x

Pemain Terbaik Liga 1 Pekan ke-8: Tinga Machado, Titisan Danilo Fernando

Minggu, 24 Oktober 2021 09:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Dionatan Machado

INDOSPORT.COM - BRI Liga 1 2021-2022 pekan ke-8 telah usai. Nama Dionatan Machado atau Tinga Machado dari Persik Kediri pun terpilih jadi pemain terbaik pekan ini.

Dionatan Machado terpilih menjadi pemain terbaik BRI Liga 1 2021-2022 kala berhasil membawa Persik Kediri menumbangkan Persipura Jayapura, Kamis (21/10/21).

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Moh Subroto, Magelang, tersebut, Macan Putih mampu membekuk Mutiara hitam dengan skor 4-2.

Baca Juga
Baca Juga

Sejatinya, Persik sempat tertinggal terlebih dahulu dari Persipura di menit ke-15 lewat Todd Rivaldo Ferre. Namun keunggulan tersebut bisa dibalas Macan Putih lewat Youssef Ezzejjari, Faris Aditama serta gol bunuh diri Takuya Matsunaga jelang turun minum.

Di babak kedua, Persipura Jayapura sempat hampir mengejar ketertinggalan di menit ke-66 setelah bek Persik Kediri, Vava Mario Yagalo juga mencetak gol ke gawangnya sendiri.

Namun, asa Persipura meraih poin di laga ini pupun setelah Youssef Ezzejjari menggandakan namanya di papan skor lewat gol yang ia cetak di menit ke-88.

Baca Juga
Baca Juga

Hasil ini membuat Persik mulai menjauhi zona merah. Malang bagi Persipura, hasil ini membuat anak asuh Jacksen F Tiago masih tertahan di peringkat ke-16 dengan 5 poin.

Kemenangan Persik ini ditengarai berkat kontribusi Youssef Ezzejjari yang mencetak dua gol bagi Macan Putih. Namun, pemain asal Spanyol itu bukanlah yang terbaik di laga ini atau untuk pekan ini.

Pasalnya, ada nama Dionatan Machado atau Tinga Machado yang mengingatkan para pendukung Persik Kediri akan sosok legendanya di era 2000 an, yakni Danilo Fernando. Seperti apa penampilannya di laga itu?


1. Jadi Reinkarnasi Danilo Fernando?

Dionatan Machado

Youssef Ezzejjari boleh jadi mencuri perhatian lewat dua golnya di laga melawan Persipura yang lantas membawa Persik menang.

Namun, dua gol itu atau bahkan tiga gol Persik tak akan tercipta di laga ini andai Dionatan Machado tak memberikan magisnya kepada rekannya di laga ini.

Doinatan Machado menjadi penampil terbaik untuk Persik di pekan ke-8 BRI Liga 1 2021-2022 setelah sebelumnya urung unjuk gigi.

Di laga itu, Dionatan Machado berhasil melesakkan dua assist untuk dua gol Youssef Ezzejarri. Selain itu, tendangan bebasnya juga menjadi kunci dari gol ketiga Persik yang dicetak oleh gol bunuh diri Takuya Matsunaga.

Sepanjang laga, Dionatan Machado benar-benar menjadi ruh permainan Persik, di mana ia mampu melepaskan 23 operan sukses yang merupakan Progressive Passes.

Dalam urusan ini untuk di antara para pemain Persik,  jebolan Santos FC itu hanya kalah dari Agil Munawar yang melepaskan 41 operan sukses. Hanya saja, Agil banyak memberikan operan untuk mengatur tempo permainan mengingat perannya sebagai gelandang sentral.

Dalam artikel INDOSPORT sebelumnya yang berjudul ‘Pesta Gol, Persik Temukan Reinkarnasi Duet Maut Cristian Gonzales-Danilo Fernando?’, banyak yang menyebut Dionatan Machado sebagai reinkarnasi dari Danilo Fernando. Benarkah atau berlebih-lebihan?

Sebagaimana diketahui, Persik di awal pertengahan 2000 an memiliki trio legiun asing hebat pada sosok Danilo Fernando, Ronald Fagundez, dan Cristian Gonzales.

Jika sosok reinkarnasi Cristiano Gonzales adalah Youssef Ezzejjarri di era sekarang, maka Dionatan Machado adalah Danilo Fernando.

Danilo Fernando dikenal sebagai gelandang serang yang punya kecerdasan dalam memberikan assist bagi Cristian Gonzales. Selain itu, ia juga terbilang andal dalam mencetak gol.

Di laga melawan Persipura dan Liga 1 sejauh ini, Dionatan Machado juga seakan mengulangi kehebatan Danilo Fernando lewat akurasi umpannya kepada Youssef Ezzejjari dan kemampuannya dalam mengeksekusi bola mati.

Berkat visi bermainnya itu, Dionatan Machado bersaing di papan atas pencetak assist dengan tiga assist sejauh ini. Ia hanya kalah 1 assist saja dari Muhammad Rifaldi dari Persiraja Banda Aceh. 

Hebatnya, ini adalah musim pertama Dionata Machado di kancah sepak bola Indonesia. Dengan kata lain, ia masih pnunya ruang dan waktu untuk berkembang dan menyamai pencapaian Danilo Fernando di pentas sepak bola Tanah Air.

Uniknya, keduanya merupakan sama-sama pemain yang lahir di Brasil. Meski sama-sama bermain di posisi gelandang serang, keduanya ternyata punya perbedaan di mana Danilo Fernando dominan kaki kanan, sedangkan Dionatan Machado dominan kaki kidal.

Kini, Persik hanya butuh mencari sosok Ronald Fagundez untuk melengkapi dan kembali  bernostalgia dengan trio legiun asing yang dimilikinya di masa silam.

Dan Dionatan Machado, hanya membutukan konsistensi untuk terus memberi suplai kepada Youssef Ezzejjari, setidaknya untuk membawa Persik Kediri  bertahan di BRI Liga 1 2021-2022.

Persipura JayapuraPersik KediriIn Depth SportsDanilo FernandoLiga 1Sepak BolaBerita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022Youssef Ezzejjari

Berita Terkini