x

Jesse Lingard, Gelandang Terbuang Man United yang Selamatkan Muka Solskjaer

Selasa, 21 September 2021 15:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Selebrasi Lingard mencetak gol pertamanya

INDOSPORT.COM – Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer perlu berterima kasih kepada Jesse Lingard. Gelandang terbuang asal Inggris ini bisa jadi penyelamat sang pelatih yang kini tengah jadi sorotan.

Pekan lalu, Ole Gunnar Solskjaer dihujani kritik setelah Manchester United digempur oleh juara Liga Swiss, Young Boys, 1-2 pada laga pembuka penyisihan Grup F Liga Champions, di Swiss.

Baca Juga
Baca Juga

Ketika Manchester United perlu penampilan agresif guna meraih tiga poin kemenangan, pelatih asal Norwegia itu justru menarik dua pemain kunci, yakni Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes.

Kedua pemain ini digantikan oleh Nemanja Matic dan Jesse Lingard pada menit ke-72. Namun, keputusan tersebut malah membuat Young Boys semakin mendominasi.

Puncaknya, Jesse Lingard membuat blunder dengan backpass tanggung di menit ke-94. Bola direbut Theoson-Jordan Siebatcheu Pefok dan dituntaskan dengan sepakan jarak dekat. Young Boys pun menang 2-1.

Hasil itu tak hanya membuat Manchester United kehilangan poin dan menduduki posisi juru kunci Grup F Liga Champions, juga membuat Solskajer menuai kritik atas keputusannya soal pergantian pemain.

Sementara, Lingard dianggap sebagai biang kerok atas kekalahan Manchester United tersebut. Meski begitu, Solskjaer tetap membela pemain jebolan akademi Man United itu.

Dalam pernyataan resminya, Solskjaer menyebut Lingard layak bermain di pertandingan tersebut karena telah menunjukkan kualitasnya saat dipinjamkan ke West Ham.

Pembelaan Solskjaer terhadap Lingard ini dibuktikan dengan keputusannya memainkan sang pemain saat bertandang ke markas West Ham untuk lanjutan Liga Inggris pekan keempat, Minggu (19/09/21).

Bermain di London Stadion dengan status ‘penyebab kekalahan tim di Liga Champions’, Lingard yang dimainkan sebagai pengganti justru berubah sebagai pahlawan bagi kemenangan tim.

Ya. Laga tersebut akhirnya dimenangkan Manchester United dengan skir 2-1. Said Benrahma membuka keunggulan West Ham pada menit ke-30.

Namun, Cristiano Ronaldo mampu mencetak gol penyeimbang lima menit kemudian. Lingard, yang masuk pada babak kedua, mencetak gol kemenangan Man United pada menit ke-89.

Kemenangan mengubah nasib Lingard yang awalnya dikritik habis-habisan jadi banjir pujian.  Selain itu, Lingard juga diyakini telah menyelamatkan muka Solskjaer atas keputusan taktisnya yang dianggap aneh.

Menurut Sun Sport, Solskjaer kini menyandang status status pelatih ‘raja pergantian pemain’ berkat gol yang dilesakkan Lingard dalam kemenangan atas West Ham kemarin.

Dipahami, sejak Solskjaer menggantikan Jose Mourinho di Old Trafford pada Desember 2018, tidak ada tim Liga Inggris lain yang mencetak lebih banyak gol dari pemain pengganti di semua kompetisi  selain Man United.

Sejak kedatangan mantan pelatih Molde ini, Manchester United telah berhasil mencetak 38 gol, tiga lebih banyak dari rivalnya Manchester City.

Baca Juga
Baca Juga

Arsenal berada di urutan ketiga dalam daftar dengan 29 gol dari kompetisi Eropa dan domestik. Sementara Liverpool di bawah arahan Solskjaer mencentak 28 gol dari pemain cadangan.

Sementara, juara bertahan Liga Champions Chelsea melengkapi daftar lima besar yang mencetak 23 gol dari pemain pengganti.


1. Lingard Juga Bisa Bikin Solskjaer Dilema

Selebrasi Jesse Lingard usai mencetak gol di laga Liga Europa Manchester United vs LASK

Kembali pada Lingard yang telah menjadi pahlawan tim meski hanya dari bangku cadangan, masalah ini tentunya bisa membuat Solskjaer menghadapi dilema besar.

Laporan dari Express menyebutkan jika Solskjaer saat ini berada dalam dilema dan harus segera memutuskan siapa yang layak menemani Cristiano Ronaldo di lini depan Manchester United.

Bukan hal yang mudah mengingat lini depan Manchester United saat ini diisi oleh nama-nama top seperti Edinson Cavani, Jadon Sancho, Anthony Martial, Mason Greenwood, dan Marcus Rashford.

Lingard sendiri saat ini telah mencetak 2 gol dari 3 penampilannya selama 45 menit bersama Manchester United di Liga Inggris 2021/22.

Catatan ini bisa jadi hal yang positif sejak kepulangannya dari masa pinjaman di West Ham musim panas ini. Dipinjamkan pada Januari 2021, Lingard seolah langsung haus gol bersama skuat David Moyes.

Dari performanya selama separuh musim itu, Lingard menampilkan aksi-aksi ciamik. Setidaknya, sudah ada sembilan gol dan lima assist yang berhasil dia sumbangkan selama total 15 penampilan bersama West Ham.

Jika dibandingkan dengan performa Lingard bersama MU musim lalu, ia hanya mampu mencetak satu gol saja dari 22 penampilan pada musim 2019/2020.

Mungkinkah, Lingard bakal dipercaya Solskjaer masuk ke tim utama secara reguler musim ini jika dirinya mampu mempertahankan performa apiknya saat ini?

Hal ini hanya akan terlihat saat dirinya tampil sebagai starter dan tampil apik ketika Manchester United kembali menghadapi West Ham untuk putaran ketiga Piala Liga Inggris, Kamis (23/09/21) mendatang.

Manchester UnitedWest Ham UnitedOle Gunnar SolskjaerJesse LingardLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini