x

Bedah Formasi Barcelona Jika Dilatih Erik Ten Hag, Kejayaan Tiki-Taka Kembali?

Selasa, 5 Oktober 2021 23:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Bedah Formasi Barcelona Jika Dilatih Erik Ten Hag, Kejayaan Tiki-Taka Kembali?

INDOSPORT.COM - Melihat formasi yang bakal digunakan Barcelona andai Erik Ten Hag resmi gantikan Ronald Koeman sebagai pelatih kepala musim depan. Taktik Tiki-Taka kembali berjaya?

Pasca ditinggal Lionel Messi yang pindah ke PSG, raksasa Liga Spanyol Barcelona memang belum menunjukkan performa yang impresif.

Teranyar, di kompetisi Liga Champions mereka baru saja kalah 0-3 di penyisihan fase grup kontra Benfica.

Baca Juga
Baca Juga

Hasil tersebut membuat Blaugrana kini jadi juru kunci dengan raihan 0 poin dari dua pertandingan.

Sementara di Liga Spanyol, mereka baru saja dikalahkan Atletico Madrid akhir pekan lalu dan kini terpuruk di peringkat 9 klasemen sementara.

Situasi ini pun membuat nasib pelatih Ronald Koeman di ujung tanduk. Ia disebut bakal segera dipecat dengan sejumlah nama masuk bursa kandidat penggantinya, mulai dari Xavi Hernandez, Roberto Martinez, hingga Andrea Pirlo.

Meski demikian, sosok yang akhirnya jadi pengganti Koeman adalah sesama pelatih asal Belanda.

Dilansir Barca Universal, Blaugrana telah mencapai kesepakatan dengan Erik ten Hag untuk menjadi pelatih baru mereka.

Namun, laporan itu menyebut bahwa Ten Hag baru akan datang pada Juni 2022 nanti atau pada akhir musim ini.

Lebih lanjut, pria Belanda itu juga disebut telah meminta kepada Barcelona agar mendatangkan 5 pemain baru yang ia inginkan.

Meski belum ada pernyataan resmi dari kubu Barcelona, akan tetapi menarik dibahas tentang potensi formasi Blaugrana andai dilatih Erik Ten Hag musim depan nanti.

Sepanjang masa jabatannya sebagai pelatih Ajax Amsterdam, Erik Ten Hag terkenal dengan gaya mainnya yang ofensif dan hampir mirip tiki-taka khas Barcelona.

Melansir dari laman themastermindsite.com, disebutkan bahwa Erik Ten Hag kerap menggunakan taktik 4-3-3 dan mengandalkan umpan-umpan pendek untuk membuka ruang di pertahanan lawan.

Erik Ten Hag, Calon Pelatih Barcelona

Fakta bahwa Erik Ten Hag pernah menjadi asisten Pep Guardiola di Bayern Munchen, membuat pelatih asli Belanda ini paham betul cara memainkan Total Football yang menjadi dasar tiki taka.

Sama seperti kebanyakan tim yang memainkan gaya tiki-taka, dalam permainan Erik Ten Hang juga memanfaatkan dua gelandang sebagai poros dan pengatur serangan.

Satu gelandang akan bertugas sebagai deep lying-playmaker sekaligus libero modern, sementara satu gelandang lain bersifat defensive untuk menjaga kedalaman.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam taktik 4-3-3 miliknya, Erik Ten Hag menggunakan tiga gelandang yang masing-masing tugasnya adalah deep lying-playmaker, box-to-box dan defensive midfielder.

Ketiga pemain tersebut jadi penghubung lini belakang ke depan, ataupun pemantul bola dalam permainan satu-dua.

Selain itu, para gelandang juga bisa merangsek masuk ke kotak penalti lawan dan mengeksekusi peluang yang ada.


1. Barcelona Ala Erik Ten Hag

Erik Ten Hag, Pelatih Belanda calon Pengganti Ronald Koeman di Barcelona

Jika melihat skuat Barcelona yang ada saat ini (dan jika Blaugrana gagal mendatangkan lima pemain incaran Erik Ten Hag), berikut perkiraan formasi yang bakal diterapkan tim Catalan bersama Tan Hang.

Untuk sisi pertahanan sepertinya tidak akan banyak perubahan. Dengan menggunakan empat pemain bertahan, tampaknya lini belakang Barcelona akan sama seperti era Luis Enrique, Ernesto Valverde hingga Quique Setién yang juga memainkan skema empat bek.

Sosok Marc-André ter Stegen diprediksi masih jadi andalan, sementara Jordi Alba, Gerard Piqué, Samuel Umtiti dan Sergino Dest akan jadi kuartet pertahan Barcelona arahan Erik Ten Hang.

Perbedaan mungkin muncul di lini depan. Pada era Ronald Koeman, barisan gelandang diisi oleh Coutinho, Nico González dan Sergio Busquets, akan tetapi bersama Erik Ten Hag posisi tengah Barcelona akan ditempati Frenkie de Jong, Sergio Busquets dan Riqui Puig.

Sang kapten Sergio Busquets bakal jadi defensive midfielder, sementara Frenkie de Jong yang di taktik Koeman dipaksa bermain melebar akan kembali ke posisi awalnya yakni central midfielder bersama Riqui Puig.

Skuad Barcelona.

Riqui Puig dalam beberapa musim sebelumnya memang cukup impresif saat jadi penyuplai bola. Sang pemain juga kerap jadi kunci tim dalam melakukan fast break.

Terakhir adalah sektor penyerang, trio Memphis Depay, Sergio Aguero dan Ousmane Dembele tampaknya jadi yang paling mungkin buat dimainkan Erik Ten Hag.

Memphis Depay akan kembali ke posisi awalnya sebagai second striker di area wide kiri, sementara di kana ada Ousmane Dembele. 

Andai cedera, Ousmane Dembele bisa diganti dengan beberapa pemain yang punya kecepatan seperti Philippe Coutinho, Ansu Fati hingga Martin Braithwaite.

Di ujung tombak, Sergio Aguero dengan segala pengalaman mentas di Liga Inggris bisa jadi opsi utama buat Erik Ten Hang.

Nama Sergio Aguero merupakan pilihan terbaik di skuat Barcelona saat ini daripada Luuk de Jong yang belum teruji.

BarcelonaRonald KoemanLiga SpanyolBerita Liga SpanyolErik ten Hag

Berita Terkini