x

Rincian Gaji Lionel Messi di PSG: Sepekan Bisa Beli 10 Rumah Subsidi!

Rabu, 11 Agustus 2021 17:41 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Isman Fadil
Lionel Messi resmi bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG).

INDOSPORT.COMLionel Messi diketahui telah resmi merapat ke Paris Saint-Germain (PSG) di bursa transfer musim panas ini secara gratis dari Barcelona.

Kontrak Messi yang habis pada akhir bulan Juni tahun 2021 kemarin gagal diperpanjang. Aturan salary cap LaLiga Spanyol membuat Messi ‘dipaksa’ untuk hengkang dari Barcelona.

Baca Juga
Baca Juga

Resmi bergabung dengan PSG, Messi yang akan memakai nomor punggung nostalgik 30 ini diikat dengan kontrak senilai 31,5 juta euro (sekitar Rp532 miliar) per musim selama dua musim dengan opsi perpanjangan semusim.

Nilai 31,5 juta euro (sekitar Rp532 miliar) tersebut adalah nilai kotor yang akan diterima oleh Messi. Setelah pajak, Messi diyakini akan menerima 25 juta euro (sekitar Rp422,2 miliar) per musim.

Messi berpeluang menerima 75 juta euro (sekitar Rp1,2 triliun) jika ia membela PSG selama tiga musim hingga kontraknya habis. Plus 25 juta euro (sekitar Rp422,2 miliar) yang sudah ia terima sebagai signing on fee setelah teken kontrak.

Artinya, Messi berpeluang menerima 100 juta euro (sekitar Rp1,6 triliun) dari gaji bersihnya sebagai pemain PSG selama tiga musim. Belum tambahan dari kontrak komersil, iklan, dan lain-lain.

Gaji yang Messi terima di PSG sendiri jauh lebih rendah dari gaji yang ia terima semasa masih berseragam Barcelona.

Selama masih membela Barcelona, Messi diketahui bisa menerima 52 juta euro (sekitar Rp878,2 miliar) per musimnya. Nominal yang membuatnya bertengger di daftar atlet dengan pendapatan tertinggi di dunia versi Forbes dan hanya kalah dari bintang UFC, Conor McGregor.

Baca Juga
Baca Juga

Jika dirinci, maka secara hitung-hitungan kasar Messi akan menerima gaji dari Paris Saint-Germain (PSG) sekitar:


1. Tiap Minggu Messi Bisa Beli 10 Rumah Subsidi

Lionel Messi semasa masih berseragam Barcelona.

Dengan gaji sebesar itu (meski jauh lebih rendah dari gajinya di Barcelona), Messi bisa saja membeli sebanyak-banyaknya 10 rumah subsidi tiap minggunya.

Dikutip dari Keputusan Menteri PUPR Nomor 24/KPTS/M/2020, harga rumah subsidi di Pulau Jawa (kecuali Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) dibatasi setinggi-tingginya Rp150.500.000.

Gaji Messi senilai sekitar Rp1,2 miliar per pekan itu tentu saja cukup untuk membeli sebanyak-banyaknya 10 rumah subsidi yang memiliki harga di bawah harga tertinggi yang telah ditetapkan tersebut.

Lionel MessiParis Saint-GermainPSGBola Internasional

Berita Terkini