x

Bakal Jadi Bos Belanda, Louis Van Gaal Malah Diboikot Bintangnya?

Minggu, 18 Juli 2021 20:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Louis Van Gaal

INDOSPORT.COM - Kabar tidak sedap menghantam timnas Belanda terkait penunjukan pelatih baru. Louis van Gaal yang dikabarkan menjadi kandidat terkuat disebut mendapat penolakan keras dari pemain-pemain De Oranje.

Bek Liverpool sekaligus kapten Belanda, Virgil van Dijk, dituding sebagai dalang aksi protes tersebut. Pasalnya, mereka lebih menginginkan Henk ten Cate, tangan kanan Frank de Boer di Euro 2020, yang dipromosikan.

Baca Juga
Baca Juga

Kejadian ini disebut membuat gempar KNVB selaku federasi sepak bola Belanda. Hal ini dikarenakan mereka sudah kadung meminta agar Louis van Gaal turun gunung setelah memutuskan pensiun sejak tidak lagi melatih pada 2016.

Beruntung, Virgil van Dijk langsung buka suara. Bek berusia 30 tahun tersebut menyatakan jika isu yang beredar tersebut sama sekali tidak benar.

Eks Southampton dan FC Groningen tersebut bahkan mengecam salah satu jurnalis media Inggris, Mirror, yakni Simon Mullock. Van Dijk menuding jika sang wartawan sudah menerbitkan berita palsu.

"Cerita yang beredar sama sekali jauh dari kebenaran. Seharusnya para jurnalis bertugas untuk menyampaikan fakta dan bukannya gosip murahan. Anda seharusnnya malu @MullockSMirror," begitu tulis Van Dijk di akun Twitter pribadinya.


1. Segudang Talenta

Virgil van Dijk saat berbaju Belanda.

Belanda saat ini memang sedang membutuhkan nakhoda mumpuni untuk memandu skuat penuh talentanya menjadi juara. Sudah lama sejak Euro 1988 di Jerman, Tim Oranye belum pernah lagi mengangkat trofi.

Padahal, secara materi mereka tidak kekurangan kualitas. Baik pemain dari Eredivisie Belanda maupun yang berkiprah di luar negeri semuanya punya skill yang diakui.

Selain Virgil van Dijk, masih ada Denzel Dumfries, Matthijs de Light, Nathan Ake, dan Stefan de Vrij di barisan belakang. Sementara Marten de Roon, Frenkie de Jong, Donny van de Beek, dan Teun Koopmeiners memadati lini tengah.

Walau belum menemukan penyerang tengah subur, nama Memphis Depay, Donyell Malen, dan Mohamed Ihattaren juga sudah berkilau.

Baca Juga
Baca Juga

Untuk itulah, Van Gaal diharapkan sudi untuk kembali ke pinggir lapangan. Meski usianya sudah 70 tahun, KNVB merasa sang meneer masih sanggup meramu taktik jitu.

Memang di masa kerja pertamanya Van Gaal pernah berdosa dengan memberi aib gagal lolos ke Piala Dunia 2002, namun berselang 12 tahun kemudian ada sedikit perbaikan.

Di Piala Dunia 2014, Belanda diantarkannya menjadi juara ketiga di bawah Jerman dan Argentina berkat formasi 3-5-2 yang belum umum saat itu.

BelandaLouis van GaalEredivisie BelandaKNVBBola InternasionalVirgil van Dijk

Berita Terkini