x

Tanpa Kepemimpinan Lionel Messi, Barcelona Disebut Tidak Lagi Disegani

Minggu, 22 Agustus 2021 20:15 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Athletic Bilbao vs Barcelona.

INDOSPORT.COM - Kepergian Lionel Messi rupanya tidak hanya berpengaruh pada Barcelona dari segi strategi, melainkan psikologi. Tanpa La Pulga kini lawan-lawan Los Cules tidak lagi merasa gentar sebelum bertanding.

Hal ini diutarakan sendiri oleh manajer Barcelona, Ronald Koeman. Ia bukannya sedang mencari alasan usai timnya ditahan Athletic Bilbao di jornada kedua LaLiga Spanyol, namun sosok Messi memang dirindukan oleh timnya.

Baca Juga
Baca Juga

Bertandang ke San Mames, markas Athletic Bilbao, Barcelona harus merasakan tertinggal lebih dahulu lewat aksi Inigo Martinez.

Mereka baru bisa merespons balik lewat Memphis Depay. Alih-alih terlecut mencari gol penentu kemenangan, tim tamu justru kehilangan Eric Garcia di masa injury time akibat kartu merah.

Skor 1-1 pun jadi hasil akhir duel ini. Satu poin yang dirasa sangat berharga di mata Koeman yang memuji permainan apik tuan rumah.

"Bukannya aku ingin membicarakan terus soal Messi, namun ia memang pemain terbaik dunia. Saat ia masih di Barcelona, lawan-lawan kami merasa ketakutan," papar Ronald Koeman seperti dilansir Goal.

Baca Juga
Baca Juga

"Jika bola diberikan padanya maka hampir bisa dipastikan lawan tidak bisa merebutnya. Anda bisa lihat jika mereka tahu Messi sudah tidak ada namun itu bukan sesuatu yang bisa kami ubah," cetusnya.

"Laga melawan Athletic adalah pertandingan bagus. Kamia saja yang sulit berbuat pada menit awal. Imbang adalah hasil adil dan aku tidak akan terlalu sedih karenanya," tambah entrenador berpaspor Belanda tersebut.


1. Coba Lebih Kolektif

Pemain-pemain Barcelona

Tak bisa lagi mengandalkan Lionel Messi membuat Barcelona coba bermain lebih kolektif. Formasi 4-3-3 kembali dihidupkan dengan Antoine Griezmann, Memphis Depay, dan Martin Braithwaite memimpin lini serang.

Walau baru tertahan oleh Athletic Bilbao, namun taktik ini sudah membuahkan hasil positif sebelumnya. Saat jumpa Real Sociedad di jornada pertama, El Barca mendulang tripoin berkat kemenangan 4-2 yang mengambil Camp Nou sebagai lokasi.

Tentunya menarik untuk mengikuti perkembangan Barcelona selanjutnya dalam upaya mereka melepaskan diri dari bayang-bayang Lionel Messi.

Terutama dengan sudah adanya bintang-bintang muda seperti Pedri dan Yusuf Demir. Sergio Aguero pun masih berpeluang didaftarkan ke dalam skuat bila pulih dari cederanya.

BarcelonaLionel MessiRonald KoemanAthletic BilbaoLiga Spanyol

Berita Terkini