x

Pandemi Covid-19 Bikin Peru Berhasrat Kalahkan Brasil di Copa America

Selasa, 6 Juli 2021 03:44 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Peru dibebani tugas besar untuk bisa menjungkalkan Brasil di semifinal Copa America 2021 demi menghibur masyarakat yang menderita karena pandemi COVID-19

INDOSPORT.COM - Timnas Peru dibebani tugas besar untuk bisa menjungkalkan Brasil di semifinal Copa America 2021 demi menghibur masyarakat yang menderita karena pandemi COVID-19.

Peru secara mengejutkan mampu menembus babak semifinal Copa America 2021. Padahal, di fase grup mereka sempat dibantai oleh Brasil dengan skor 4-0.

Namun, performa tim asuhan Ricardo Gareca terus meningkat hingga mampu lolos sebagai runner-up grup dan menyingkirkan Paraguay di perempatfinal.

Baca Juga
Baca Juga

Di babak semifinal, mereka telah ditunggu lawan kuat yang pernah menghancurkan mereka di fase grup, yakni Brasil.

Di tengah perjuangan Peru di Copa America, situasi negara mereka tengah diliputi kekacauan. Pandemi COVID-19 dikabarkan telah membuat negara mereka 'terluka'.

Menurut New York Times, Peru memiliki angka kematian per kapita tertinggi di dunia akibat Covid-19. Banyak aspek masyarakat telah sangat terluka oleh skala pandemi Covid. Bukan cuma itu, situasi politik di sana juga tengah tidak kondusif.

Atas hal ini, wartawan olahraga setempat, Pamela Rios Calmet, pun menyatakan bahwa sepak bola menjadi satu-satunya jalan keluar sementara untuk membuat negara beribukota Lima itu bangkit.

"Kami saat ini sedang melalui momen politik yang sangat rumit di Peru," Pamela Rios Calmet, seorang reporter untuk surat kabar olahraga populer El Deport dan presenter untuk ESPN Peru, mengatakan kepada Sportsmail.

'Dalam konteks ini, sepak bola menjadi sangat penting, karena menciptakan suasana damai di tengah kekacauan.'

Baca Juga
Baca Juga

Jadi tidak hanya dua kandidat pemilu - Keiko Fujimori dan Pedro Castillo - yang terlibat dalam perebutan kekuasaan yang sengit - yang termasuk tuduhan tidak berdasar dari Fujimori tentang kecurangan pemilu - Covid telah menjatuhkan hampir 10 persen populasi ke dalam kemiskinan.


1. Brasil vs Peru: Laga Mudah Selecao?

Pertandingan antara Brasil vs Peru (Copa Amerika).

Pertandingan semifinal Copa America 2021 antara Brasil vs Peru bakal berlangsung di Estadio Olimpico Nilton Santos, Rio de Janeira, di mana laga ini terbilang muda bagi Selecao selaku sang tuan rumah.

Apalagi Brasil memiliki modal apik yakni pernah meraih kemenangan besar dengan skor 4-0 atas Peru saat keduanya saling bertemu di babak penyisihan Grup B pada 18 Juni kemarin.

Modal apik lainnya yang dimiliki oleh Selecao yakni belum menelan kekalahan satu kali pun dalam Copa America musim ini, dengan Neymar dkk hanya meraih sekali hasil imbang 1-1 saat melawan Ekuador di fase grup.

Selanjutnya Neymar dkk juga tercatat sudah lima kali berhasil menembus babak final dan berakhir meraih gelar juara dalam 10 edisi terakhir. Ini berarti, Brasil telah memiliki Sembilan gelar juara.

Di sisi lain, Peru tentu bakal menghadapi lawan berat. La Rojiblanca juga dibayangi dengan kekalahan 1-3 atas Brasil di babak final Copa America 2019 lalu.

Secara head to head Peru juga jelas kalah unggul dari Brasil. Tercatat Peru hanya memenangkan lima kemenangan dan Sembilan hasil imbang dari 48 kali pertemuan melawan Brasil, yang telah memetik 34 kemenangan.

Meski demikian, Brasil harus tetap mewaspadai lawannya. Pasalnya, setelah menelan kekalahan 0-4 di fase grup, Peru mampu langsung bangkit dan tampil konsisten hingga babak perempatfinal Euro 2020.

BrasilPeruCopa AmericaBola InternasionalCopa America 2021

Berita Terkini