x

Jika Dapat Tanah Hibah, PSSI Berencana Bangun Training Center Timnas di Kaltim

Rabu, 7 Juli 2021 13:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
PSSI saat menyulap kompleks Pusat Olahraga (POR) Sawangan sebagai training center Timnas.

INDOSPORT.COM - PSSI dilaporkan menjalin komunikasi dengan Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) tanah hibah. Federasi mengajukan permohonan agar mendapat lahan untuk dibangun training ground.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan federasi berencana membangun fasilitas bagi Timnas Indonesia di Kaltim karena daerah tersebut akan jadi Ibu Kota negara. Kabarnya PSSI menginginkan lahan setidaknya 20-30 hektar untuk dibangun training center. 

"Iya, PSSI mengajukan permohonan hibah lahan ke Pemrov Kaltim untuk kawasan training center timnas Indonesia," kata Yunus melalui pesan singkat.

Baca Juga
Baca Juga

"Kenapa di sana? kan ibu kota negara (pindah ke Kaltim). Bangunnya saja boda lebih dari setahun jadi direncanakan sekarang," imbuhnya. 


1. Komunikasi Pihak Terkait

PSSI saat menyulap kompleks Pusat Olahraga (POR) Sawangan sebagai training center Timnas.

Selain dengan Pemprov Kaltim, PSSI juga menjalin komunikasi dengan Kementerian Olahraga dan Pemuda (Kemenpora) serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hal itu dikarenakan federasi tidak bisa berdiri sendiri mewujudkan fasilitas tersebut.

Dua tahun lalu, PSSI telah berencana membangun training ground di Sukabumi, Jawa Barat. Tetapi wacana itu batal terealisasi karena faktor jarak yang terlalu jauh. 

Kebutuhan akan training center memang sangat penting. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah meminta fasilitas tersebut ke PSSI agar Timnas leluasa menjalani latihan. 

Shin Tae-yong menyatakan fasilitas dan lapangan latihan wajib dimiliki PSSI, guna mengembangkan potensi pemain. Hal itu akan berimbas pada peningkatan prestasi Timnas di masa depan.

Baca Juga
Baca Juga
PSSINational Youth Training Center (NYTC)Timnas IndonesiaLiga IndonesiaShin Tae-yongYunus Nusi

Berita Terkini