x

Resmi Gabung PSG, Intip 5 Pencapaian Fenomenal Messi Bersama Barcelona

Selasa, 10 Agustus 2021 21:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

INDOSPORT.COM - Megabintang asal Argentina, Lionel Messi, akhirnya telah mencapai kesepakatan untuk bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG). Sejenak, mari intip 5 pencapaian fenomenalnya bersama Barcelona.

Lionel Messi akhirnya telah menemukan klub anyarnya setelah kontraknya dengan Barcelona berakhir. PSG menjadi klub yang memenangkan jasanya tersebut.

Kabar sepakatnya Messi bergabung PSG dikonfirmasi oleh pakar bursa transfer Eropa, Fabrizio Romano, dalam cuitan di media sosial Twitter pribadinya yang diunggah pada Selasa (10/08/21) petang WIB.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam cuitan tersebut, jurnalis yang sering mendengungkan jargon 'Here We Go' itu menjelaskan bahwa Messi telah sepakat untuk bergabung dengan PSG.

Bahkan, dalam beberapa laporan teranyar, Lionel Messi dilaporkan tengah terbang menuju Paris untuk diresmikan sebagai pemain baru Paris Saint-Germain.

Messi sendiri harus rela berpisah dengan Barcelona setelah raksasa Catalan tersebut gagal mematuhi ketetapan batas gaji yang ditetapkan otoritas LaLiga Spanyol.

Baca Juga
Baca Juga

Kendati Messi telah memangkas gajinya hingga 50 persen, tetap saja bebas gaji Barcelona membengkak sehingga La Pulga tak bisa bergabung.

Kepergian Messi dari Barcelona pun mengakhiri perjalanan manis 21 tahun La Pulga di Catalan. Kini, di usianya yang ke-34, ia akan bermain untuk PSG.

Sebelum diresmikan PSG, ada baiknya kembali mengenang 5 pencapaian terbaik Lionel Messi selama berseragam Barcelona. Berikut daftarnya.


1. Pencapaian Fenomenal Messi di Barcelona

Selebrasi Lionel Messi usai membawa Barcelona mengalahkan Real Madrid di semifinal Liga Champions,. 27 April 2011.

1. Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Barcelona

Messi meninggalkan Barcelona dengan peninggalan yang fenomenal yakni sebagai top skor sepanjang masa Blaugrana dengan torehan 672 gol hanya dalam 778 pertandingan lebih.

Status top skor sepanjang masa Barcelona ini juga membuat Messi mengalahkan catatan Pele sebagai pencetak gol terbanyak untuk satu klub.

Dengan 672 gol yang ia buat, Messi mampu mengalahkan catatan Pele yang mencetak 643 gol bersama Santos.

2. Pemain dengan Gelar Pichichi Terbanyak di LaLiga

Berkat total 474 gol yang ia cetak di LaLiga sejak berseragam Barcelona, Messi pun menjadi pemain yang paling banyak meraih Pichichi atau gelar top skor LaLiga.

Messi mendapat 8 gelar Pichichi tersebut yakni pada musim 2009/10, 2011/12, 2012/13, 2016/17, 2017/18, 2018/19, 2019/20, dan 2020/21.

3. Top Skor LaLiga Sepanjang Masa

Karena mendapat 8 gelar Pichichi atau pencetak gol terbanyak dalam satu musim LaLiga, Messi pun tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa kompetisi teratas Spanyol tersebut.

Hingga akhir musim 2020/21, Messi telah menorehkan 474 gol dalam 520 laga bersama Barcelona di La Liga Spanyol.

4. 92 Gol dalam 1 Tahun Kalender

Pencapaian terbaik Lionel Messi bersama Barcelona pertama tentu adalah kala dirinya mencetak 91 gol dalam satu tahun kalender di tahun 2012.

Dengan catatn itu, Messi berhasil mengalahkan catatan milik Gerd Muller yang mencetak 85 gol dalam satu tahun kalender pada tahun 1972.

Adapun, rincian dari 91 gol yang Messi di tahun tersebut di antaraya adalah 59 gol di LaLiga, 13 gol di Liga Champions, 5 gol di Copa del Rey, 2 gol di Piala Super Spanyol, dan 12 gol bersama Argentina.

5. Meraih 4 Ballon d’Or secara Beruntun

Messi mencetak rekor yang diyakini sulit disamai pemain lain yakni meraih empat gelar Ballon d’Or secara beruntun kala berseragam Barcelona.

Dari enam gelar Ballon d’Or yang telah diraihnya, empat di antaranya didapatkan secara beruntun yakni dari tahun 2009 hingga 2012.

BarcelonaLionel MessiParis Saint-GermainPSGBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini