x

Deretan Bintang J-League dalam Skuat Timnas Jepang di Olimpiade Tokyo

Minggu, 1 Agustus 2021 05:46 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Skuat Timnas Jepang.

INDOSPORT.COM - Timnas Jepang sedang bersinar di cabang olahraga sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020. Tergabung di grup A bersama Meksiko, Prancis, dan Afrika Selatan, timnas Jepang mampu keluar sebagai juara grup dan lolos ke perempat final.

Samurai Biru berhasil menang 1-0 lawan Afrika Selatan, 2-1 lawan Meksiko, dan 4-0 kontra Prancis. Di balik kegemilangan ini, ada deretan para pemain lokal yang berlaga di J League dan jadi tulang punggung timnas Jepang.

Tercatat, ada 12 pemain dari 22 nama yang dibawa timnas Jepang ke Olimpiade berasal dari klub-klub J.League. Memanb kompetisi J League yang berjalan baik terbukti menghasilkan Timnas Jepang yang mumpuni.

Berikut deretan pemain J League di Timnas Jepang di Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga
Baca Juga

1. Skuat Timnas Jepang

Skuat Timnas Jepang.

Kiper:

1. Keisuke Osako - Sanfrecce Hiroshima

Penjaga gawang muda yang masih berusia 22 tahun, Osako sudah pernah dua kali membela timnas senior Jepang saat berlaga di Copa America 2019. Meski begitu, di Olimpiade kali ini, ia hanya jadi kiper cadangan bagi Kosei Tani.

2. Kosei Tani - Shonan Bellmare

Kosei Tani mwrupakan penjaga gawang talenta berbakat Timnas Jepang. Usianya masih 20 tahun, ia adalah kiper utama Samurai Biru di gelaran Olimpiade kali ini.
Dari tiga laga babak grup, Kosei Tani hanya kebobolan satu kali, pada laga kedua lawan Meksiko.

3. Zion Suzuki - Urawa Red Diamonds

Suzuki adalah kiper masa depan Jepang dengan kini masih berusia 18 tahun.
Pemain yang memiliki darah Ghana dari ibunya dan lahir di Amerika Serikat ini bermain 11 kali saja di Urawa Reds.

Bek:

4. Hiroki Sakai - Urawa Red Diamonds

Salah satu bintang besar di Jepang dan jadi satu dari tiga pemain yang berusia lebih dari 24 tahun di skuad Olimpiade kali ini. Berusia 31 tahun, ia sudah 65 kali membela timnas senior dan melanglang Eropa bersama Hannover 96 serta Marseille.

5. Reo Hatate - Kawasaki Frontale

Bek kiri andalan Kawasaki Frontale, musim ini ia bermain 16 kali di J1 League, empat di Liga Champions Asia, dan sekali di Piala Super Jepang.

6. Koki Machida - Kashima Antlers

Koki Machida jadi bek tengah pelapis di tim ini, ia baru bermain sekali, masuk pada menit ke-85 pada laga pertama lawan Afrika Selatan. Di level klub, musim ini ia adalah andalan Antlers.

7. Ayumu Seko - Cerezo Osaka

Bek tengah cadangan lainnya di timnas U-24 Jepang dan belum bermain di Olimpiade, kalah bersaing dengan pemain-pemain Eropa seperti Maya Yoshida hingga Takehiro Tomiyasu.

Baca Juga
Baca Juga

Tengah:

8. Kaoru Mitoma - Kawasaki Frontale

Kaoru Mitoma adalah salah satu bintang paling bersinar saat Kawasaki Frontale tiga kali juara dalam empat musim terakhir J1 League. Meski begitu, ia tampak tak jadi andalan di Olimpiade kali ini, harus bersaing di pos lini tengah dengan nama-nama beken seperti Takefusa Kubo, Ritsu Doan, hingga Koji Miyoshi.

9. Yuki Soma - Nagoya Grampus

Pemain sayap kiri andalan Nagoya Grampus, ia sudah bermain 19 kali di J1 League musim ini, mencetak dua gol dan dua assist. Di Olimpiade, Yuki Soma selalu bermain dalam tiga laga babak grup.

Depan

10. Daizen Maeda - Yokohama F. Marinos

Penyerang berkepala plontos ini salah satu yang tertajam di J1 League, sudah mencetak 10 gol dalam 19 laga bersama Marinos. Di Olimpiade, ia juga mencetak satu gol saat masuk sebagai pemain pengganti kontra Prancis di laga ketiga grup.

11. Ayase Ueda - Kashima Antlers

Salah satu penyerang tengah andalan timnas Jepang di Olimpiade kali ini, selalu bermain di tiga laga grup. Dua laga awal ia masuk sebagai pemain pengganti, sebelum jadi starter dan bermain penuh 90 menit saat laga ketiga lawan Prancis.

12. Daichi Hayashi - Sagan Tosu

Penyerang utama Samurai Biru saat memulai Olimpiade Tokyo 2020. Ia jadi starter dalam dua laga awal babak grup, meski belum bisa mencetak gol dan selalu ditarik keluar sebelum laga usai.

JepangJ1 LeagueJ-LeagueBola InternasionalOlimpiade Tokyo 2020J2 League

Berita Terkini