x

Beda Nasib, Apa Kabar Timnas Inggris yang Gagal ke Final Euro 1996?

Kamis, 8 Juli 2021 21:59 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Paul Gascoigne, salah satu pemain Timnas Inggris di Euro 1996.

INDOSPORT.COM - Gareth Southgate memang sukses membawa Timnas Inggris ke final Euro 2020, tapi ia juga pernah merana saat masih jadi pemain di Euro 1996.

Pelatih tulen Inggris ini memang baru saja meraih puja-puji atas keberhasilannya meraih final Euro 2020 bersama skuat The Three Lions asuhannya, usai mengalahkan Denmark dengan skor tipis 2-1, Kamis (08/07/21) dini hari WIB.

Pencapaian ini seperti sebuah obat pelipur lara baginya setelah sempat jadi ‘biang kerok’ kandasnya perjuangan Timnas Inggris di Euro 1996. Saat itu, beda nasib dengan Harry Kane dkk, ia dan rekan-rekannya gagal lolos dari fase semifinal.

Padahal, Inggris punya kans besar dan pastinya dukungan yang luar biasa dari publik lantaran berstatus tuan rumah. Sayangnya, slogan football is coming home tidak bisa dihiasi dengan raihan trofi Piala Eropa.

Baca Juga
Baca Juga

Timnas Inggris berjumpa lawan berat di semifinal yakni Jerman, yang pertandingannya berlangsung begitu sengit. Skor 1-1 bertahan sampai waktu penuh dan bahkan memaksa mereka menentukan nasib lewat adu penalti.

Jika harus menunjuk pemain yang paling tersakiti hatinya di pertandingan tersebut, mungkin Gareth Southgate jawaban utamanya.

Pada waktu itu, baik Inggris maupun Jerman bisa dibilang sama-sama kuat dan membuat laga berjalan alot alias tak selesai-selesai. Jangankan skor 1-1 sama, saat adu penalti pun mereka sangat sulit ditaklukkan.

Baca Juga
Baca Juga

Sampai akhirnya, Southgate tampil sebagai pembawa petaka lantaran jadi satu-satunya eksekutor yang gagal menyarangkan bola ke gawang Jerman.

Ketika Andreas Moller dianggap sebagai pahlawan Der Panzer, nasib penendang keenam dari kubu Inggris sial bukan main. Gagal menjalankan tugas, Southgate pun harus rela hidup dihantui kenangan buruk itu.

Terlepas dari kesialan Southgate dan insiden adu penalti tersebut, ke mana perginya para pemain Timnas Inggris yang gagal melaju ke final Euro 1996 tersebut? Berikut beberapa di antaranya.


1. Kabar Beberapa Pemain Timnas Inggris Euro 1996

Pelatih Timnas Inggris saat ini, Gareth Southgate.

Gareth Southgate

Tentu saja pria yang satu ini sudah banyak yang tahu, menjabat sebagai pelatih Timnas Inggris saat ini. Ia sosok tepat menangani The Three Lions jika bicara aroma lokal yang sering dibawa para juru taktik tim ini - kecuali Sven-Goran Eriksson dan Fabio Capello, tentunya.

Pembawaannya sangat ke-Inggrisan sekali, ditambah sepak terjangnya sebagai pemain yang selalu setia berada di liga negaranya. Southgate tercatat tidak pernah pindah ke luar negeri selama karier profesionalnya.

Paul Ince

Sama seperti sebagian besar para pemain yang pensiun, Ince juga terjun ke manajemen tim sepak bola. Namun belakangan ini, ia lebih sering muncuk sebagai pekerja media.

Sebelumnya, eks Liverpool ini pernah menangani Blackburn Rovers, Milton Keynes Dons, Notts County, dan Blackpool sampai tahun 2014. Putranya, Tom Ince, sempat jadi pemain Timnas Inggris di level U-21.

Paul Gascoigne

Sosok legendaris yang menghabiskan sebagian besar waktunya berjuang menghadapi kecanduan terhadap alkohol. Ia juga masih beberapa kali menyampaikan pendapatnya tentang skuat Timnas Inggris saat ini.

Alan Shearer

Pencetak satu-satunya gol Inggris di semifinal Euro 1996 kontra Jerman ini menekuni profesi sebagai seorang pandit ternama di salah satu kanal televisi besar Inggris. Bisa dibilang, sekarang pekerjaan utamanya berkutat di area media.

Teddy Sheringham

Tidak berbeda jauh dari rekan-rekannya, eks staf pelatih West Ham United ini juga memilih tampil di layar televisi. Namun, sedikit berbeda, ia justru turut memeriahkan acara menyanyi The Masked Singer di ITV.

David Seaman

Jika Sheringham berurusan dengan tarik suara, Seaman malah berkecimpung di dunia ice dancing, yang mana cukup mengagetkan bagi publik sepak bola. Selain jadi pelatih dan pekerja media, ia sibuk dengan hobinya yakni golf dan memancing. 

InggrisEuro 2020Gareth SouthgateTimnas InggrisBola InternasionalEuro 1996

Berita Terkini