x

4 Momen Deadline Bursa Transfer Liga Inggris, Ada yang Diwarnai Drama

Selasa, 31 Agustus 2021 17:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Berikut empat kejadian saat deadline bursa transfer Liga Inggris yang layak diingat.

INDOSPORT.COM - Deadline bursa transfer memang jadi kesempatan terakhir bagi klub untuk merekrut pemain idamannya.

Tidak jarang, sejumlah peristiwa terjadi pada menit-menit akhir, yang pada akhirnya membuat publik terperangah. Hal ini pun bukan barang baru lagi di industri sepak bola yang di sisi lain juga tidak lepas dari aroma bisnis.

Demikian halnya dengan apa yang terjadi di Liga Inggris, salah satu kompetisi sepak bola paling elite di dunia dengan jumlah animo penonton yang juga luar biasa.

Dalam beberapa tahun terakhir, Liga Inggris pun mencatatkan serangkaian peristiwa memorable alias tidak mudah terlupakan jelang pentupan bursa transfer musim panas, yang biasanya diketuk palu setiap tanggal 31 Agustus.

Musim ini, rumor kepindahan sejumlah bintang Premier League Liga Inggris memang sempat ramai mewarnai deretan pemberitaan transfer pemain.

Baca Juga
Baca Juga

Bahkan mungkin, ada segelintir orang di luar sana yang masih berdoa dalam hati agar transfer Harry Kane dari Tottenham Hotspur ke Manchester City bakal terwujud, terlepas dari ucapan sang pemain bahwa dirinya akan tetap tinggal.

Atau mungkin, para suporter setia Chelsea yang berharap klub kesayangannya bisa memboyong Jules Kounde dari Sevilla.

Seperti menang, kalah, dan seri, kejutan apa saja juga bisa terjadi di dunia sepak bola.

Nah, mari mengingat sekilas transfer-transfer apa saja yang sempat terjadi saat deadline bursa transfer di Liga Inggris. Adakah yang sampai bikin publik geleng-geleng kepala?

Baca Juga
Baca Juga

Wayne Rooney

Salah satu kepindahan pemain yang sempat menarik perhatian para pencinta dan penikmat Liga Inggris. Bagaimana tidak? Rooney, seorang putra daerah di Liverpool, hengkang dari Everton menuju Manchester United pada 2004.

Sebelum menerima tawaran Setan Merah, ia bahkan sempat diincar oleh Chelsea yang baru saja disokong dana oleh pengusaha kaya raya, Roman Abramovich.

Akan tetapi, faktor Sir Alex Ferguson-lah yang pada akhirnya berbicara. Rooney remaja yang masih berusia 18 tahun diboyong dengan nilai transfer 27 juta poundsterling pada saat itu. 


1. 3 Transfer Lainnya

Ashley Cole saat masih membela Chelsea.

Ashley Cole

Transfer Cole yang terjadi sekitar 15-16 tahun lalu ini sempat diwarnai drama usai sang pemain ketahuan menjalin komunikasi dengan Chelsea tanpa sepengetahuan Arsenal.

Pertemuan ‘ilegal’ pada tahun 2005 tersebut pun juga menyeret manajer Chelsea saat itu, Jose Mourinho, dan juga petinggi klub, Peter Kenyon.

Baik Chelsea maupun Mourinho sama-sama harus membayar denda. Sanksi serupa juga diberikan kepada agen Cole, Jonathan Barnett, yang juga mendapat tambahan hukuman berupa pencabutan izin kerja selama 18 bulan.

Namun pada akhirnya, Arsenal menjual Cole, dan William Gallas, ke Chelsea saat deadline transfer Agustus 2006. Nilai tranfsernya hanya di angka 5 juta poundsterling.

Dimitar Berbatov

Kepindahan Berbatov dari Tottenham Hotspur ke Manchester United sempat berlangsung penuh drama, yang melibatkan bos Spurs, Daniel Levy, dan tim negosiator Setan Merah.

Setelah merapat ke Manchester United, Berbatov tampil cukup lumayan sebagai pencetak gol yang rajin menceploskan bola ke gawang lawan.

Akan tetapi, ia mulai kehilangan tempat di skuat utama dan hengkang ke Fulham pada Agustus 2012.

Carlos Tevez dan Javier Mascherano

Sempat tidak terngiang di benak petinggi West Ham United, bahwa mereka akan mendatangkan dua pemain ini dari klub Brasil, Corinthians.

Namun pada Agustus 2006, transfer luar biasa ini pun terjadi. The Hammers pun jadi pusat perhatian lantaran berhasil mendatangkan duo prospek menjanjikan asal Argentina ini, terlebih setelah penampilan mereka di Piala Dunia.

Bursa TransferCarlos TevezWayne RooneyAshley ColeJavier MascheranoDimitar BerbatovBerita TransferBerita Liga InggrisBerita Bursa TransferTransfer Pemain