x

Gol Persipura ke Persita Sempat Dianulir, Media Asing Bela Keputusan Wasit

Minggu, 29 Agustus 2021 19:26 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor:
Gol Persipura ke Persita Sempat Dianulir, Media Asing Bela Keputusan Wasit.

INDOSPORT.COM - Ada kejadian unik dalam pertandingan pekan pertama Liga 1 2021-2022 saat Persipura Jayapura bersua Persita Tangerang, Sabtu (28/08/21) malam WIB.

Dalam laga tersebut, bomber asing Persipura Jayapura bernama Yevhen Bokhashvili sempat mencetak gol ke gawang Persita Tangerang pada menit ke-52.

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi, wasit bernama Fariq Hitaba menganulir gol tersebut karena dianggap menghalang-halangi kiper Persita, Try Hamdani. Keputusan wasit langsung mendapatkan sorotan netizen pecinta sepak bola di media sosial.

Kebanyakan dari mereka menganggap kalau wasit melakukan tindakan aneh. Namun media Negeri Jiran, Vocketfc, yang ikut menyoroti kejadian tersebut menganggap kalau Fariq Hitaba telah membuat keputusan tepat.

Media tersebut mengulas mengenai Law of the Game pasal 12 tentang fouls and misconduct (pelanggaran dan kelakukan yang tidak sopan), terutama pada poin ‘pelanggaran terhadap penjaga gawang’.

Baca Juga
Baca Juga

Ada dua poin penting yang tercantum di dalam peraturan tersebut yakni:

- Merupakan sebuah pelanggaran apabila seorang pemain menghalang-halangi penjaga gawang melepaskan bola dari tangannya.

- Pemain mesti dihukum karena bermain dengan cara yang berbahaya apabila dia menendang atau mencoba menendang bola pada saat akan dilepas oleh panjaga gawang (bola masih berada di tangan penjaga gawang).


1. Media Asing Bela Wasit yang Anulir Gol Yevhen Bokhashvili

Media Asing Bela Wasit yang Anulir Gol Yevhen Bokhashvili.

Dari dua poin di tersebut, dapat disimpulkan kalau penjaga gawang tidak bisa diganggu ketika hendak menendang bola dari tangannya.

Menghalang-halangi tetap dianggap sebuah pelanggaran, lalu menendang atau mencoba menendang akan mendapatkan kartu.

"Ini memang bisa dikategorikan mengganggu kiper, meski tidak ada kontak fisik. Malahan, jika ada kontak fisik atau mencoba menendang, Yevhen bisa mendapatkan kartu seperti yang dijelaskan pada poin kedua," tulis Vocketfc.

"Menurut penulis dengan pertimbangan dua poin pasal 12, keputusan wasit Fariq Hitaba sudah benar," imbuhnya.

Persita TangerangPersipura JayapuraWasitLiga IndonesiaLiga 1Yevhen Bokhashvili

Berita Terkini