x

Liga 2: Tiba di Palembang, Para Pemain dan Ofisial PSMS Jalani Swab

Rabu, 6 Oktober 2021 09:04 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Para pemain dan ofisial PSMS Medan menjalani swab antigen saat tiba di Palembang.

INDOSPORT.COM - Jelang laga perdana Grup A Liga 2 2021, skuat PSMS Medan telah tiba di Palembang, Selasa (5/10/21) siang.

Rachmad Hidayat dan kawan-kawan langsung menjalani pemeriksan swab antigen yang difasilitasi PT. Liga Indonesia Baru (LIB). Tak hanya pemain dan pelatih, pemeriksaan juga dilakukan ke ofisial tim PSMS Medan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, seluruhnnya dinyatakan negatif.

Baca Juga
Baca Juga

Menyahuti hal itu, Tim Prokes LIB, Suryani dan Ismene, menerangkan bahwa proses swab dilakukan sebagai regulasi ketat yang dilakukan LIB dalam hal penerapan protokoler kesehatan (prokes).

"Memang swab awalnya dilakukan seperti ini agar kita mengetahui pemain saat perjalanan sampai di hotel itu di screening awal. Sama-sama juga kita mau menjaga agar tidak terjadi kluster di klub tersebut," terang Ismene.

Baca Juga
Baca Juga

Selanjutnya, tahap berikutnya untuk mengetahui pemain tidak terpapar virus Corona adalah dengan swab PCR yang dilakukan sehari sebelum pertandingan.

"Itu untuk pemain dan ofisial yang akan tanding di bench. Karena itu memang kebijakan keputusan dan peraturan dari Kemenkes," sebutnya.


1. Pemain Positif Akan Diisolasi

Para pemain liga akan diisolasi sesuai prokes jika ada yang dinyatakan positif Covid-19.

Disinggung jika nantinya ada pemain maupun ofisial tim yang dinyatakan positif, Suryani menambahkan harus diisolasi.

"Dari LIB kita menyiapkan hotel pemain yang positif. Tapi tidak hanya itu aja, kita tetap harus menyiapkan makanan bagi si pasien dan kita karantina selama 10 hari,

"Dari makanannya hingga vitaminnya kita jaga dan juga dokter yang visitnya sampe PCR-nya pun kita pantau," sebut Suryani.

Sementara itu tim Gugus Tugas Covid PT. LIB, dr. Rusdianto, turut membenarkan. Bahkan dirinya menyebutkan jika nantinya ada temuan positif maka akan dirujuk pada dua rumah sakit yang ada di Palembang.

"Kalau seandainya pada saat screaning pemain atau ofisial yang positif antigennya dilanjutkan nanti dengan PCR. Kalau PCR-nya positif ya kita lakukan isolasi,

"Dalam hal ini kita isolasi di rumah sakit. Jadi harus dipisahkan dari tim dan pemainnya juga gak bisa main," sebutnya mengakhiri.

Seperti diketahui, PSMS Medan akan melakoni laga perdana kontra klub asal Pekanbaru, Riau, KS Tiga Naga, Kamis (7/10/21) sore.

PSMS MedanLiga IndonesiaLiga 2Bola IndonesiaBerita Liga 2

Berita Terkini