x

5 Kiper yang Pernah Jadi Top Skor untuk Klubnya

Sabtu, 11 September 2021 11:14 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Rodrigo Ceni penjaga gawang Sao Paulo.

INDOSPORT.COM – Tugas utama kiper adalah menjaga gawang dari kebobolan. Namun, sederet penjaga gawang ini malah juga bertugas sebagai pencetak gol sehingga menjadi top skor klub.

Semua pecinta sepak bola pasti sepakat bahwa menjaga gawang dan mencetak gol adalah hal berseberangan. Sehingga sulit bagi seorang kiper mencetak gol atau bagi pemain lain untuk menjadi seorang kiper.

Akan tetapi tetap saja ada kiper yang kerap membantu serangan baik itu lewat golnya atau lewat gaya bermainnya yang unik.

Baca Juga
Baca Juga

Di sepak bola modern ini ada nama Manuel Neuer yang mempopulerkan kembali peran Sweeper Keeper di mana seorang penjaga gawang juga harus berkontribusi dalam menyerang.

Kontribusi itu dilakukan Neuer lewat akurasi umpannya atau pun ketenangannya saat mendapat bola dari kaki rekannya.

Dengan hadirnya peran Sweeper Keeper, maka sebuah tim akan unggul di mana permainan akan berjalan 11 melawan 10.

Selain berkontribusi dengan umpan atau operan, kiper juga bisa berkontribusi dalam menyerang lewat gol-golnya terutama di menit-menit krusial.

Baca Juga
Baca Juga

Sebagai contoh ada gol Alisson Becker yang membawa Liverpool menang di detik-detik akhir pertandingan pasca tandukannya menjebol gawang West Bromwich Albion musim lalu.

Berbicara soal kiper mencetak gol, terdapat beberapa kiper di dunia ini yang rutin mencetak gol setiap laga sehingga ia menjadi top skor untuk klubnya. Memang ada?

Berikut 5 kiper yang tak hanya andal mengawal gawang namun juga andal mencetak gol sehingga menjadi top skor klubnya dalam satu musim.


1. Kiper yang Jadi Top Skor Klub

Mantan kiper TImnas Paraguay, Jose Luis Chilavert.

Carlos Alberto Fenoy Muguerza ini merupakan seorang pemain yang serba guna. Ia bisa bermain sebagai kiper dan juga gelandang.

Karena tergolong permain versatile, Carlos Fenoy pun pernah menjadi top skor untuk klubnya, Celta Vigo di musim 1976-1978.

Total 5 gol dicetak olehnya di mana 4 gol di antaranya dari titik putih dan 1 gol lainnya ia cetak memanfaatkan bola Rebound.

Sayangnya, kontribusi gol Fenoy tak mampu membawa Celta Vigo bertahan di kasta teratas sehingga harus terdegradasi di akhir musim.

Sebelum Neuer, Jerman punya kiper yang andal memainkan kakinya pada sosok Hans-Jorg Butt. Ia dikenal sebagai eksekutor penalti ulung yang membawanya menjadi top skor klub.

Hal tersebut terjadi di musim 1999/00 kala dirinya membela Hamburg. Saat itu, eks kiper Bayern Munchen ini mencetak 9 gol di mana semua gol tersebut ia cetak lewat titik putih.

Karena 9 gol itu, Butt pun menjadi top skor klub bersama dua penyerang Hamburg lainnya. Tak cukup sampai di situ, berkat golnya pula Hamburg bisa finis di posisi ke-3 Bundesliga Jerman.

Jose Luis Chilavert dikenal sebagai kiper haus gol pula. Bahkan namanya masuk dalam daftar kiper dengan torehan gol terbanyak sepanjang masa.

Keahliannya dalam mencetak gol terlihat saat Chilavert menjadi top skor klub dalam satu musim kompetisi di mana saat itu ia membela Velez Sarsfield pada musim 1997/98.

Kala itu, Chilavert mencetak 10 gol yang membuatnya otomatis menjadi top skor klub di musim tersebut.

Dari Inggris, ada nama Tony Read yang pernah menjadi top skor klub kendati dirinya berposisi sebagai kiper.

Total 12 gol dicetak oleh Tony Read bersama Luton Town di musim 1965/66. Namun, terdapat sedikit keganjalan dari status ini.

Pasalnya, Tony Read mencetak 12 gol itu dari posisi sebagai striker. Memang ia merupakan pemain yang bisa berperan sebagai kiper dan striker.

Jadi saat itu, Luton Town membutuhkan striker dan dipasanglah Read dalam 20 pertandingan di mana ia berhasil melesakkan 12 gol.

Setelahnya, ia kembali bermain sebagai kiper. Alhasil catatan itu membuatnya menjadi top skor klub dengan status penjaga gawang.

Tak lengkap rasanya bila di daftar ini tak ada nama Rogerio Ceni, kiper dengan jumlah gol terbanyak sepanjang masa.

Gol-gol yang dicetak Ceni umumnya hadir lewat situasi bola mati seperti penalti dan tendangan bebas. Karena kemampuan tersebut, ia pernah menjadi top skor klubnya, Saol Paulo di tahun 2005.

Ceni mencetak 21 gol di berbagai ajang di mana 10 di antaranya di cetak di kancah liga dan membuatnya masuk daftar top skor.

Tak cukup sampai situ, berkat golnya Ceni berhasil membawa Sao Paulo menjuarai Copa Libertadores, Piala Dunia Antarklub, dan Campeonato Paulista.

Rogerio CeniKiperJose Luis ChilavertBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini