes kemungkinan akan diisi Rob Holding.

Di lini tengah, jika jadi datang maka Manuel Locatelli akan mengisi satu tempat di sektor double pivot, mendampingi Thomas Partey. Locatelli sendiri sudah biasa memainkan peran ini di Sassuolo.

Dengan kemampuan passingnya dan kegemarannya merangsek ke depan, ia akan melengkapi keberadaan Thomas Partey yang piawai memutus serangan lawan.

Beralih ke lini depan, dengan kepergian Martin Odegaard yang pulang ke Real Madrid, maka trio gelandang serang akan diisi Pierre-Emerick Aubameyang di kiri, Emile Smith-Rowe di tengah, dan Bukayo Saka di kanan.

Ketiganya sudah terbukti mampu menjalankan peran tersebut dengan apik di musim lalu, meski Aubameyang awalnya sempat kesulitan.

Meski demikian, trio ini bisa berubah jika Arteta sukses mendatangkan gelandang nomor 10 baru, seperti James Maddison yang belakangan ini disebut juga diincar Arsenal.

Di depan trio Auba, Smith-Rowe, dan Saka, Andrea Belotti akan mengisi peran sebagai ujung tombak.

Dengan kreativitas Smith-Rowe dan tusukan cepat Aubameyang dan Saka di kedua sisi, serta keberadaan Locatelli yang sudah familier dengannya, Belotti akan mendapatkan suplai bola yang baik.

Arsenal XI: Leno/Onana; Bellerin, Holding/White, Gabriel, Tierney; Partey, Locatelli; Saka, Smith-Rowe, Aubameyang; Belotti.

Bursa TransferArsenalPierre-Emerick AubameyangLiga InggrisAndrea BelottiManuel LocatelliThomas ParteyBerita Liga InggrisBerita Bursa TransferBukayo SakaGabriel MagalhaesEmile Smith Rowe

Berita Terkini