x

Usai 'Teror' Timnas Indonesia, Ali Mabkhout Kini Samai Pele dan Salip Messi

Rabu, 8 September 2021 10:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Striker Timnas Uni Emirat Arab (UEA), Ali Mabkhout.

INDOSPORT.COM - Striker Uni Emirat Arab (UEA) yang pernah jadi pembawa mimpi buruk Timnas Indonesia, Ali Mabkhout, makin bersinar setelah menyamai rekor Pele dan menyalip Lionel Messi.

Bintang klub Al Jazira itu tampil impresif di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia saat melawan Suriah, Selasa (07/09/21).

Pertandingan yang berlangsung di Stadion King Abdullah tersebut berakhir imbang dengan skor 1-1. Ali Mabkhout adalah pencetak gol tunggal bagi UEA, begitu pula Mahmoud Al Baher untuk Timnas Suriah.

Dengan hasil imbang semalam, Suriah harus menerima nasib berada di posisi buncit klasemen Grup A putaran ketiga. Sementara itu, Uni Emirat Arab, meski punya Ali Mabkhout, masih kalah unggul dari Korea Selatan dan Iran.

Baca Juga
Baca Juga

Selama ini, Ali Mabkhout dikenal sebagai salah satu pemain yang namanya cukup berkibar di kancah sepak bola Asia dan juga terkenal di Timur Tengah.

Ia salah satu striker berbahaya yang bahkan sempat jadi ancaman dan mimpi buruk Timnas Indonesia. Hal ini sepertinya tidak mengherankan, mengingat Ali adalah pemuncak daftar top skor sementara Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Pemain berusia 30 tahun ini telah mencatatkan 12 gol, yang menempatkannya lebih unggul dari Yuka Osako dan Takumi Minamino (Jepang).

Seolah belum cukup dengat prestasinya yang impresif di ajang ini, Ali kembali menorehkan catatan hebat dalam kariernya, yakni menyejajarkan diri dengan legenda sepak bola Brasil, Edson Arantes do Nascimento alias Pele.

Baca Juga
Baca Juga

Di pertandingan Suriah vs Uni Emirat Arab semalam, gol tunggal Ali membuatnya selevel dengan Pele di kategori international top goalscorer sepanjang sejarah.

Mereka kini sama-sama menempati peringkat tujuh dengan 77 gol. Bahkan, Ali sukses menyalip catatan eks Barcelona yang kini membela Paris Saint-Germain, Lionel Messi (76 gol).

Pencapaian ini pun tentu menambah panjang prestasi Ali Mabkhout sebagai striker andal Uni Emirat Arab yang ditakuti di sepak bola Asia.


1. Makin Bersinar

Striker UEA, Ali Mabkhout (kanan).

Popularitas Ali Mabkhout yang makin menanjak usai menyamai catatan Pele dan menyalip Lionel Messi pun seperti sudah ‘diramalkan’ sejak jauh-jauh hari.

Ia bukan pemain yang tahu-tahu jadi populer tanpa asal-usul yang jelas atau viral tanpa alasan. Pasalnya, sepak terjang Ali sudah diperhatikan ketika ia tampil di Piala Dunia Antarklub 2017 melawan Real Madrid.

Penampilannya saat itu pun bahkan sampai menarik perhatian seorang legenda seperti Zinedine Zidane untuk melempar pujian.

“Dalam sepak bola, selalu ada saingan. Mereka bisa mencetak gol dan melakukan perlawanan, dan mereka melakukannya dengan baik,” kata Zidane usai pertandingan, seperti pernah diwartakan laman Albawaba.

Zidane pun menunjuk Ali Mabkhout, Romarinho, dan Mbark Boussoufa sebagai pemain yang tampil apik malam itu.

Namun sebelum jadi buah bibir saat melawan Real Madrid, torehan prestasi Ali sejatinya sudah mentereng duluan baik di level klub bersama Al Jazira maupun di Timnas Uni Emirat Arab.

Di Al Jazira misalnya, Ali telah menggondol gelar UAE Pro League dan UAE President's Cup. Musim lalu saja, ia lagi-lagi tampil sebagai juara liga bersama klubnya.

Sampai detik ini, nama Ali Mabkhout jelas masih diperhitungkan sebagai salah satu pesepak bola paling bersinar di Asia dan Timur Tengah.

Tentu patut dinanti apakah Ali akan membuat kejutan-kejutan lain nantinya. Bukanlah sebuah misi yang tidak mungkin, mengingat pemain yang satu ini selalu ‘rajin’ mencatatkan namanya di daftar pencetak skor Uni Emirat Arab.

Selanjutnya, Timnas UEA diagendakan berjumpa pesaing berat mereka di Grup A, Iran, pada tanggal 7 Oktober 2021. 

PeleLionel MessiUni Emirat ArabTimnas IndonesiaAli MabkhoutKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini

Berita Terpopuler