x

Hasil Pertandingan Copa America Argentina vs Ekuador: Messi Bawa La Albiceleste ke Semifinal

Minggu, 4 Juli 2021 10:08 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi pemain Argentina, Lionel Messi bersama Angel Di Maria usai mencetak gol untuk timnya melalui tendangan bebas antara Argentina vs Ekuador.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil pertandingan perempat final Copa America 2021 antara Argentina vs Ekuador, Minggu (04/07/21) WIB.

Babak Pertama

Argentina yang turun dengan para pemain terbaiknya langsung mengancam pertahanan Ekuador sejak menit pertama hingga menit ke-10 yang dibarengi dengan banyaknya pelanggaran yang tercipta.

Serangan Argentina sempat membuahkan peluang di menit ke-14 lewat Lautaro Martinez. Sayang peluang emas yang didapatkannya gagal dimanfaatkan dengan baik.

Baca Juga
Baca Juga

Ekuador dipaksa bertahan pada hingga laga memasuki menit ke-20. Bahkan, di menit ke-23, Argentina lagi-lagi mendapat peluang.

Kali ini giliran Lionel Messi yang mendapat peluang emas. Namun, kesempatan emas ini gagal dikonversi menjadi gol oleh La Pulga.

Ekuador pun bukannya tanpa peluang. Ancaman sempat diberikan La Tricolor dengan membuat pertahanan Argentina kocar-kacir.

Memasuki menit ke-30, dominasi Argentina masih terus berlanjut. Namun dominasi La Albiceleste terus-terusan dibahan Ekuador lewat skema serangan balik.

Pada menit ke-39, Ekuador bahkan mendapat peluang emas untuk mencetak gol melalui Enner Valencia yang menyambut umpan silang.

Sayang tandukannya hanya melenceng tipis dan bola hasil tandukannya gagal dimanfaatkan oleh rekannya di tiang jauh.

Kegagalan Ekuador mencetak gol pertama pun dibalas oleh Argentina. Rodrigo De Paul berhasil mencetak gol lewat serangan balik cepat memanfaatkan umpan Lionel Messi di menit ke-40.

Baca Juga
Baca Juga

De Paul mencetak golnya dari dalam kotak penalti memanfaatkan bola sodoran Messi yang mengambil bola sapuan kiper saat menghadang Lautaro Martinez. Skor menjadi 1-0.

Empat menit berselang, Argentina mendapat peluang emas lewat Nico Gonzalez. Sayang tandukannya mampu dimentahkan kiper dan bola Rebound gagal ia manfaatkan dengan baik.

Menjelang berakhirnya laga, Ekuador mendapat peluang lagi lewat Enner Valencia. Kini tandukan sang pemain kembali melenceng tipis di sisi kanan gawang Argentina.

Hingga babak pertama usai, tak ada gol tambahan. Skor 1-0 tetap bertahan untuk keunggulan Argenina atas Ekuador.


1. Babak Kedua

Selebrasi pemain Argentina, Lionel Messi usai mencetak gol untuk timnya melalui penalti pada perempat final Copa America Brasil 2021 antara Argentina vs Ekuador.

Di babak kedua, Ekuador langsung tampil menghentak dan menyerang pertahanan Argentina untuk menyamakan ketertinggalan.

Peluang untuk Ekudor pun baru datang di menit ke-58 lewat Enner Valncia yang melepaskan tembakan ke arah sudut kiri gawang.

Namun peluang Ekuador itu mampu dimentahkan dengan baik oleh Emiliano Martinez yang tampil cekatan sejak babak pertama.

Memasuki menit ke-60, Argentina dipaksa bermain agak pragmatis dengan mengedepankan pertahanan agar tak kebobolan oleh Ekuador.

Permainan di menitke-60 ini berjalan dengan lambat disertai banyaknya pelanggaran keras yang dilakukan oleh kedua tim. Sehingga tak sedikit wasit meniup peluit untuk menghentikan laga.

Memasuki menit ke-70, Argentina mulai bangkit dan berani melakukan serangan. Namun, setiap ancaman yang dilancarkan La Albiceleste urung membuahkan peluang maupun hasil.

Lionel Messi yang mengarsiteki serangan Argentina pun juga mencoba mencetak gol. Sayangnya, peluang yang ia dapatkan tak kunjung berbuah gol.

Kolombia pun tampil kian spartan di 10 menit terakhir. Sayangnya, Emiliano Martinez menjadi tembok yang sulit ditembus dalam 80 menit pertandingan berlangsung.

Kegagalan Ekuador mencetak angka dibalas oleh Argentina yang berhasil menggandakan keunggulan lewat Lautaro Martinez.

Lionel Messi berhasil mengarsiteki kembali gol kedua Argentina dengan umpan terobosannya yang berhasil dituntaskan Lautaro Martinez dengan mudah. Skor berubah menjadi 2-0.

Pada menit ke-89, wasit harus menghentikan permainan sejenak usai Angel Di Maria dijatuhkan sehingga wasit harus berkonsultasi dengan VAR untuk mengetahui apakah akan memberi penalti atau tendangan bebas biasa.

Petaka bagi Ekuador, Piero Hincapie dikartu merah dan wasit memberikan tendangan bebas tepat di depan garis batas kotak 16.

Lionel Messi yang menjadi eksekutor pun berhasil menuntaskan tendangan bebas dan mencetak gol ketiga untuk Argentina di menit ke-93. Skor berubah menjadi 3-0.

Hingga babak kedua usai, tak ada gol yang tercipta. Argentina pun berhasil melangkah ke semifinal usai membantai Ekuador dengan skor 3-0.

Lionel Messi menjadi bintang di laga ini berkat dua assist dan satu golnya. Dengan catatan ini, La Pulga menduduki puncak daftar top skorer sementara.

Susunan Pemain:

Argentina (4-3-3):

Martinez; Molina, Pezella, Otamendi, Acuna; Paredes, Lo Celso, De Paul; Lionel Messi, Lautaro Martinez, Nico Gonzalez

Ekuador (4-2-3-1):

Galindez; Preciado, Hincapie,Arboleda, Estupinan; Franco, Mendez; Mena, Grueza, Palacios; Enner Valencia

EkuadorArgentinaLionel MessiCopa AmericaBola InternasionalHasil PertandinganSepak BolaCopa America 2021

Berita Terkini