x

Juara Euro 2020, Segini Bonus yang Diterima Para Bintang Timnas Italia

Senin, 12 Juli 2021 23:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Italia keluar sebagai juara Euro 2020 usai mengalahkan Inggris 3-2 di final. Hasil ini pun membawa Gianluigi Donnarumma dkk kebanjiran bonus besar.

INDOSPORT.COM – Italia keluar sebagai juara Euro 2020 usai mengalahkan Inggris 3-2 di final. Hasil ini pun membawa Gianluigi Donnarumma dkk kebanjiran bonus besar.

Ajang sepak bola tertinggi negara-negara Eropa yakni Euro 2020 akhirnya berakhir. Italia keluar sebagai juara setelah mengalahkan Inggris di final, Senin (12/07/21) dini hari, dengan skor 3-2 lewat babak adu penalti.

Inggris yang menjadi tuan rumah laga final sebelumnya unggul lebih dulu di menit ke-2 lewat sepakan Luke Shaw. Namun, Italia menyamakan kedudukan di babak kedua lewat Leonardo Bonucci.

Baca Juga
Baca Juga

Skor imbang 1-1 bertahan hingga 2x45 menit dan 2x15 menit, sehingga laga dilanjutkan ke adu penalti. Italia akhirnya keluar sebagai juara setelah 3 penendang Inggris gagal, sementara di kubu Gli Azzurri hanya 2 algojo yang gagal.

Dengan hasil ini, Euro 2020 menjadi momen kedua Italia memenangi ajang ini setelah sebelumnya menjuarainya pada  1968.

Kesuksesan menjuarai Euro 2020 juga membawa Gianluigi Donnarumma terpilih menjadi pemain terbaik di turnamen ini.

Sebelum menjadi penentu kemenangan Italia di final dengan menepis 2 penalti pemain Inggris, eks AC Milan itu juga jadi pahlawan di semifinal dengan menggagalkan sepakan Alvaro Morata di babak adu penalti.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, torehan gelar juara Euro 2020 ini membuat kantong Gianluigi Donnarumma dkk menjadi makin tebal. Pasalnya, mereka mendapatkan bonus yang cukup besar akibat prestasi ini.

Dilansir Football Italia, kesuksesan ini membuat Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) mendapatkan hadiah sebesar 28,5 juta euro (Rp490 miliar).

Dari jumlah tersebut, sebagian akan diserahkan kepada para pemain, dengan masing-masing menerima 250 ribu euro (Rp4,3 miliar).


1. Italia Pengumpul Bonus Terbanyak Sepanjang Sejarah Euro

Italia juara Euro 2020

Lebih lanjut, laporan tersebut menyebut bahwa jika Giorgio Chiellini dan kolega kalah dari Inggris di final Euro, masing-masing hanya akan menerima bonus sebesar 200 ribu euro (Rp3,4 miliar), dan 150 ribu euro (Rp2,5 miliar) jika kandas di semifinal.

Sementara itu, FIGC sendiri diketahui telah menerima total hadiah hingga 99,25 juta euro (Rp1,7 triliun) dari seluruh edisi Euro yang mereka ikuti.

Jumlah itu menjadikan Italia sebagai negara dengan total bonus terbanyak dibandingkan negara-negara lainnya di Eropa.

ItaliaFIGCEuro 2020EuroGianluigi DonnarummaBola InternasionalEuforia Eropa

Berita Terkini