x

Kerja Sama dengan 7 Universitas, PSSI Berencana Beri Beasiswa ke Pesepakbola Berprestasi

Rabu, 18 Agustus 2021 20:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
PSSI menjalin kerja sama dengan tujuh universitas untuk memajukan sepak bola di Indonesia.

INDOSPORT.COM - PSSI menjalin kerja sama dengan tujuh universitas untuk memajukan sepak bola di Indonesia. Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) dilakukan hari ini, Rabu (18/08/21).

Tujuh universitas tersebut adalah Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Malang, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan.

Kerja sama PSSI dengan ketujuh universitas itu meliputi pembinaan pemain, pelatih, dan wasit, pengembangan sport science sepak bola, dan pemanfaatan fasilitas kampus untuk Timnas Indonesia. Kerja sama itu berdurasi lima tahun ke depan.

Baca Juga
Baca Juga

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berharap kerja sama tersebut bisa memajukan sepak bola Indonesia. Dia menyebut kerja sama itu sesuai Instruksi Presiden No 3 tahun 2019 tentang Pembangunan Percepatan Sepak Bola Nasional.

"Tentunya kerja sama ini penting karena banyak pemain-pemain yang tumbuh di akademisi di Indonesia. Dengan pendidikan yang mumpuni, kami juga bisa menitipkan pelatih-pelatih yang profesional," kata Mochamad Iriawan dalam konferensi pers virtual, Rabu (18/8/2021).


1. Beasiswa

PSSI menjalin kerja sama dengan tujuh universitas untuk memajukan sepak bola di Indonesia.

Selain itu, ada juga rencana pemberian beasiswa pendidikan untuk pesepak bola berprestasi. Tapi, PSSI belum merinci soal wacana tersebut dan akan dibahas kemudian. 

Baca Juga
Baca Juga

"Nantinya kami akan melakukan pertemuan lanjutan terkait pola-pola apa yang akan dilakukan. Ini biasa dilakukan oleh negara-negara dan federasi lain sehingga tidak terlalu sulit," tutur. Mochamad Iriawan 

"Nanti begitu sudah satu frekuensi dengan teman-teman rektor tidak akan terlalu masalah. Kami akan lakukan karena tentunya sudah ada Pembantu Rektor (Purek) yang membidangi berkaitan dengan beasiswa ini," imbuh ketum PSSI.

Beasiswa untuk pesepak bola bukan hal baru. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pernah memberikan beasiswa pendidikan ke pemain Timnas Indonesia U-19 yang juara Piala AFF 2013 lalu.

PSSITimnas IndonesiaLiga IndonesiaMochamad IriawanShin Tae-yong

Berita Terkini