x

Dua Calon Pelatih Atletico Madrid yang Bisa Jadi Legenda seperti Simeone

Minggu, 12 September 2021 17:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih legendaris Atletico Madrid, Diego Simeone.

INDOSPORT.COM - Diego Simeone sudah jadi sosok penting bagi klub LaLiga Spanyol, Atletico Madrid. Eksistensinya saat ini sangat sulit digantikan.

Ketika banyak klub yang kerap bergonta-ganti pelatih dalam kurun waktu beberapa tahun, bahkan bulan, Atletico Madrid tetap menggunakan jasa Diego Simeone sejak 2011 dan belum berpaling ke pelatih lain.

Menangani Los Rojiblancos selama satu dekade, Simeone berpotensi jadi Arsene Wenger atau Sir Alex Ferguson-nya LaLiga Spanyol. Untuk mencapai level legenda, yang harus ia lakukan adalah terus menambah jam terbangnya sebagai seorang pelatih.

Simeone pertama kali menginjakkan kaki di Atletico Madrid pada Desember 2011 menggantikan Gregorio Manzano.

Baca Juga
Baca Juga

Mungkin pada waktu itu, pelatih kelahiran Argentina tersebut tidak menyangka akan bertahan begitu lama menangani klub ini. Ada kemungkinan ia dipecat atau mundur jika tim yang ditanganinya tampil buruk dan payah.

Akan tetapi, skenario tersebut tidak terjadi, walaupun baru sekali memenangkan gelar LaLiga Spanyol (2013-2014) sebelum meraihnya lagi musim lalu.

Di tangannya, Atletico Madrid dalam beberapa tahun terakhir menjelma sebagai salah satu pesaing kuat Real Madrid dan Barcelona yang kerap mendominasi kompetisi sepak bola Spanyol dari masa ke masa.

Pada musim pertamanya di Atletico Madrid saja, Diego Simeone sudah menyumbang gelar Liga Europa usai mengalahkan Athletic Bilbao di final Bucharest. Tidak heran publik dan penggemar kemudian menaruh harapan besar padanya.

Baca Juga
Baca Juga

Apalagi, ia juga pernah membela Atletico Madrid sebagai pemain, yakni pada periode 1994 s.d. 1997 dan 2003 s.d. 2005. Saat masih berseragam Los Rojiblancos pun ia telah merasakan raihan trofi LaLiga dan Copa del Rey.

Selama perjalanan kariernya sebagai pelatih, Simeone berhasil membawa Atletico Madrid tampil sebagai finalis nyaris setiap tahun.

Mulai dari Liga Europa 2011-2012 dan 2017-2018, Piala Super Eropa 2012 dan 2018, Copa del Rey 2012-2013, LaLiga Spanyol 2013-2014, dan Supercopa de Espana 2014 berhasil dimenangkannya.

Selebihnya, ia turut mengantarkan Atletico Madrid ke final Liga Champions 2013-2014 dan 2015-2016 namun gagal menang.


1. 2 Calon Pelatih Legendaris di Atletico Madrid seperti Simeone

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.

Usai berhasil membawa Atletico Madrid jadi kampiun LaLiga Spanyol 2020-2021, eksistensi Diego Simeone pun terasa semakin nyata.

Orang-orang pun mungkin akan bertanya-tanya, bakal seperti apa sosok penggantinya di Atletico Madrid mendatang.

Kini berusia 51 tahun, Diego Simeone tercatat sudah satu dekade menangani Los Rojiblancos. Suatu hari nanti, pria kelahiran Buenos Aires tersebut pasti akan pergi dari Atletico Madrid, entah kapan.

Jika membicarakan calon pengganti Simeone, tentu nama-nama besar pelatih top dunia pasti akan terseret. Akan tetapi, bagaimana dengan sosok yang berasal dari Atletico Madrid itu sendiri?

Dan seandainya harus menyebut beberapa, mungkin dua figur ini bisa jadi pertimbangan. Fernando Torres dan Gabriel Fernandez Arenas alias Gabi.

 Fernando Torres (kiri) dan Diego Simeone.

Baik Torres maupun Gabi adalah tokoh penting di balik kejayaan Atletico Madrid. Nama yang pertama, meraih popularitas bersama Los Rojiblancos pada masa-masa sulitnya dahulu.

Jika mengingat Torres, Atletico Madrid mungkin jadi klub yang paling sering disebut, selain Liverpool. Tidak akan banyak yang akan menyangjungnya sebagai mantan pemain Chelsea atau AC Milan.

Itu semua berkat kehadiran El Nino yang bersinar saat berseragam Los Rojiblancos. Ia juga sangat dicintai publik Metropolitano.

Kans Torres untuk menjadi pelatih tim utama Atletico Madrid pun terbuka lebar, mengingat saat ini ia sedang menangani tim muda mereka di Juvenil A. Selain itu, El Nino juga belajar banyak sebagai juru taktik dari Simeone.

Gabi Fernandez berseragam Atletico Madrid.

Ada Torres, ada pula Gabi, yang punya aura kepemimpinan luar biasa di skuat Los Rojiblancos. Ia telah membimbing rekan-rekannya melalui periode luar biasa Atletico Madrid sebelum hengkang ke Al Sadd pada 2018.

Sosok yang mengumumkan pensiun pada 2020 lalu ini juga akan disambut baik jika suatu hari nanti melatih Atletico Madrid, baik itu sebagai pengganti Simeone atau bukan.

Atletico MadridFernando TorresLaLiga SpanyolDiego SimeoneGabiLiga SpanyolBerita Liga Spanyol

Berita Terkini