x

3 Resep Sukses Timnas Inggris Belum Kebobolan di Euro 2020

Rabu, 7 Juli 2021 14:54 WIB
Editor: Juni Adi
Hasil Euro 2020: Ukraina vs Inggris

INDOSPORT.COM - Timnas Inggris jadi satu-satunya negara di Euro 2020 yang belum kebobolan. Apa resepnya?

Timnas Inggris kembali tampil menjanjikan pada turnamen antar negara kali ini digelaran Euro 2020.

Tergabung di Grup D bersama Kroasia, Republik Ceko dan Skotlandia, The Three Lions sukses memuncaki klasemen dan lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Inggri mengoleksi tujuh poin dari tiga pertandingan tanpa sekalipun meraih kekalahan (2 menang, 1 imbang). Catatan tersebut membuat diunggulkan pada Euro 2020 kali ini. Performa impresif Inggris berlanjut di fase gugur.

Baca Juga
Baca Juga

Berhadapan dengan tim kuat Jerman di babak 16 besar Euro 2020, Inggris tanpa kesulitan bisa mengatasinya.

Tim besuta Gareht Southgate itu mampu menang atas Jerman dengan skor 2-0. Masing-masing gol dicetak oleh Raheem Sterling dan Harry Kane.

Kemenangan itu mengantarkan Inggris ke babak 8 besar bertemu dengan Ukraina. Melawan tim asuhan Andriy Shevchenko, Inggris sekali lagi tampil sempurna.

Mereka menang telak dengan skor 4-0. Masing-masing gol dicetak oleh Harry Kane (2), Harry Maguire, dan Jordan Henderson.

Baca Juga
Baca Juga

Kini, Timnas Inggris tengah bersiap melawan tim kuda hitam Denmark di babak semifina. Kedua tim akan bermain di Stadion Wembley pada Kamis (08/07/21) dinihari WIB.

Penampilan Inggris di Euro 2020 semakin sempurna setelah mereka mampu menjaga keperawanan gawangnya hingga saat ini. 

Inggris telah mencatatkan lima clean sheet di Euro 2020 mencerminkan tim ini memiliki kekuatan luar biasa dibanding para kontestan lain di Euro 2020. Lantas apa resepnya?


1. 1. Komunikasi

Duel pemain Inggris dan Jerman di titik penalti pada pertandingan babak 16 besar Kejuaraan UEFA Euro 2020 antara Inggris dan Jerman.

Skuat Timnas Inggris di Euro 2020 hampir seluruhnya adalah pemain warisan Piala Dunia 2018 lalu, khusunya di lini belakang.

Sebut saja Harry Maguire, John Stones, Jordan Pickford hingga Kyle Walker. Hal tersebut membuat pertahanan Inggris cukup solid dengan komunikasi yang menjadi kuncinya.

Faktor itu juga tidak lepas dari chemistry yang sudah terbangun dengan baik antar pemain, karena sudah satu tim dalam waktu yang lama sejak 2018.

Tak hanya di Euro 2020, para pemain itu juga dipercaya tampil oleh Gareth Southgate di ajang lain seperti UEFA Nations League, Kualifikasi Euro 2020 dan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

2. Mempunyai Kiper Kuat

Timnas Inggris kini kembali mempunyai kiper tangguh dalam diri Jordan Pickford. Terakhir kali sosok penjaga gawang hebat di Timnas Inggris saat adanya David Seaman.

Pickford tampil dalam debut turnamen internasional saat dibawa oleh Southgate di Piala Dunia 2018. Tak disangka dirinya tampil gemilang.

Salah satunya adalah saat membawa Inggris menang adu penalti melawan Kolombia dan mengantarkan mereka melaju ke babak semifinal.

Penampilan apiknya berlanjut di Euro 2020. Salah satunya ketika berhadapan dengan Jerman di babak 16 besar. 

Kiper milik Everton itu terus-menerus berteriak memberikan peringatan kepada rekan-rekannya dari gawang.

Dia berulang kali mendesak pemain belakang Inggris untuk memastikan tidak ada celah bagi lawan untuk melakukan tembakan. Selain itu, Pickford juga berhasil melakukan sejumlah penyelamatan gemilang yang membuat gawang Inggris belum kebobolan.

3. Keseimbangan

Skuad Timnas Inggris saat ini mempunyai materi pemain yang cukup menjanjikan. Baik dari cadangan hingga skuad utama kualitasnya hampir merata.

Hal itu menjadi keuntungan bagi Inggris di Euro 2020. Selain itu, pengalaman juga menjadi faktor kesuksesan lain.

Di lini belakang khususnya, nama-nama sekaliber Harry Maguire, John Stones dan Kyle Walker membuat Southgate tidak takut untuk mencoba berbagai macam formasi 

Seperti ketika ia menerapkan formasi tiga bek, dan berganti empat atau lima bek di pertandingan berbeda. Hal itu karena mereka mampu menerapkannya dengan kemampuan kecerdasan dan adaptasi formasi yang baik.

InggrisJermanDenmarkEuro 2020Gareth SouthgateBola InternasionalJordan PickfordEuforia EropaEURO2020

Berita Terkini