x

Profil Klub Liga 2 2021: PSMS Medan, Mengejar Ambisi yang Tertunda

Minggu, 19 September 2021 13:52 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Herry Ibrahim
Profil Klub Liga 2 2021, PSMS Medan.

INDOSPORT.COM - Kick-off Liga 2 2021 semakin di depan mata. Kompetisi kasta kedua tersebut dijadwalkan mulai bergulir 26 September mendatang.

Wakil satu-satunya Sumatra Utara di Liga 2, PSMS Medan, diprediksi mengejar ambisi yang tertunda di musim lalu. Sebab ambisi untuk meraih tiket promosi ke Liga 1 gagal terlaksana karena semua kompetisi dibatalkan karena pandemi virus Corona.

Hal itu disematkan karena musim lalu PSMS bisa dikatakan sebagai 'dream team' atau dihuni nama-nama beken, mulai dari pemain hingga juru taktik.

Musim lalu, klub berjuluk Ayam Kinantan itu sukses mengamankan sejumlah nama beken seperti Agung Prasetyo, Ferdinand Sinaga, OK John, Immanuel Wanggai, hingga pelatih bertangan dingin Gomes de Olivera. Sayang kompetisi dibatalkan.

Baca Juga
Baca Juga

Meski begitu, PSMS masih dihuni sejumlah pemain mereka musim lalu. Sebut saja nama Rachmad Hidayat, Yohanis Nabar, Elina Soka hingga penjaga gawang Abdul Rohim.

Menyongsong bergulirnya Liga 2 musim ini, klub berjuluk Ayam Kinantan ini tergabung dalam Grup A yang dihuni tim-tim asal Sumatra lainnya, yakni PSPS Riau, KS Tiga Naga, Semen Padang, Sriwijaya FC dan Muba Babel United.

Namun sayang, ambisi PSMS untuk main di rumah sendiri (Stadion Teladan) gagal karena Sriwijaya FC dengan home base-nya Stadion Gelora Jakabaring, terpilih menjadi tuan rumah untuk putaran pertama penyisihan Grup A.

"Kurang menguntungkan (main di luar kandang). Tapi kalau secara pertandingan, di mana saja kami siap dan saya kira PSMS kalau main di luar, trennya makin baik," ujar Manajer PSMS, Mulyadi Simatupang, kepada awak media, beberapa waktu lalu.


1. Materi Pemain

Calon pemain naturalisasi PSMS Medan, Mamadou Hady Barry usai mencetak gol ke gawang PSPS pada laga uji coba.

Seperti disinggung sebelumnya, PSMS musim ini mayoritas masih diperkuat sejumlah pemain mereka musim lalu.

Namun tak kalah mentereng seperti musim lalu, musim ini PSMS pun sukses mendaratkan nama-nama tenar lainnya. Seperti I Gede Sukadana, Ghozali Muharam Siregar, hingga duo stoper anyar, Joko Susilo dan M. Fisabilillah.

Tidak hanya itu, PSMS juga sukses mendapatkan servis pemain terbaik Liga 2 2018, Ichsan Pratama, dan memulangkan kembali top skor klub PSMS di Liga 2 2019 lalu, yakni Ilham Fathoni.

Baca Juga
Baca Juga

"Bisa saya katakan tim sudah 100 persen siap. Rencana kita akan berangkat ke Palembang tanggal 24 (September) nanti," tutur Mulyadi, kepada awak media, Sabtu (18/09/21).

Bahkan, lanjut Mulyadi, pihaknya semakin siap andai calon pemain naturalisasi mereka, Mamadou Hady Barry (status prakontrak), sudah selesai disumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sebelum kick-off Liga 2.

"Itu menjadi sebuah bonus bagi kita andai dia sudah di sumpah sebelum kick-off. Tapi tidak adapun, saya kira tim ini sudah sangat siap," sambungnya.


2. Skuat PSMS Medan Liga 2 2021

Starting eleven klub Liga 2, PSMS Medan.

Kiper : Abdul Rohim, Herlian Arif Laksono, Sendri Johansyah.

Belakang : Afiful Huda, M. Harry Fatwa Nasution, Hamdi Sula, Syaiful Ramadhan, Wiganda Pradika, Gusti Sandria, Joko Susilo, M. Fisabilillah, Rizky Abdiansyah.

Tengah : I Gede Sukadana, Elina Soka, Yoga Eka Firmansyah Hera, Yudhi Aditya, Abelia Tacchinardi, Ichsan Pratama, Ghozali Muharam Siregar, Yohanis Nabar, Rachmad Hidayat.

Depan : Ilham Fathoni, Fiwi Dwipan, Rizky Sena, Nanang Asripin, Mamadou Hady Barry (masih menunggu sumpah WNI).

Pelatih : Ansyari Lubis.

Baca Juga
Baca Juga

Di musim ini, klub kebanggaan Kota Medan ini menunjuk pelatih putra daerah, Ansyari Lubis. Tentu nama tersebut tak asing bagi pecinta sepak bola tanah air. Sebab sang pelatih pernah menjadi pemain Timnas senior Indonesia di era tahun '90-an.

Pelatih yang akrab disapa Uwak itu bisa dikatakan naik kelas. Sebab di musim lalu, dirinya menjadi asisten Gomes de Olivera. Selain itu, Ansyari tak asing lagi bagi PSMS. Karena pernah menjadi asisten pelatih PSMS pada 2016 lalu.

Dipercaya menahkodai PSMS, Ansyari didampingi tiga asisten, yakni M. Halim (pelatih kiper), Ridwan Saragih (pernah jadi asisten pelatih PSMS 2017) dan Legimin Raharjo yang naik kelas menjadi asisten pelatih.

Namun dalam beberapa tahun terakhir sebelum kembali ke PSMS, pelatih berlisensi A AFC ini lebih banyak menukangi klub-klub Liga 3 Sumatra Utara, seperti PSDS Deli Serdang dan Karo United.

Pemain Bintang : Rachmad Hidayat

Nama Rachmad Hidayat sepertinya masih layak dan pantas mengisi status ini. Sebab peran sentralnya untuk mengobrak-abrik lini pertahanan lawan masih sangat ciamik.

Hal itu dinilai menilik di sejumlah laga uji coba yang digelar PSMS, peran eks pemain Persija Jakarta dan Persib Bandung ini tak tergantikan.

Tidak hanya itu, peran Rachmad Hidayat diyakini kian maksimal di bawah asuhan Ansyari Lubis. Sebab keduanya sudah pernah bekerjasama sebelumnya di klub Pro Duta pada 2013-2014 silam.

PSMS MedanLiga IndonesiaLiga 2Berita Liga 2

Berita Terkini