x

Menerka Alasan Manchester United Tak Mau 'Cerai' dari Ole Gunnar Solskjaer

Rabu, 27 Oktober 2021 18:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Ole Gunnar Solskjaer, Pelatih klub Liga Inggris, Manchester United.

INDOSPORT.COM – Manchester United dikabarkan tetap ingin mempertahankan Ole Gunnar Solskjaer usai rentetan hasil buruk sejauh musim ini. Alasan apa yang membuat raksasa Setan Merah tak mau berpisah dengan pelatih Norwegia tersebut?

Masa depan Ole Gunnar Solskjaer sebagai nakhoda The Reds Devils terguncang setelah anak asuhnya dihajar rival abadinya, Liverpool dengan skor lima gol tanpa balas di Old Trafford pada Minggu (24/10/21) malam WIB.

Sejatinya, tanpa kekalahan memalukan tersebut, nasib Ole memang sudah berada di ambang pemecatan menyusul inkonsistensi penampilan timnya di Liga Inggris maupun Liga Champions.

Baca Juga
Baca Juga

Tumbang dengan skor mencocok menjadi puncak akumulasi dari gerahnya petinggi Manchester United terkait kinerja pelatih asal Norwegia yang direkrut pada Desember 2019 silam.

Gosipnya, petinggi Manchester United langsung menggelar pertemuan darurat untuk segera mendepak Ole usai dibantai The Kops.

Sejumlah nama dikaitkan untuk membesut Cristiano Ronaldo Cs. Di antaranya yakni eks entrenador Real Madrid, Zinedine Zidane, maupun Antonio Conte.

Akan tetapi, menurut kabar dari Sky Sports, Manchester United resmi batal memecat Ole. Sang pelatih juga akan melanjutkan tugasnya saat mengawal tim ke markas Tottenham Hotspur akhir pekan ini.

Bisa dikatkan, posisi Ole sebagai pelatih tetap aman meski Setan Merah harus menanggung aib yang tak akan pernah lekang oleh waktu. Lantas apa alasannya Man United berani mengambil keputusan tersebut?

1. Adanya Pengaruh Besar Sir Alex Ferguson

Sebagian dewan Manchester United sebenarnya sudah mempertimbangkan untuk memecat Solskjaer, namun keputusan sebaliknya dibuat setelah mendapat mandate dari Sir Alex Ferguson.

Seberapa penting Ferguson di dalam jajaran petinggi Man United? Toh, dirinya bukanlah pemilik klub.

Baca Juga
Baca Juga

Sir Alxe Ferguson, mantan pelatih legendaris Manchester United semasa tugasnya pernah menjadi pelatih Ole Gunnar Solskjaer. Jadi, Ferguson pun tahu dan paham seberapa hebat kualitas Solskjaer.

Menurut laporan, Ferguson memberi saran kepada petinggi klub United, Ed Woodward untuk memberi waktu kepada Solskjaer setidaknya dalam tiga laga ke depan.

Momok Sir Alex Ferguson tampaknya sangat berpengaruh terhadap nasib Solskjaer. Hal ini sebenarnya menimbulkan pertanyaan siapa sebenarnya yang berkuasa di klub tersebut?


1. 2. Kesempatan Kedua untuk Solskjaer?

Ole Gunnar Solskjaer, Pelatih klub Liga Inggris, Manchester United.

Mengambil alih tugas kepelatihan dari Jose Mourinho pada Desember 2019, Solskjaer terbukti telah mengubah Manchester United lebih mengesankan, termasuk memenangkan 14 dari 19 pertandingan pertama.

Selain itu, Solskjaer juga berhasil mencapai tiga semifinal di musim 2019-2020, yakni di Carabao Cup, Piala FA, dan Liga Europa, dan juga mencapai babak final Liga Europa musim  ini.

Di musim 2020-202, Solskjaer mampu membawa Manchester United finis di peringkat kedua Liga Inggris dengan torehan 74 poin, mengungguli Liverpool dan Chelsea yang jelas punya skuat mentereng.

Itu merupakan salah satu prestasi tertinggi mereka sejak terakhir menjadi juara pada musim 2012-2013 di era kepelatihan Sir Alex Ferguson.

Man United bersama Solskjer memang belum terbukti sebagai juara. Namun, mereka kini punya kans berkat kedatangan sejumlah pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo, Jadon Sancho dan Raphael Varane.

Dengan memecat Solskjaer, Man United mungkin harus berbenah lagi untuk mengejar ketertinggalan mereka dari klub rival, mulai dari gaya permainan, budaya, hingga susunan pemain.

Berkaca pada hal tersebut, mungkinkah Manchester United sedang memberikan kesempatan kedua untuk Solskjaer?

Manchester United sendiri saat ini duduk di posisi ketujuh di klasemen Liga Inggris, tertinggal delapan poin dari sang pemuncak Chelsea dan tujuh poin dari rival sengit Liverpool.

Dua pertandingan berikutnya yakni ke markas Tottenham sebelum menjalani derby melawan Manchester City akan jadi bahan pertimbangan masa depan Solskjaer.

Di antara kedua laga tersebut, Man United juga akan bertandang ke Italia untuk pertandingan Liga Champions melawan Atalanta untuk memastikan tim lolos ke babak berikutnya atau tidak.  

Manchester UnitedOle Gunnar SolskjaerLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini