x

Deretan Pencetak Gol Pertama di Era Liga 1: Local Pride Berjaya!

Sabtu, 28 Agustus 2021 18:35 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Laga pertandingan antara tim Bali United vs Persik Kediri jelang pembukaan BRI Liga 1 2021-2022 di stadion GBK.

INDOSPORT.COM – Melihat para pencetak gol perdana kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia sejak era Liga 1 bergulir, di mana pemain lokal sukses berjaya dan mendominasi.

Seperti diketahui, bahwa seluruh level sepak bola Indonesia termasuk Liga 1 sempat vakum lama akibat pandemi Covid-19 yang masih merajalela di Tanah Air.

Namun akhirnya pada Jumat (27/08/21) lalu, pekan perdana Liga 1 2021 resmi dibuka dengan hadirkan duel antara Bali United vs Persik Kediri.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno tersebut, kampiun Liga 1 musim lalu, Bali United sukses meraih kemenangan tipis 1-0.

Sempat bermain imbang tanpa gol sepanjang babak pertama, Bali United yang unggul materi permain akhirnya berhasil mengamankan angka penuh lewat gol semata wayang Muhammad Rahmat.

Masuk sebagai pemain pengganti, penyerang berusia 33 tahun itu sukses memaksimalkan umpan lambung di kotak penalti Persik dan menjaringkan bola menit 83’.

Selain sukses meraih kemenangan dan raih tiga poin perdana, keberhasilan Muhammad Rahmat mengoyak jala Persik juga hadirkan rekor pribadi buat sang pemain.

Pasalnya, Muhammad Rahmat kini masuk dalam daftar para pencetak gol perdana sepanjang sejarah Liga Indonesia era Liga 1.

Sebagai informasi, Liga Indonesia untuk era Liga 1 telah bergulir lima musim dengan yang pertama terjadi pada tahun 2017 silam.

Liga 1 sendiri menggantikan era Liga Super Indonesia yang sebelumnya mampu bertahan sejak musim 2018 hingga 2015. (Tahun 2016 kompetisi terhenti akibat sanksi FIFA).

Sepanjang lima musim bergulir, gelaran Liga 1 hasilkan beberapa catatan menarik salah satunya adalah para pemain lokal yang mendominasi daftar pencetak gol perdana.

Lantas siapa sajakah pemain tersebut? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Pada gelaran Liga 1 musim pertama yakni di tahun 2017 silam, pencetak gol pembuka dilesakkan oleh pemain muda Mitra Kukar, Septian David Maulana.

Bertanding di stadion 17 Mei, Banjarmasin, gelandang yang kini berusia 24 tahun itu sukses mencetak gol pada menit 12’ ke gawang Barito Putera.

Baca Juga
Baca Juga

Namun sayang, gol Septian David Maulana gagal membantu timnya menang lantaran Barito Putera sukses epic comeback lewat lesakkan Thiago Cunha (59') dan Dedi Hartono (77’).

Di musim berikutnya, pemain lokal kembali catatkan nama dalam daftar pencetak gol perdana Liga 1.


1. Pemain Asing Unjuk Gigi

Brian Ferreira pada laga melawan PSIS Semarang

Kali ini giliran ikon sepak bola Papua, Boaz Solossa yang berhasil menjaringkan bola pada menit ke-28 saat tim Mutiara Hitam menjamu Persela Lamongan.

Berbeda dengan musim sebelumnya, gol Boaz Solossa ini sukses membantu Persipura menang sekaligus memastikan tiga poin di pekan pertama Liga 1 2018.

Barulah di musim 2019 hingga 2020, pencetak gol perdana Liga 1 dihiasi nama asing. Mulai dari Brian Ferreira yang cetak gol buat PSS Sleman saat menghadapi Arema FC.

Serta Gaspar Vega, pemain asing Persik Kediri yang catatkan nama di papan skor lewat titik putih saat berjumpa Persebaya Surabaya di Stadion Stadion Gelora Bung Tomo.

Setelah absen dua musim, pemain lokal Indonesia akhirnya kembali masuk dalam daftar pencetak gol perdana Liga 1 lewat aksi Muhammad Rahmat di laga kontra Persik semalam.

Terdapat satu hal menarik dari statistik gol perdana Liga 1, di mana belum ada satu tim pun yang berhasil jadi juara pada akhir musim meski pemainnya jadi pencetak gol pembuka.

Pencetak Gol Perdana Era Liga 1

Liga IndonesiaLiga 1TRIVIABola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini