x

Dianggap Butuh Penyerang, Kenapa Chelsea Malah Ngotot Mendatangkan Bek?

Senin, 2 Agustus 2021 15:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi gol Jules Kounde di laga Sevilla vs Barcelona.

INDOSPORT.COM – Beberapa hari ke belakang, Chelsea terus dikaitkan dengan transfer Jules Kounde. Dengan kebutuhan akan sosok penyerang, apakah transfer bek Sevilla ini menjadi hal yang penting bagi The Blues?

Sesaat sebelum bursa transfer dibuka, Chelsea terus dilaporkan akan mendatangkan penyerang dari Erling Haaland hingga Romelu Lukaku. Namun, hingga Liga Inggris 2021/22 akan dimulai, The Blues malah bergerak mendatangkan sosok bek tengah.

Kounde terus dikaitkan dengan kepindahan Chelsea setelah pakar transfer Italia, Gianluca Di Marzio, membongkar negosiasi The Blues ini.

Baca Juga
Baca Juga

Bahkan, Chelsea siap mengorbankan salah satu pemainnya kepada Sevilla, yakni Kurt Zouma sebagai bagian dari transfer pemain berusia 22 tahun tersebut.

Sayangnya, sejak kabar ketertarikan itu terbongkar, Chelsea dan Sevilla belum menemui kata sepakat untuk transfer Jules Kounde.

Meski mengalami kesulitan, The Athletic melaporan Chelsea akan mengarahkan segala cara termasuk menggelontorkan uang 70 juta euro (Rp1,1 trilun) untuk merealisasikan transfer tersebut.

Pertanyaan pun menyeruak, mengapa Chelsea sangat ngotot membutuhkan pemain belakang di bursa transfer kali ini?

Baca Juga
Baca Juga

Apalagi mengingat Chelsea memiliki pertahan terbaik di era Thomas Tuchel. Sebagai bukti, di Liga Champions musim lalu, The Blues mencetak rekor tim yang paling sedikit kebobolan hingga jadi juara, yakni dengan hanya kemasukan empat gol.

Melihat Chelsea saat ini dan fakta di atas, tentu banyak orang sepakat bahwa The Blues lebih membutuhkan sosok penyerang tajam ketimbang bek.

Lalu, apa yang membuat Chelsea merasa transfer Jules Kounde sangat penting dan harus direalisasikan di musim panas 2021 ini?


1. Jules Kounde: Transfer Bijaksana bagi Chelsea

Jules Kounde, pemain Sevilla.

Jules Kounde dianggap sebagai salah satu bek muda bertalenta saat ini. Penampilannya bersama Sevilla membuatnya banya klub memburunya.

Apiknya penampilan Kounde menjadikan transfer ini begitu penting bagi Chelsea di musim panas ini ketimbang mendatangkan penyerang.

Alasan mengapa transfer Kounde merupakan hal yang penting berkaitan dengan fakta bahwa Chelsea membutuhkan regenerasi di lini belakang.

Selain itu, Kounde menjadi alasan bahwa Chelsea enggan melakukan Panic Buying (pembelian yang panik) di masa yang akan datang.

Pertama, mari melihat fakta di tubuh Chelsea. Saat ini, lini belakang The Blues dihuni oleh dua pemain veteran pada sosok Thiago Silva (38 tahun) dan Cesar Azpilicueta (31 tahun).

Chelsea punya kebijakan terhadap pemain berusia di atas 30 tahun yakni hanya diberi kontrak satu tahun saja untuk melancarkan regenerasi.

Transfer Kounde bukanlah untuk meng-Upgrade lini belakang Chelsea yang telah solid, melainkan untuk menjadi tambahan di lini belakang agar The Blues tak perlu mencari bek lagi di masa depan.

Bisa dikatakan, Kounde adalah investasi terbaik yang bisa dilakukan Chelsea saat ini agar saat Thiago Silva dan Azpilicueta kian menua, The Blues tak perlu panik dan memiliki pengganti yang masih muda dengan pengalaman mumpuni.

Tapi bukankan Chelsea lebih membutuhkan penyerang? Memang benar The Blues butuh sosok striker tajam. Tapi kebutuhan ini bukanlah sebuah hal penting.

Chelsea telah melakukan regenerasi penyerang di tahun lalu saat membawa Timo Werner dan Kai Havertz. Kedatangan keduanya pun membuat The Blues bisa merelakan kepergian Olivier Giroud musim ini.

Chelsea pun tak buru-buru menganggap Werner dan Havertz mandul mengingat keduanya masih muda, masih bisa berkembang. Itu menjadi alasan mengapa The Blues belum melirik penyerang anyar.

Konsep yang dimainkan Chelsea ini telah dilakukan sejak 2014 lalu hingga saat ini, meskipun kadang berujung kegagalan karena adanya kesalahpahaman dengan sosok pelatih. Contohnya pada 2017 di era Antonio Conte.

Dengan fakta tersebut, transfer Jules Kounde pun menjadi transfer bijaksana bagi Chelsea dalam membangun skuatnya untuk terus kompetitif.

Bursa TransferChelseaSevillaIn Depth SportsSepak BolaJules Kounde

Berita Terkini