x

Kisah Perjalanan Italia ke Final Euro 2020: Tangguhnya Lini Tengah Azzurri

Jumat, 9 Juli 2021 10:01 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Selebrasi Pemain Italia di Euro 2020

INDOSPORT.COM – Melihat perjalanan Timnas Italia hingga tembus partai final Euro 2020, dimana bintang Inter Milan dan kekuatan lini tengah jadi kunci keberhasilan Gli Azzurri.

Di gelaran Euro 2020 sendiri, Italia memang tampil impresif dan mendekati kata sempurna. Mulai dari babak penyisihan bahkan selama kualifikasi, sampai laga semifinal pada Rabu 7 Juli 2021 lalu.

Mulai dari fase kualifikasi, Italia yang tergabung di Grup J berhasil menyapu bersih 10 laga dengan kemenangan. Hebatnya lagi, Italia mampu cetak 37 go dan hanya kemasukan 4 kali.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara di laga penyisihan, Italia juga tak terlihat alami kesulitan saat menghadapi Wales, Swiss hingga Turki pada Grup A.

Bahkan pada laga pembuka, Gli Azzurri sudah mengamuk dengan hancurkan kuda hitam yang digadang-gadang bakal bersuara di Euro 2020, Turki.

Bertanding di Stadion Olimpico, anak asuh Roberto Mancini menang besar dengan skor 3-0. Masing-masing lewat gol Immobile menit 66' serta Insigne (79'), plus gol bunuh diri Demiral (53’).

Pada laga kedua, Italia kembali lanjutkan performa impresif dengan mengalahkan Swiss juga lewat skor 3-0. Brace Locatelli menit 26' dan 52' serta sebiji gol Immobile (89') jadi pahlawan kemenangan Italia.

Puncaknya di final matchday penyisihan kontra Wales, Italia mengunci status juara grup usai menang tipis 1-0. Mereka pun lolos ke babak 16 besar dengan status tim tak terkalahkan dan tak kebobolan.

Hadapi Austria yang berstatus runner up Grup C di 16 besar, Italia sempat dibuat kewalahan. Meski diperkuat banyak bintang, secara mengejutkan Italia malah gagal cetak gol dalam 90 menit waktu normal.

Hingga akhirnya, Chiesa dan Pessina bisa memastikan langkah Italia ke perempat final berkat golnya di masa extra time.

Dua gol tersebut sejatinya hampir sia-sia, lantran gol Kalajdžić menit 114' sempat memantik semangat Austria.

Beruntung, lini pertahanan Italia masih sangat fokus menahan gempuran Austria di sisa-sisa akhir pertandingan. Skor 2-1 pun jadi hasil laga Italia vs Austria.

Lepas dari kejaran Austria yang main sangat spartan, Italia kembali jalani laga sulit dengan hadapi salah satu calon kuat juara Euro 2020, Timnas Belgia di perempat final.

Namun seperti telah belajar kala bertemu Austria, anak asuh Mancini tak mau lagi bermain lamban dan langsung berikan tekanan kepada Belgia.

Hasilnya, dua gol tercipta di babak pertama buat Italia yang sekaligus mempermudah langkah mereka ke semifinal.

Di empat besar, lagi-lagi Italia bertemu batu sandungan besar. Setelah sebelumnya hadapi calon juara, kali ini malah bertemu mimpi buruk mereka di Euro 2012, Timnas Spanyol.

Sebagai informasi, Italia sempat dipermalukan Spanyol dengan skor 4-0 di pertandingan final Euro 2012 silam. Sebuah catatan kelam yang masuk dalam sejarah Timnas Italia.

Baca Juga
Baca Juga

Sempat unggul di menit 60’, Italia akhirnya harus jalani babak tambahan setelah Alvaro Morata menyamakan kedudukan 10 menit jelang laga berakhir.

Pertandingan sendiri akhirnya dimenangkan Italia lewat babak adu penalti, setelah dua penandang Spanyol, Dani Olmo dan Alvaro Morata gagal jadi eksekutor.


1. Andil Bintang Inter Milan

Nicolo Barella, pemain Inter Milan.

Dalam keberhasilan Italia ke final, sejatinya seluruh pemain Gli Azzurri punya andil besar. Terbukti, tak ada pemain yang paling menonjol sepanjang gelaran ini.

Namun jika harus memilih performa paling stabil, tampaknya nama Nicolo Barella bisa jadi sosok yang layak diulas.

Meski jumlah golnya tidak terlalu banyak, namun perannya menjaga serta mengalirkan bola dari lini tengah merupakan salah satu kunci keberhasilan Italia ke final Euro 2020.

Total dari 5 laga yang telah dijalani, gelandang Inter Milan tersebut mampu lepaskan 42.2 kali umpan dengan tingkat akurasi mencapai 83.4 persen dalam 90 menit. Selain itu, Barella juga lepaskan 1.8 kali umpan kunci tiap laga. 

Untuk urusan gol, Barella sendiri berhasil berikan dua assists serta mencetak satu gol. Jika dirangkum, laga kontra Belgia di perempat final bisa dibilang sebagai puncak performa dengan satu gol dan dua assists.

Namun sekali lagi, gemilangnya Italia di Euro 2020 ini berkat andil seluruh pemain, terutama barisan lini tengah mereka.

Tak cuma Barella, kehadiran Jorginho dan Marco Verratti yang secara kontribusi gol dibawah Barella, tetap punya andil berkat peran yang mereka jalankan.

ItaliaInter MilanEuro 2020EuroBola InternasionalEuforia Eropa

Berita Terkini