x

Belum Genap 17 Tahun, Ronaldo Kwateh Jadi Debutan Termuda di Liga 1

Sabtu, 4 September 2021 17:13 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Isman Fadil
Julius Kwateh dan Ronaldo Jaybera Kwateh.

INDOSPORT.COM - Pemain Madura United, Ronaldo Kwateh menjadi debutan termuda di Liga 1 Indonesia. Saat ini usianya masih menginjak 16 tahun.

Ronaldo Kwateh mendapatkan kesempatan dari pelatih Madura United, Rahmad Darmawan untuk melakukan debut di Liga 1 Indonesia.

Pemain keturunan Indonesia-Liberia itu menunjukkan tajinya dalam laga kontra Tira Persikabo yang berlangsung di Stadion Indomilk Sport Center, Tangerang pada, Jumat (03/09/21),

Baca Juga
Baca Juga

Meski tidak bermain penuh dalam laga tersebut, Ronaldo Kwateh sukses mencatatkan diri sebagai pemain debutan termuda di Liga 1.

Ronaldo kemudian digantikan oleh Bayu Gatra di menit ke-61. Laga kontra Madura United vs Tira Persikabo kemudian berakhir dengan skor imbang 1-1.

Madura United unggul lebih dahulu melalui gol Hugo Gomes di menit ke-40. Akan tetapi di babak kedua Tira Persikabo mampu menyamakan kedudukan setelah Ahmad Nufiandani mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-66.

Baca Juga
Baca Juga

Hasil tersebut membuat Madura United kini menduduki peringkat ke-5 dalam klasemen sementara Liga 1. Tim berjuluk Laskar Sape Kerrab itu mengoleksi satu poin. Sedangkan Tira Persikabo menduduki peringkat ke-4 dengan jumlah poin yang sama.

Ronaldo Kwateh sangat bahagia bisa mendapat kesempatan debut di pekan perdana Liga 1.

"Saya bersyukur diberikan kesempatan berlaga oleh pelatih. Saya senang dengan debut ini," ujar Ronaldo dilansir dari Antara.


1. Pemain Debutan Termuda di Liga 1

Ronaldo Jaybeera Kwateh menyumbang 2 gol dalam kemenangan Madura United 3-0 atas Madura FC di uji coba.

Ronaldo Kwateh menjadi pemain termuda yang pernah merumput di Liga 1 Indonesia. Saat melakukan debut, Ronaldo tercatat berusia 16 tahun 10 bulan 15 hari.

Putra dari pemain sepak bola asal Liberia, Roberto Kwateh itu sukses memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Mochammad Supriadi. Pemain sayap Persebaya Surabaya itu melakukan debut di usia 17 tahun tiga bulan satu hari.

Meski demikian, rekor pemain termuda di kompetisi sepak bola Indonesia masih dipegang oleh gelandang Persija Jakarta yakni Ramdani Lestaluhu. Ia menjalani laga profesional pertamanya bersama Persija pada usia 15 tahun.

Madura United FCLiga IndonesiaLiga 1Ronaldo Kwateh

Berita Terkini